Kenali 10 Penyebab Gigi Ngilu dan Cara Mengatasinya


gigi ngilu

Gigi ngilu adalah gejala sakit gigi yang biasanya terjadi saat seseorang menyantap makanan dingin atau manis. Penyebab gigi ngilu sendiri adalah terbukanya lapisan bawah gigi hingga membuat akar gigi yang penuh sel saraf terpapar rangsangan dari luar.


Lalu apa saja penyebab dan bagaimana cara mengatasi gigi ngilu? Simak selengkapnya pada artikel Damessa berikut ini.


10 Penyebab Gigi Ngilu

Kenapa gigi ngilu? Pertanyaan ini mungkin sering kamu lontarkan. Perlu Sahabat Damessa ketahui, nyeri yang dirasakan pada gigi memiliki beragam alasan. Untuk mengetahui lebih pasti tentang apa penyebab gigi ngilu, yuk simak rangkumannya di bawah ini!


1. Menyikat gigi terlalu keras

Penyebab gigi ngilu pertama adalah kebiasaan menyikat gigi dengan keras dan terlalu kencang.Selain itu, ukuran sikat yang tidak sesuai ukuran lebar mulut juga dapat memicu ngilu pada gigi, lho!


2. Efek prosedur medis

Apakah dalam beberapa hari terakhir kamu mendapatkan perawatan dari dokter gigi? Nah, bisa jadi penyebab gigi ngilu yang kamu alami adalah karena efek dari perawatan medis tersebut. Perawatan saluran akar, ekstraksi, maupun penempatan mahkota gigi adalah beberapa tindakan medis yang seringkali menjadi penyebab gigi ngilu luar biasa.


3. Bleaching

Penyebab gigi ngilu berikutnya bisa jadi dikarenakan treatment bleaching atau penggunaan pasta gigi yang mengandung pemutih. Ini dikarenakan kandungan bleaching cukup keras dan mampu mengikis enamel gigi, sehingga kamu lebih rentan mengalami gigi ngilu.


Tapi, Sahabat Damessa tak perlu cemas, sebab ngilu akibat bleaching hanya berlangsung sementara dan akan kembali normal setelah itu.


4. Gigi berlubang

Bakteri dan kuman yang tersisa dalam mulut bisa menyebabkan munculnya lubang pada gigi. Nah, lubang ini menjadi salah satu penyebab gigi ngilu berkepanjangan.


Jika kamu tengah mengalami permasalahan tersebut, segera pergi ke dokter untuk penanganan lebih lanjut ya, Sahabat Damessa. Sehingga lubang pada gigi tidak bertambah besar dan nyeri pun dapat diatasi.


5. Gigi patah

Sahabat Damessa, apakah kamu pernah memakan sesuatu yang keras sehingga gigi retak sampai patah? Kerusakan ini bisa menyebabkan gigi terasa nyeri, ngilu dan sakit, lho! Jika dirasa ngilu gigi bertambah parah, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk memperoleh perawatan lebih lanjut.


6. Penyakit gusi

Seiring bertambahnya usia, kamu akan lebih rentan mengalami berbagai penyakit gusi, terlebih apabila kamu punya kebiasaan membersihkan gigi yang kurang baik. Nah, penyakit gusi inilah yang menjadi salah satu penyebab gigi ngilu berkepanjangan.


Baca juga: 9 Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami, Efektif!


7. Plak berlebih

Sisa-sisa makanan yang menimbun di gigi akan menjadi plak tebal atau karang gigi. Selain itu, tidak menutup kemungkinan jika plak akibat penumpukan bakteri dari sisa makanan tersebut membuat gigi kamu terasa ngilu.


8. Berkumur dengan obat kumur

Apakah kamu hobi menggunakan obat kumur? Sama halnya dengan menyikat gigi menggunakan pasta gigi pemutih, obat kumur juga banyak yang terbuat dari bahan-bahan berkandungan keras dimana cairan tersebut bisa meningkatkan rasa sensitif pada gigi dan menjadi alasan kenapa gigi kamu ngilu.


Ngilu gigi akan semakin terasa apabila Sahabat Damessa juga memiliki area dentin yang terbuka. Mengingat dentin terhubung dengan pusat saraf gigi, maka jika area tersebut terbuka, gigi akan terasa lebih mudah nyeri apabila terkena rangsangan.


9. Pengaruh makanan

Kenapa gigi ngilu padahal sedang tidak mengalami gigi berlubang ataupun masalah gusi? Bisa jadi hal tersebut dikarenakan pengaruh makanan yang terlalu panas maupun dingin. Jenis makanan seperti itu dapat membuat gigi menjadi lebih sensitif, lho!


