Pilihan Obat Sakit Gigi untuk Ibu Hamil yang Aman Dikonsumsi


obat sakit gigi untuk ibu hamil

Sakit gigi bisa dialami oleh siapa saja tak terkecuali ibu hamil. Namun, tentu saja penangannya perlu mendapat perhatian lebih. Nah, tak perlu khawatir, ada beberapa pilihan obat sakit gigi untuk ibu hamil yang aman lho.


Rasa sakit atau nyeri pada gigi sangat mengganggu, terlebih pada ibu hamil. Karena itu, ada baiknya untuk segera ditangani. Sebagai antisipasi, Damessa akan mengulas rekomendasi obat sakit gigi untuk ibu hamil yang dapat kamu konsumsi dengan aman. Yuk simak!


Penyebab Sakit Gigi pada Ibu Hamil

Pada masa kehamilan, utamanya pada trimester ketiga, sakit gigi rawan dialami. Ibu hamil sering tidak sadar akan faktor-faktor pemicu sakit gigi. Beberapa penyebab sakit gigi pada ibu hamil adalah:

  • Perubahan hormon yang mengakibatkan gusi bengkak dan karies

  • Kurangnya perawatan dan kebersihan gigi

  • Konsumsi makanan manis selama trimester ketiga

Untuk itu, diperlukan perhatian lebih terhadap aktivitas ibu selama masa kehamilan. Namun ibu hamil tidak perlu khawatir karena sakit gigi bisa diatasi dengan perawatan gigi yang baik dan obat sakit gigi saat hamil.


Rekomendasi Obat Sakit Gigi untuk Ibu Hamil

Mengatasi sakit gigi saat hamil membutuhkan pengawasan ketat. Kondisi kehamilan, khususnya hamil 7 bulan, rentan terhadap obat yang dapat membahayakan janin. Oleh sebab itu, obat sakit gigi untuk ibu hamil 7 bulan pun harus memenuhi syarat dan ketentuan dari dokter. Adapun rekomendasi obat sakit gigi saat hamil adalah:


Antibiotik

Beberapa jenis antibiotik yang umumnya aman digunakan sebagai cara mengatasi sakit gigi saat hamil adalah eritromisin, klindamisin, dan penisilin. Obat sakit gigi untuk ibu hamil 7 bulan ini wajib dikonsumsi sesuai anjuran resep dokter.


Paracetamol

Salah satu obat sakit gigi untuk ibu hamil 7 bulan yang aman dikonsumsi adalah paracetamol. Paracetamol berguna dalam meredakan nyeri akibat sakit gigi. Seperti halnya antibiotik, konsumsi paracetamol harus mengikuti aturan pakai ataupun rekomendasi dari dokter.


Obat yang Harus Dihindari

Obat pereda nyeri seperti aspirin, ibuprofen, dan naproxen tidak disarankan sebagai obat sakit gigi untuk ibu hamil 7 bulan. Aspirin memiliki efek berbahaya bagi ibu hamil, di antaranya meningkatkan resiko lepasnya plasenta dan kemungkinan perdarahan dalam persalinan. Adapun konsumsi aspirin bagi ibu hamil harus disertai pengawasan dokter.


Baca juga: Baiknya Sikat Gigi Berapa Kali Sehari? Ini Penjelasannya!


Cara Mengobati Sakit Gigi saat Hamil Secara Alami

Apabila konsumsi obat sakit gigi saat hamil dirasa berisiko, maka pengobatan secara alami bisa menjadi pilihan alternatif. Adapun cara mengatasi sakit gigi saat hamil secara alami sebagai berikut:


Kumur Air Garam

Umumnya kumur dengan air garam berguna untuk meredakan rasa nyeri akibat peradangan dalam mulut. Selain itu, air garam juga bisa menghilangkan kotoran, mengobati gusi bengkak, dan memulihkan luka.


Gunakan campuran setengah sendok teh garam dan satu gelas air hangat sebagai obat kumur alami. Berkumurlah kurang lebih 10 menit. Setelahnya, kamu bisa memuntahkan bekas air garam tersebut.


Kompres dengan Es Batu

Cara mengatasi sakit gigi saat hamil dapat dilakukan dengan mengompres bagian yang nyeri dengan es batu. Cara menghilangkan sakit gigi saat hamil tersebut mampu meminimalisir nyeri akibat peradangan. Ambil es batu secukupnya. Kemudian bungkus dengan kain tipis. Tempelkan balutan es ke bagian yang nyeri.


Menjaga Kebersihan Gigi

Cara menghilangkan sakit gigi saat hamil secara aman dan efektif adalah dengan merawat kesehatan gigi. Menyikat gigi secara rutin dua kali sehari sangat dianjurkan bagi ibu hamil sebagai cara mengobati sakit gigi saat hamil secara alami. Gunakan pasta gigi dengan bahan fluoride serta flossing gigi agar kebersihan gigi lebih terjaga.


Segera Kunjungi Dokter Gigi

Apabila sakit gigi tidak kunjung teratasi, maka kamu harus segera mengunjungi dokter gigi. Kamu bisa mengunjungi klinik Damessa dan bertemu dokter gigi kami untuk konsultasi tentang cara mengobati sakit gigi saat hamil yang aman. Yuk mulai rutin ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali!


Cara Menghilangkan Sakit Gigi saat Hamil

Pada saat hamil, perawatan gigi yang intensif akan membantu kamu mengobati sakit gigi saat hamil secara alami. Adapun beberapa cara menghilangkan sakit gigi saat hamil yang bisa kamu terapkan:


Lakukan Perawatan Gigi

Pembersihan secara rutin terkadang tidak cukup untuk mengobati sakit gigi secara alami. Untuk hasil maksimal, kamu bisa melakukan perawatan gigi di klinik Damessa terdekat. Dengan bantuan medis profesional, perawatan gigi secara menyeluruh dapat membantu kamu mencegah sakit gigi pada masa kehamilan.


Konsultasikan Kehamilan pada Dokter

Beritahu dokter gigi akan situasi kehamilan kamu. Pengobatan sakit gigi untuk ibu hamil memiliki beberapa pertimbangan. Hal tersebut berkaitan dengan pemberian obat sakit gigi saat hamil yang berbeda dengan obat sakit gigi biasa.


Pastikan Bilas Mulut Setelah Mengalami Mual dan Muntah

Penting bagi ibu hamil untuk membilas mulut setelah muntah. Kandungan asam lambung akan menempel di gigi sehingga disarankan agar membilas mulut dengan air guna menghilangkan asam yang menempel.


Kurangi Makanan Mengandung Gula Tinggi dan Karbohidrat

Kandungan gula tinggi dan karbohidrat menyebabkan sakit gigi. Gula dan karbohidrat dapat memicu tumbuhnya karang gigi yang berpotensi menimbulkan radang pada gusi.


Nah, itu dia beberapa rekomendasi penanganan dan obat sakit gigi untuk ibu hamil sebagai antisipasi. Namun, apabila kamu mengalami gejala sakit gigi berkelanjutan, jangan ragu untuk mengunjungi klinik terdekat Damessa di daerahmu ya!


Baca juga: Cara Menghilangkan Karang Gigi yang Sudah Mengeras, Ampuh!


Referensi:

  1. Why Teeth Pain During Pregnancy Is a Thing — and What You Can Do About It - Buka

  2. Rekomendasi Obat Sakit Gigi yang Aman untuk Ibu Hamil - Buka

  3. Ketahui Beberapa Pilihan Obat Sakit Gigi Saat Hamil - Buka

  4. Batasi Makanan Manis untuk Mencegah Sakit Gigi - Buka

  5. Dental pain and associated factors among pregnant women: an observational study - Buka

  6. Amankah Ibu Hamil Minum Aspirin? - Buka

8 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua