Penyebab Rahang Sakit Saat Mengunyah dan Cara Mengatasinya


Perempuan memegang rahangnya yang sakit

Pada bulan Ramadhan ini, konsumsi makanan harus diawasi agar rahang tidak sakit ketika mengunyah makanan. Biasanya rahang sakit saat mengunyah makanan yang kenyal ataupun keras. Bisa juga rahang terasa sakit karena sakit gigi maupun kondisi medis lainnya.


Pada kesempatan ini, Damessa akan mengulas secara lengkap tentang penyebab rahang sakit saat mengunyah dan cara mengatasinya agar puasa kamu lancar tanpa rasa sakit yang mengganggu.


Penyebab Rahang Sakit Saat Mengunyah

Buat Sahabat Damessa yang bertanya-tanya kenapa rahang sakit saat mengunyah, ada berbagai penyebabnya. Di antaranya yaitu sebagai berikut.


1. Sakit gigi

Penyebab utamanya adalah sakit gigi, salah satunya yaitu abses gigi. Hal ini bisa terjadi dikarenakan nyeri yang terjadi pada gigi dapat menjalar ke tulang penyangga gigi sehingga dapat mempengaruhi rasa sakit pada rahang.


2. Radang pada sinus

Selanjutnya yaitu radang pada sinus. Sinus adalah rongga yang terletak pada rongga kepala (tengkorak). Sinus bisa saja mengalami infeksi dan peradangan yang disebabkan oleh virus atau bakteri.


Apabila sinus sudah mengalami infeksi atau peradangan, maka akan terjadi penumpukan cairan. Hal tersebut tentunya dapat mempengaruhi rasa sakit pada rahang dan menyebabkan rahang sakit saat mengunyah.


3. Neuralgia trigeminal

Neuralgia trigeminal merupakan rasa nyeri hebat yang diakibatkan oleh gangguan pada trigeminal saraf di otak. Rasa nyeri ini biasanya muncul pada salah satu bagian wajah dan sering terjadi di bagian bawah rahang. Tentunya, hal tersebut menjadi salah satu penyebab rahang sakit saat mengunyah.


4. Sakit kepala cluster

Sakit kepala cluster merupakan sakit kepala yang terjadi di bagian belakang mata dan bahkan sampai rahang. Sakit kepala jenis ini bisa terjadi berulang-ulang dan menyebabkan penderitanya akan mengalami rasa sakit yang cukup hebat sehingga akan berpengaruh pada rahang saat mengunyah.


Baca juga: 12 Cara Meredakan Sakit Gigi Secara Alami, Mudah dan Ampuh!


5. Osteomielitis

Osteomielitis adalah jenis penyakit tulang yang disebabkan oleh infeksi bakteri Staphylococcus. Penyakit ini bisa terjadi di bagian rahang. Biasanya penderita akan merasakan sakit nyeri parah dan mengganggu saat proses mengunyah.


6. Gangguan sendi pada rahang (TMD)

Penyebab lainnya adalah gangguan sendi rahang. Gangguan sendi pada rahang ini biasanya disebabkan oleh kebiasaan yang dapat menimbulkan nyeri. Misalnya, menggesekan gigi pada saat tidur, menguap terlalu lebar, bahkan menekan rahang saat stres dan cemas.


Cara Mengatasi Rahang Sakit Saat Mengunyah

Memiliki gangguan rahang sakit saat mengunyah memang membuat penderita tak nyaman. Adapun cara mengatasi rahang sakit saat mengunyah. Berikut di antaranya.


1. Duduk dengan posisi yang baik

Cara mengatasi rahang sakit saat mengunyah adalah dengan memperbaiki posisi duduk. Tanpa disadari, posisi seperti menopang bahu, membungkukkan badan, dan memiringkan kepala, itu hanya akan menambah rasa nyeri pada rahang.


Sebaiknya, Sahabat Damessa menjaga postur tubuh dengan tegak dan pastikan selalu melakukan peregangan saat memiliki waktu luang. Hal tersebut dapat mengurangi rasa nyeri yang terjadi.


2. Kurangi minum kopi dan teh

Memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi juga bisa mengatasi rahang sakit saat mengunyah. Perlu diketahui, saat memiliki gangguan ini ada baiknya Sahabat Damessa mengurangi konsumsi kafein, seperti kopi, teh, dan coklat. Hal ini dikarenakan kafein akan menambah rasa sakit dan membuat otot menjadi tegang.


3. Jangan menguap terlalu lebar

Selanjutnya, pastikan kamu menghindari menguap yang terlalu lebar. Tentunya hal ini akan menambah rasa nyeri pada rahang. Ketika Sahabat Damessa menguap terlalu lebar, hal itu akan mempengaruhi sendi rahang.


Baca juga: Kenali 10 Penyebab Gigi Ngilu dan Cara Mengatasinya


4. Kompres air panas atau dingin

Cara mengatasi rahang sakit saat mengunyah yaitu dengan mengompres air panas atau dingin. Kompresan air dingin atau panas dapat membantu membuat otot di sekitarnya menjadi lebih rileks. Selain itu, bisa juga membantu mengurangi nyeri-nyeri pada saraf dan memberhentikan pengiriman sinyal nyeri ke otak.


5. Istirahat secukupnya

Istirahat secukupnya juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi rahang sakit saat mengunyah. Sahabat Damessa dapat memberikan jeda dan beristirahat dengan tidak melakukan aktivitas yang membuat rahang lelah. Misalnya, seperti tidak mengunyah makanan yang terlalu keras.


6. Pijat rahang yang sakit

Melakukan pijatan pada rahang yang sakit dapat membantu rasa nyeri. Hal ini dikarenakan saat memijat rahang yang sakit dapat mengurangi otot yang kencang dan membuatnya rileks. Selain itu juga, melakukan pijatan pada rahang sakit dapat melancarkan peredaran darah.


7. Konsumsi obat nyeri

Ketika Sahabat Damessa memiliki gangguan rahang sakit, perlu diketahui bahwa hal tersebut harus cepat-cepat ditangani. Misalnya, dengan menggunakan obat anti nyeri atau obat pelemas otot yang didapatkan dari resep dokter.


Nah, itulah pembahasan tentang penyebab rahang sakit saat mengunyah dan cara mengatasinya. Pastikan rutin menyikat gigi dan mengawasi konsumsi makanan saat puasa guna menghindari rasa sakit pada rahang. Agar kesehatan gigi tetap terjaga, kamu bisa melakukan perawatan gigi ke klinik Damessa terdekat.


Baca juga: Apakah Gigi Bungsu Harus Dicabut? Begini Penjelasannya


Referensi:

  1. Berbagai Penyebab Sakit Rahang dan Cara Mengatasinya - Buka

  2. 7 Penyebab Sakit Rahang yang Mungkin Anda Tidak Sadari - Buka

  3. TMD (Temporomandibular Disorders) | National Institute of Dental and Craniofacial Research - Buka

  4. TMJ Disorders - Buka

  5. TMJ Exercises - Buka

7 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua