Perawatan Saluran Akar penyelamat saat gigi sakit. Yuk kenali lebih jauh!

Diperbarui: 19 Jan 2019

ditulis oleh : drg. Tranantika R., Sp.KG

Perawatan Saluran Akar (PSA) adalah perawatan untuk gigi yang mengalami infeksi atau kerusakan.

Sebuah gigi dikatakan rusak atau mengalami pembusukan ketika saraf gigi terinfeksi, rusak, mati atau non vital. Pada kondisi ini, gigi tidak bisa merasakan sensasi panas, dingin, ngilu, dan tidak sakit. Sehingga seringkali pasien menjadi abai dan merasa sudah sembuh, padahal masih ada infeksi di dalam gigi. Infeksi yang tertinggal ini bisa timbul kembali dikemudian hari lho, bahkan bisa meluas menyebabkan bengkak besar di wajah.


Tapi walaupun sudah infeksi, gigi tersebut tidak harus dicabut ya! Karena jika struktur gigi masih kuat, maka gigi tersebut hanya perlu dibersihkan dan dikembalikan bentuknya, lalu kamu akan merasa nyaman kembali. Pembersihan gigi yang dilakukan tersebut dikenal sebagai perawatan Perawatan Saluran Akar.


Perawatan ini terdiri dari beberapa tahap, oleh karena itu pasien perlu kembali beberapa kali sampai perawatannya selesai. Apa ajasih tahapan PSA?

1. Pembukaan mahkota gigi, untuk mendapatkan jalan masuk kedalam kamar pulpa. Termasuk dalam tahapan ini adalah pembersihan kamar pulpa dan saluran akar gigi.

2. Pembersihan dan pembentukan, adalah tahapan untuk membersihkan dan membentuk saluran akar gigi agar bersih dan steril dan mempunyai akses yang baik sehingga dapat diisi dengan bahan pengisi saluran akar gigi.

3. Pengisian, merupakan tahapan untuk mengisi saluran akar gigi yang telah steril dan terbentuk dengan baik dengan bahan pengisi saluran akar gigi.

Pada umumnya PSA ini membutuhkan rata-rata 3-4kali kunjungan, tetapi pada kasus-kasus tertentu PSA bisa juga selesai dalam 1 kali kunjungan.


Nah mengingat pentingnya mempertahankan gigi maka pertimbangkan baik-baik sebelum memutuskan untuk cabut gigi. Lebih baik bolak balik sebentar untuk melakukan PSA untuk mempertahankan gigimu ke dokter gigi kan, daripada kehilangan gigi sebelum waktunya?



307 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua