7 Pilihan Obat sakit Gigi Anak yang Ampuh dan Aman Dikonsumsi


obat sakit gigi

Tidak hanya orang dewasa, nyeri gigi juga bisa dialami oleh anak-anak. Namun, tentu Sahabat Damessa tidak bisa asal memberikan obat sakit gigi anak 3 tahun, karena tidak semua obat bisa dikonsumsi anak-anak.


Ketika sedang mengalami nyeri pada gigi, kamu bisa memberikan obat sakit gigi anak alami maupun membelinya di apotek. Nah, apa saja obat yang aman untuk anak? Berikut beberapa rekomendasinya.


Penyebab Sakit Gigi pada Anak

Dikutip dari Kids Care Dental, apabila anak mengalami masalah pada gigi, cobalah untuk mencari tahu dahulu penyebab dari sakit giginya. Mulailah dengan meminta mereka mendeskripsikan atau menceritakan seperti apa rasa sakit yang dirasakan. Jika masih bingung, kamu juga bisa meminta mereka untuk menunjuk dimana letak sumber sakitnya.


Masalah gigi pada anak seringkali disebabkan oleh tumbuh gigi atau gigi berlubang. Gejalanya antara lain ngiler, gigi terasa berdenyut diikuti sensasi nyeri, gusi di sekitar gigi membengkak, hingga dapat mengakibatkan demam dan sakit kepala.


Untuk sakit gigi yang disebabkan oleh gigi berlubang, biasanya diakibatkan oleh kurangnya menjaga kebersihan gigi, sehingga hal tersebut menimbulkan penumpukan bakteri pada gigi dan gusi.


Pilihan Obat Sakit Gigi Anak yang Aman

Nah, Sahabat Damessa harus pintar-pintar dalam menentukan obat sakit gigi anak 3 tahun atau lebih. Pasalnya dosis dan jenisnya bisa berbeda sesuai usia serta kebutuhan si anak itu sendiri.


Berikut adalah obat sakit gigi anak paling ampuh untuk mengatasi masalah kesehatan gigi. Tentunya dengan tetap mematuhi aturan dan dosis yang sudah ditetapkan, dan berkonsultasi lebih dulu dengan pakarnya, ya.


Obat Medis

Obat sakit gigi anak 3 tahun beragam macamnya, orang tua harus pintar memilih obat yang tepat sesuai gejala anak. Karena pada dasarnya, dosis dan jenis obat sakit gigi anak-anak harus disesuaikan dengan berat badan serta usianya.


Berikut daftar beberapa obat sakit gigi anak 3 tahun yang aman. Namun, perlu diperhatikan bahwa obat berikut tidak dianjurkan untuk digunakan dalam jangka panjang, ya.


1. Ibuprofen

Ibuprofen adalah jenis obat sakit gigi anak paling ampuh untuk meredakan sakit gigi, sakit kepala, dan gusi anak yang bengkak. Obat ini boleh diberikan kepada anak sebagai obat gigi ketika mereka sudah berusia 3 bulan serta memiliki bobot 5 kg atau lebih. Jika anak memiliki riwayat penyakit seperti asma, masalah ginjal dan hati, sebaiknya dihindari.


Untuk pemakaian ibuprofen, pastikan menggunakan dosis obat sesuai anjuran dokter, lalu perhatikan efek samping dari obat ini terhadap anak. Jika anak mengalami gejala seperti sakit perut, mual dan muntah, segera periksa lebih lanjut ke dokter.


2. Paracetamol

Paracetamol merupakan obat sakit gigi paling ampuh karena dapat meredakan nyeri gusi, sakit kepala, demam, dan meriang yang menyertai sakit gigi.


Namun, sebelum menggunakan paracetamol sebagai obat sakit gigi anak 3 tahun, pastikan membaca aturan pakainya secara teliti, karena dosis paracetamol sendiri berbeda antara anak dan orang dewasa.


Obat ini dapat diberikan pada anak sebagai obat gigi ketika anak sudah berusia 2 bulan ke atas dan berat badan lebih dari 4 kg. Perlu dipahami kembali bahwa paracetamol sama seperti obat lainnya yang memiliki berbagai efek samping. Jadi sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum memberikan obat ini ya, Sahabat Damessa.


3. Naproxen

Obat sakit gigi anak 3 tahun yang terakhir adalah Naproxen. Jika tidak ada paracetamol atau ibuprofen, maka obat ini bisa jadi pilihan untuk mengatasi sakit gigi si kecil. Naproxen memiliki efek mengurangi rasa sakit dan pembengkakan akibat sakit gigi jika digunakan sesuai aturan.


Sebelum menggunakan Naproxen, dianjurkan untuk konsultasi terlebih dahulu dengan dokter, terlebih bila anak juga sedang mengkonsumsi obat lain. Sebab obat ini bisa kontradiktif dengan obat tertentu sehingga membuatnya tidak bekerja efektif bahkan meningkatkan efek samping yang lebih serius.


Baca juga: Gigi Susu Akan Berganti Gigi Tetap, Apa Perlu di Tambal?


Obat Sakit Gigi Anak Alami

Beberapa anak terkadang enggan minum obat saat sedang sakit, apalagi jika tahu obatnya berbentuk tablet. Oleh sebab itu, Sahabat Damessa juga bisa memberikan opsi lain obat sakit gigi anak dari bahan-bahan alami. Apa saja? Ini daftarnya.


1. Kumur air hangat

Berkumur dengan air hangat adalah salah satu obat sakit gigi anak alami ampuh karena dapat memberikan sensasi hangat seperti dikompres. Selain itu, cara ini juga bisa menghilangkan sisa sisa makanan pada mulut. Mintalah anak berkumur dan minta mereka agar tidak menelannya.


2. Air garam

Kegunaan air garam juga bisa dijadikan obat yaitu dapat menjadi obat sakit gigi anak alami guna mengatasi radang gusi. Berkumur menggunakan air garam pun bisa menghilangkan sisa makanan yang terselip di sela gigi dan membunuh bakteri penyebab plak.


Kamu dapat melarutkan ½ sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Mintalah anak untuk berkumur dengan air garam tersebut selama beberapa detik dan jangan sampai anak menelan airnya.


3. Kompres dengan air dingin

Jika berkumur dengan air garam masih belum meredakan sakit gigi pada anak, cobalah mengompresnya dengan air dingin.


Mengompres bagian pipi dengan es batu menjadi salah satu obat sakit gigi anak alami ampuh karena suhu dari es batu dapat membuat saraf mati rasa dan meredakan rasa sakit untuk sementara. Tidak hanya itu, mengompres dengan air dingin atau es batu juga bisa mengempeskan bengkak pada gusi.


Caranya, bungkus es batu menggunakan waslap lalu tempelkan pada pipi yang merasakan nyeri selama kurang lebih 15-20 menit.


4. Minyak cengkeh

Cengkeh sudah lama dikenal sebagai obat sakit gigi anak alami. Minyak dari cengkeh efektif menghilangkan rasa sakit serta mengurangi peradangan, karena mengandung eugenol yang merupakan antiseptik alami.


Pertama-tama kamu bisa merendam bola kapas ke dalam minyak cengkeh, kemudian oleskan ke daerah gigi yang sakit, lakukan rutin setiap hari. Kamu juga bisa menambahkan tetesan minyak cengkeh dalam segelas air, lalu minta anak berkumur dengan larutan tersebut.


Waspadai juga risiko iritasi mata setelah memegang cengkeh. Karena itu, pastikan untuk segera mencuci tangan setelah memegangnya.


Baca juga: Sikat gigi sudah rajin, Gigi anak masih geripis. Kenapa ya?


Tips Mencegah Sakit Gigi pada Anak

Mencegah lebih baik daripada mengobati menjadi ungkapan yang tepat pada penanganan kondisi ini. Daripada harus mengatasinya dengan obat sakit gigi anak-anak, Sahabat Damessa bisa mulai dengan mengajari anak untuk melakukan beberapa langkah di bawah ini agar terhindar dari masalah gigi.

  • Menggosok gigi minimal dua kali sehari, yakni setelah sarapan dan sebelum tidur.

  • Membatasi makanan dan minuman yang memiliki kadar gula tinggi.

  • Biasakan anak menyikat gigi setelah mengonsumsi makanan manis atau bertekstur lengket.

  • Saat muncul bintik putih pada permukaan gigi anak, segera bawa ke dokter. Karena bintik tersebut merupakan cikal bakal gigi berlubang.

  • Lakukan perawatan fissure sealant atau fluoridasi pada permukaan gigi anak untuk mengurangi risiko gigi sensitif dan berlubang.

  • Terakhir, jangan lupa periksakan gigi anak secara rutin ke dokter gigi sebanyak dua kali setahun.

Seperti yang kita ketahui, nyeri pada gigi bisa sangat mengganggu, terlebih pada anak-anak. Sebagai antisipasi utama, kamu bisa memberikannya salah satu pilihan obat sakit gigi anak-anak di atas.


Namun, jika dirasa anak mengalami sakit berkelanjutan, maka segeralah memeriksakannya pada dokter. Kamu bisa membuat janji temu secara online dengan dokter terbaik kami atau langsung mengunjungi klinik Damessa terdekat di daerah kamu.


Baca juga: Tak Sempat Sikat Gigi Setelah Makan Siang? Apel Bisa Jadi Solusi !


Referensi:

  1. Pilihan Obat Sakit Gigi yang Manjur dan Aman untuk Anak-Anak - Buka

  2. 6 Pilihan Obat Sakit Gigi Anak yang Aman Digunakan - Buka

  3. 4 Obat Sakit Gigi untuk Anak yang Aman Dikonsumsi - Buka

  4. 10 Obat Sakit Gigi Anak yang Aman Diberikan - Buka

  5. 11 Home and Natural Remedies for Toothache Pain - Buka

9 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua