9 Obat Sakit Gigi Alami Paling Ampuh dan Mudah Didapatkan


sakit gigi

Saat seseorang mengalami sakit gigi, tak jarang dari mereka memanfaatkan obat sakit gigi yang alami untuk meredakannya. Alternatif ini sering digunakan sebagai pengganti obat-obatan medis atau dalam keadaan darurat.


Di Indonesia sendiri, air garam cukup populer sebagai pereda sakit gigi alami. Namun, apakah bahan-bahan tersebut benar efektif? Yuk, cari tahu jawabannya beserta dengan rekomendasi obat sakit gigi alami cepat sembuh lainnya berikut ini.


9 Rekomendasi Obat Sakit Gigi Alami Paling Ampuh

Sahabat Damessa sedang sakit gigi? Sebelum memeriksakan ke dokter, tak ada salahnya kamu mencoba menggunakan obat sakit gigi alami. Obat sakit gigi alami paling ampuh ini bisa kamu temukan di kehidupan sehari-hari, terutama di dapur.


Di samping mudah ditemukan, obat alami juga gampang untuk kamu racik sendiri. Adapun obat sakit gigi alami cepat sembuh yang bisa kamu coba di antaranya sebagai berikut.


1. Sikat gigi dua kali sehari

Pastinya Sahabat Damessa sudah tidak awam dengan aktivitas satu ini. Yap, menyikat gigi 2 kali sehari. Dengan menyikat gigi minimal 2 kali sehari, bisa membantu kamu mengurangi resiko terkena sakit gigi.


Pasalnya menyikat gigi dapat membantu menghilangkan plak gigi yang disebabkan oleh bakteri di rongga mulut. Namun, Sahabat Damessa juga harus memperhatikan bentuk sikat gigi yang cocok dengan mulut kamu agar bisa menjangkau ke seluruh area gigi, ya.


2. Berkumur dengan air garam

Obat sakit gigi alami paling ampuh selanjutnya yaitu berkumur dengan garam. Pasalnya, garam memiliki kandungan sulfur yang bisa mengeluarkan bakteri penyebab sakit gigi. Obat alami ini cenderung mudah ditemukan di rumah dan gampang meraciknya.


Sahabat Damessa cukup melarutkan ½ sendok teh garam ke dalam 250 ml air hangat. Kemudian aduk dan kamu bisa langsung menggunakannya untuk berkumur. Mudah banget kan?


3. Kompres dengan air dingin

Biasanya, sakit gigi akan diiringi dengan pembengkakan. Nah, solusi yang bisa kamu lakukan yaitu mengompresnya dengan air dingin.


Cara menggunakan obat sakit gigi alami dengan kompres air dingin sendiri cukup mudah, kamu bisa meletakkan beberapa es batu di kain bersih. Kemudian tempelkan ke bagian yang bengkak dan kompres sekitar 15 hingga 20 menit. Ulangi beberapa kali untuk hasil yang optimal.


4. Obat kumur hidrogen peroksida

Obat sakit gigi alami cepat sembuh selanjutnya yaitu hidrogen peroksida. Kamu bisa menggunakan obat kumur yang mengandung hidrogen peroksida dengan konsentrasi 1-3 persen. Pasalnya, hidrogen peroksida ini memiliki kandungan antibakteri yang bisa meredakan rasa sakit gigi. Namun, pastikan kamu menggunakannya berdasarkan anjuran dokter, ya.


5. Kantong teh peppermint

Tak perlu bingung, obat sakit gigi alami cepat sembuh yang bisa kamu gunakan di rumah yaitu kantong teh peppermint. Sahabat Damessa cukup panaskan air kemudian celupkan kantong teh peppermint. Setelah itu, kamu bisa dinginkan sebentar di freezer selama beberapa menit. Selanjutnya, kamu dapat menggigit kantong teh peppermint itu di bagian gigi yang sakit.


Baca juga: 7 Pilihan Obat sakit Gigi Anak yang Ampuh dan Aman Dikonsumsi


6. Gunakan minyak cengkeh

Cengkeh tak hanya digunakan untuk bahan makanan, namun bisa juga digunakan sebagai obat sakit gigi alami yang ampuh. Hal ini dikarenakan cengkeh mengandung eugenol, bahan aktif yang bermanfaat untuk meredakan sakit gigi.


Cara mengaplikasikannya mudah, cukup oleskan minyak cengkeh ke cotton bud lalu aplikasikan ke gigi kamu yang nyeri. Pastikan minyak cengkehnya tidak tertelah ya, Sahabat Damessa.


7. Thyme

Tahukah Sahabat Damessa, kalau thyme juga dapat kamu gunakan sebagai alternatif obat sakit gigi, lho. Thyme memiliki kandungan bersifat antibakteri dan antioksidan sehingga bisa meredakan nyeri sakit gigi secara efektif.


Cara menggunakannya cukup mudah. Sahabat Damessa dapat meneteskan sedikit minyak thyme ke dalam air, kemudian oleskan ke kapas atau cotton bud. Selanjutnya tempelkan ke bagian gigi yang terasa sakit.


8. Parutan atau bubuk kunyit

Sahabat Damessa pasti tahu dong dengan bahan yang satu ini? Yap, kunyit! Kunyit memiliki kandungan antibakteri serta antioksidan. Kandungan tersebut dapat membantu kamu dalam meredakan sakit gigi, lho.


Cara pengaplikasiannya mudah sekali. Sahabat Damessa cukup memarut kunyit dan tempelkan parutan kunyit tersebut di bagian gigi yang sedang sakit. Kamu juga bisa menggunakan bubuk kunyit dan dicampur dengan sedikit air.


9. Pemeriksaan ke dokter gigi 6 bulan sekali

Selain obat sakit gigi alami yang sudah disebutkan di atas, langkah manjur terakhir yaitu pemeriksaan ke dokter. Sahabat Damessa bisa melakukannya minimal 6 bulan sekali. Nantinya dokter akan melakukan pemeriksaan pada kesehatan gigi kamu.


Itulah beberapa rekomendasi obat sakit gigi alami paling ampuh yang bisa Sahabat Damessa pertimbangkan dalam keadaan darurat atau sebagai alternatif. Dalam beberapa situasi, bahan-bahan alami ini memang cukup berpengaruh.


Selain mudah ditemukan, obat sakit gigi alami juga dapat mengurangi penggunaan obat berbahan kimia. Jadi, lebih sehat dan natural untuk tubuh kamu. Namun, kamu harus tahu kalau obat sakit gigi alami ini memiliki efek yang tidak langsung sehingga harus lebih sabar.


Nah, jika Sahabat Damessa mengalami nyeri gigi yang berlebihan, ada baiknya langsung memeriksakannya ke dokter. Kamu dapat mengunjungi klinik Damessa terdekat di daerahmu. Sebelum itu, kamu juga bisa membuat janji temu online dengan dokter pilihan. Yuk jaga kesehatan tubuh dimulai dari gigi!


Baca juga: Karang Gigi Lepas Sendiri? Pahami Penyebab dan Efeknya


Referensi:

  1. 11 Home and Natural Remedies for Toothache Pain - Buka

  2. Berbagai Cara Mengobati Sakit Gigi yang Terbukti Ampuh - Buka

  3. 7 Bahan Alami yang Membantu Redakan Sakit Gigi - Buka

7 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua