Apa itu Self Ligating Braces? Self Ligating Braces atau behel Self Ligating adalah salah satu jenis kawat gigi yang dipakai untuk memperbaiki struktur gigi agar rapi.

Namun, berbeda dari kawat gigi tipe lainnya, Self Ligating ini tidak memerlukan karet behel di dalamnya.

Jadi, apakah merk behel Self Ligating tetap efektif digunakan?

Yuk langsung saja cek jawaban lengkapnya di bawah. Damessa telah merangkum informasi seputar apa itu Self Ligating Braces, kelebihan hingga perbedaannya dari Conventional Braces. 

Jangan sampai terlewat!

Apa itu Self Ligating Braces?

Jika dilihat sekilas, kawat gigi Self Ligating mirip dengan kawat gigi metal konvensional pada umumnya. Jadi, apa bedanya behel metal dan Self Ligating?

Behel Self Ligating adalah jenis kawat gigi yang tidak membutuhkan karet elastis, sedangkan kawat gigi konvensional memerlukan karet (biasanya berwarna-warni) dalam merapikan gigi.

Self Ligating memiliki klip khusus yang berguna menahan posisi kawat di setiap bracket. Di mana klip tersebut selalu aktif dan menggerakan gigi ke struktur yang benar lebih cepat.

Ketika memakai behel Self Ligating, kamu tetap harus melakukan kontrol rutin namun tidak sesering pengguna behel konvensional.

Mengingat behel konvensional memerlukan penggantian karet kurang lebih 4 – 6 minggu sekali agar kerjanya optimal.

Jenis Self Ligating Braces

Self Ligating rupanya terbagi menjadi dua jenis, yaitu aktif dan pasif. 

Self Ligating Aktif menggunakan klip pegas yang menekan archwire untuk mengimplementasikan gaya aktif. Sedangkan Self Ligating Pasif menggunakan mekanisme sliding yang tidak menekan archwire.

Sementara itu, dilihat dari material bahannya, behel Self Ligating dibedakan menjadi Self Ligating Metal dan Self Ligating Clear.

Sesuai namanya, Self Ligating Metal terbuat dari bahan logam dengan warna silver dan Self Ligating Clear merupakan behel transparan terbuat dari ceramic yang warnanya serupa dengan warna gigi.

Karena perbedaan tersebut, harga Self Ligating Clear umumnya lebih mahal dibandingkan jenis lainnya.

Nah, berbicara mengenai kawat gigi Self Ligating, terdapat salah satu merk behel Self Ligating yang cukup populer yakni behel Damon. Behel Damon memiliki keunggulan tersendiri apabila dibandingkan dengan brand lainnya.

Untuk kamu yang tertarik pasang behel Self Ligating Damon, langsung saja konsultasikan lebih lanjut dengan dokter gigi terbaik kami di Damessa Family Dental & Skincare.

Baca juga: Daftar Harga Pasang Behel di Dokter Gigi, Mana Paling Murah?

Kelebihan Self Ligating Braces

Ada beberapa kelebihan Self Ligating Braces yang membuatnya lebih unggul dibanding braces konvensional. Apa saja itu? Ini dia daftar kelebihan Self Ligating Braces.

Kebersihan Mulut Lebih Terjaga

Behel Self Ligating tidak menggunakan karet elastis yang bisa menjadi tempat penumpukan sisa-sisa makanan. Sehingga, kawat gigi dan gigi lebih mudah dibersihkan.

Rasa Sakit yang Ditimbulkan Lebih Ringan

Behel Self Ligating tidak menggunakan karet seperti Conventional Braces. Di mana aret elastis pada behel konvensional dapat menyebabkan rasa sakit di gigi.

Jadwal Kontrol Lebih Singkat dan Tidak Sering

Tidak adanya aktivitas penggantian karet elastis membuat durasi kontrol rutin lebih singkat daripada kontrol rutin behel konvensional.

Bahkan, jadwal kontrolnya tidak sesering kawat gigi konvensional yang mana dilakukan minimal 1 bulan sekali.

Nyaman Digunakan

Kelebihan Self Ligating Braces lainnya adalah nyaman digunakan karena bracket pada Self Ligating berukuran lebih kecil dibanding behel konvensional.

Tidak Terlalu Kentara

Behel Self Ligating tidak menggunakan karet elastis sehingga tidak terlalu terlihat dan tetap mendukung penampilan. 

Khususnya untuk Self Ligating Clear yang terbuat dari ceramic dengan warna mirip seperti warna gigi. Behel ini tentunya tidak akan mengganggu penampilanmu!

Baca juga: Apa itu Aligner? Ini Perbandingannya dengan Behel Gigi

Apakah Self Ligating Braces Efektif?

Dilihat dari beberapa kelebihan Self Ligating Braces di atas, tentunya behel Self Ligating adalah jenis kawat gigi yang efektif digunakan untuk mengatasi permasalahan struktur gigi kamu. 

Terlebih lagi jenis behel ini tidak menggunakan karet elastis sehingga tidak menimbulkan rasa sakit yang terlalu mengganggu dan pastinya membuat kamu lebih nyaman. 

Lalu, berapa lama pakai behel Self Ligating agar struktur gigi bisa rapi? Nah, penting untuk diperhatikan bahwa waktu atau lama penggunaan behel ini tetap bergantung dari kondisi gigi masing-masing individu.

Jadi, kamu bisa langsung konsultasikan hal tersebut ke dokter gigi, ya!

Siapa yang Bisa Menggunakan Self Ligating Braces?

Tapi, apakah semua orang bisa memilih menggunakan behel Self Ligating? Belum tentu, karena semuanya tergantung dari kondisi gigi masing-masing individu.

Dokter gigi akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu apakah behel Self Ligating adalah pilihan terbaik untuk permasalahan gigi kamu.

Namun, umumnya mereka dengan permasalahan gigi menumpuk, gigi miring hingga gigi maju bisa menggunakan behel Self Ligating.

Berapa Harga Pasang Behel Self Ligating?

Harga pasang behel Self Ligating cenderung lebih mahal mengingat tipe ini menawarkan sejumlah keuntungan dibandingkan tipe behel konvensional. Harga Self Ligating Braces berkisar di Rp20.000.000 – Rp30.000.000an.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai kawat gigi Self Ligating yang perlu kamu ketahui.

Berbeda dari kawat gigi konvensional, kawat gigi Self Ligating tidak menggunakan karet elastis di dalamnya melainkan klip khusus.

Dari daftar kelebihan Self Ligating Braces, tentunya terdapat pula kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum akhirnya menjatuhkan pilihan untuk pasang behel Self Ligating. 

Salah satunya adalah harganya yang tergolong lebih mahal dibandingkan behel konvensional. 

Namun, jika kamu memang mencari behel dengan minim rasa sakit dan mudah dibersihkan, maka behel Self Ligating adalah pilihannya.

Agar tidak bingung, yuk langsung saja konsultasikan permasalahan gigi kamu bersama Damessa Family Dental & Skincare terdekat.

Damessa memiliki cabang yang tersebar di wilayah Jabodetabek, sehingga kami pun siap melayani pemasangan behel gigi Bekasi, Depok, Tangerang dan area sekitarnya.

Yuk buat jadwal dengan tim dokter profesional kami secara online sekarang juga!

Baca juga: Rekomendasi & Tips Memilih Warna Karet Behel Yang Bagus