Tips Mudah Agar Gigi Anak Berbaris Rapi

Diperbarui: 19 Jan 2019

ditulis oleh : drg. Hastin Dian Anggraeni, Sp.KGA


Hi moms! Siapa yang tidak ingin melihat gigi si kecil berbaris rapi? Sepertinya itu keinginan kita semua ya! Yuk kita bahas beberapa tips untuk menjaga agar susunan gigi anak tidak berjejal.


1. Jangan terlalu banyak makanan olahan

Makanan olahan seperti nugget dan sosis memiliki tekstur yang lembut dan mudah dikunyah. Sedangkan untuk memaksimalkan pertumbuhan rahang, anak justru perlu lebih banyak mengunyah sehingga rahang akan terstimulasi untuk berkembang maksimal. Pertumbuhan rahang yang maksimal akan memberi ruang yang cukup bagi gigi untuk berbaris rapi, sehingga gigi tidak berjejal. Jadi, berikan lebih banyak daging berserat dan buah-buahan utuh agar si kecil lebih banyak ya, Mom!


2. Segera mencabut gigi susu yang gigi penggantinya sudah muncul

Gigi susu mulai berganti dengan gigi tetap sekitar usia 6 tahun, dimulai dari gigi depan. Seringkali, gigi dewasa pengganti keluar di belakang atau di depan gigi susu. Jika gigi susu tersebut tidak dicabut, maka posisi gigi dewasa pengganti akan semakin keluar jalur. Oleh karena itu, jika sudah mulai terlihat ada gigi tetap yang muncul tetapi gigi susunya belum lepas, segera ajak anak ke dokter gigi ya, Mom!


3. Kebiasaan menghisap jari, menggigit bibir, atau mengigit kukuOral habit, seperti menghisap jari, menggigit bibir, dan mengigit kuku yang dilakukan terus menerus dapat mempengaruhi susunan gigi dan pertumbuhan rahang. Jika si kecil punya kebiasaan seperti ini, sebaiknya segera diupayakan untuk berhenti ya, Mom!

120 tampilan0 komentar
  • YouTube - White Circle
  • Facebook - White Circle
  • Instagram - White Circle
Open hours: 09.00 - 21.00

© 2017 by Damessa Family Dental and Skin Care.