Usia Berapa Sih Anak Boleh Memakai Kawat Gigi ?

Diperbarui: 19 Jan 2019


ditulis oleh : drg. Hastin Dian Anggraeni, Sp.KGA

Halo mom, sering kali orang tua menanyakan kepada dokter gigi tentang usia mulai dilakukan perawatan kawat gigi pada anak. Mereka bingung akan adanya banyak pendapat diluar yang menyatakan anak baru boleh mendapatkan perawatan kawat gigi setelah menginjak bangku SMP atau SMA.


Pada prinsipnya ketidakteraturan posisi gigi pada anak disebabkan oleh 2 hal yaitu faktor dental (gigi) dan faktor skeletal (tulang rahang). Yang dimaksud dengan faktor dental adalah ketidakteraturan posisi gigi anak yang diakibatkan karena posisi gigi yang tumbuh tidak pada tempatnya. Hal ini biasanya disebabkan karena adanya lubang pada gigi, kebiasaan menghisap bibir, kehilangan gigi yang terlalu dini. Sedangkan ynag dimaksud dengan faktor skeletal ( tulang rahang ) adalah ketidakteraturan posisi gigi yang disebabkan oleh adanya masalah pada tempat gigi itu tumbuh ( rahang).

Beberapa contohnya adalah overgrowth rahang atas atau bawah, under development rahang atas atau bawah , dan posisi yang tidak harmonis antara rahang atas dan bawah.


Jika penyebab ketidakteraturan gigi adalah faktor skeletal tentu saja anak harus dirawat kawat gigi sedini mungkin. Dokter gigi akan memberikan alat yang berfungsi untuk menstimulasi tulang rahang, sehingga pertumbuhannya akan optimal. Pertumbuhan rahang yang optimal diharapkan dapat memperbaiki ketidakteraturan gigi.

Yuk, ajak si kecil ke dokter gigi sedini mungkin, Moms!

53 tampilan0 komentar