PREVENTIF (PERAWATAN PENCEGAHAN)

SCALLING dan POLISHING

Air liur didalam rongga mulut kita mengandung mineral, dimana mineral ini ketika berkontak dengan gigi dlaam jangka waktu lama akan mangalami pengerasan dan mambentuk karang gigi. Permukaan yang kasar dari karang gigi ini akan membuat bakteri lebih mudah menempel dan akibatnya menimbulkan peradangan pada jaringan gusi sekitar. Hal ini sering disebut sebagai ginggivitis.

Salah satu tanda kita mengalami gingivitis adalah perdarahan pada gusi terutama pada saat meggosok gigi. Pembersihan karang gigi ( disebut juga scalling ) seharusnya dilakukan 6 bulan sekali untuk mencegah terjadinya ginggivitis. Apabila ginggivitis dibiarkan , maka dapat berkembang menjadi periodontitis dimana salah satu gejalanya adalah kegoyangan gigi.

Perawatan scalling ini tidak dapat dilakukan sendiri di rumah karena memerlukan alat dan teknik khusus untuk menghilangan karang gigi.

PIT dan FISSURE SEALANT

Bentuk anatomi gigi kita memiliki cerukan dan tonjolan yang bervariasi pada setiap individu. Individu yang memiliki cerukan dalam pada permukaan giginya, akan memiliki resiko karies gigi lebih tinggi. Sehingga karies gigi pada kondisi tersebut dapat dicegah dengan melakukan sealant pada permukaan ceruk gigi.

TOPICAL APLIKASI FLUOR

Fluoride dapat melindungi gigi dari karies. Pada perawatan ini , fluoride akan diberikan pada dosis yang tinggi sehingga harus dilakukan oleh dokter gigi , dan interval waktu pemberian adalah setiap 3 – 6 bulan sekali.

  • YouTube - White Circle
  • Facebook - White Circle
  • Instagram - White Circle
Open hours: 09.00 - 21.00

© 2017 by Damessa Family Dental and Skin Care.