Cara mengatasi gigi ngilu

Nah, sekarang kamu sudah paham kan mengenai berbagai macam penyebab gigi ngilu? Tentunya dong! Maka, ada baiknya abila kamu juga mengetahui cara mengatasi gigi ngilu seperti di bawah ini.


1. Menjaga kesehatan mulut dan gigi

Cara mengatasi gigi ngilu yang pertama adalah memastikan kebersihan mulut dan gigi dengan rutin menyikat gigi dua kali sehari dan menggunakan benang gigi sekurang-kurangnya satu kali sehari.


2. Obat pereda nyeri

Jika kamu merasakan ngilu gigi yang luar biasa, kamu bisa meminum obat pereda nyeri seperti paracetamol sebagai cara mengatasi gigi ngilu. Paracetamol bisa diperoleh dengan mudah di minimarket maupun apotek terdekat.


Baca juga: Tak sempat sikat gigi setelah makan siang? Apel bisa jadi solusi!


3. Perawatan saluran akar gigi

Apabila penyebab gigi ngilu berkepanjangan diakibatkan oleh infeksi jaringan pulpa dalam gigi, dokter akan melakukan tindakan perawatan saluran akar gigi. Cara mengatasi gigi ngilu yang berkepanjangan ini bertujuan untuk mengatasi kerusakan pada rongga gigi dan mengobati infeksi serta pembusukan di daerah tersebut.


4. Penambalan gigi

Cara mengatasi gigi ngilu akibat gigi berlubang selanjutnya adalah dengan melakukan penambalan pada gigi rusak atau memperbaiki penambalan yang sebelumnya pernah dilakukan di dokter gigi.


5. Pemasangan mahkota gigi

Jika penyebab gigi ngilu dikarenakan keretakan gigi ataupun patah, dokter gigi biasanya akan melakukan pemasangan mahkota gigi untuk menggantikan struktur gigi yang telah rusak. Mahkota gigi juga memberi kekuatan sebagai cara mengatasi gigi ngilu dan mencegah terjadinya kerusakan lebih parah pada gigi tersebut.


Tips agar terhindar dari gigi ngilu

Ngilu dan nyeri pada gigi adalah pengalaman yang menyita energi bahkan biaya. Demi menghindari rasa sakit pada gigi, beberapa kebiasaan baik ini bisa kamu bangun untuk menjaga kesehatan dan kebersihannya.


1. Sikat gigi rutin

Dengan membiasakan menyikat gigi dua kali sehari setelah sarapan dan sebelum tidur, kamu bisa mencegah nyeri pada gigi. Menjaga kebersihan mulut dan gigi dari sisa-sisa makanan akan mengurangi plak dan bakteri penyebab gigi ngilu.


2. Teliti dengan asupan makanan dan minuman

Dengan memperhatikan konsumsi makanan dan minuman sehari-hari, kamu bisa menghindari timbulnya gigi ngilu. Mulailah dengan mengurangi makanan serta minuman yang terlalu manis atau mengandung banyak gula dan minuman-minuman dingin, ya.


3. Periksa gigi secara rutin ke dokter

Membangun kebiasaan periksa ke dokter gigi setiap enam bulan sekali bertujuan untuk memastikan kesehatan dan kebersihan gigi kamu. Selain itu, dokter gigi pasti akan langsung menangani apabila ada kerusakan gigi yang terdeteksi sebelum merambat menjadi gigi ngilu.


Nah, itu tadi artikel mengenai penyebab gigi ngilu dan cara mengatasinya. Sahabat Damessa harus selalu menjaga kebersihan gigi ya, agar tidak menimbulkan gejala gigi ngilu.


Untuk kamu yang ingin melakukan perawatan gigi bersama keluarga, kamu dapat mengunjungi salah satu dari 6 cabang Damessa Family Dental Care terdekat. Yuk booking online jadwal konsultasinya sekarang!


Baca juga: Mengapa Perawatan Gigi Menjadi Terbatas Saat Wabah COVID-19?


Refenresi:

  1. Innes, N P T, D R Stirrups, D J P Evans, N Hall, and M Leggate. “A Novel Technique Using Preformed Metal Crowns for Managing Carious Primary Molars in General Practice - A Retrospective Analysis.” British Dental Journal 200, no. 8 (2006): 451–54. https://doi.org/10.1038/sj.bdj.4813466.

  2. Cara Jitu Menangani Gigi Ngilu - Buka

  3. Jangan Abaikan Penyebab Gigi Ngilu, Ini Cara Mengobatinya - Buka

  4. Berbagai Penyebab Gigi Ngilu yang Mengganggu - Buka

  5. Gigi Mudah Ngilu, Kenali 8 Gangguan Mulut Ini - Buka

7 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua