5+ Obat Gusi Bengkak karena Gigi Berlubang, Aman dan Ampuh


gusi bengkak

Gusi bengkak adalah situasi yang kerap dialami seseorang, terlebih jika memiliki gangguan pada gigi, seperti gigi berlubang atau gejala infeksi. Mungkin banyak dari kamu atau hampir semua merasa kesakitan saat gusi bengkak dan mencari apa obat gusi bengkak untuk berlubang yang ampuh.


Kondisi gusi bengkak dapat disembuhkan atau diminimalisir dengan beberapa obat alami atau obat medis. Nah, sebagai penanganan, yuk simak penjelasan mengenai obat gusi bengkak karena gigi berlubang berikut ini.


Penyebab Gusi Bengkak

Gusi adalah kumpulan jaringan tebal dengan peran vital terhadap kesehatan mulut. Selain menjadikannya teriritasi, pembengkakan pada bagian berikut dapat menimbulkan sensitivitas dan rasa ngilu. Ciri-ciri gusi bengkak adalah perubahan warna dari pink muda normal menjadi merah. Berikut penyebab dibalik gusi yang bengkak:


1. Peradangan Gusi

Salah satu alasan umum gusi bengkak adalah peradangan gusi atau gingivitis. Banyak penderitanya tidak mengetahui keberadaannya akibat gejala yang relatif ringan. Namun, apabila peradangan gusi dibiarkan, dapat menjadi periodontitis, yaitu penyakit gusi dengan potensi merontokkan gigi.


Gingivitis disebabkan oleh kurangnya menjaga kesehatan dan kebersihan gigi. Plak atau sisa makanan yang tertimbun menutupi gigi hingga menjadi lapisan keras disebut tartar. Kehadirannya menghalangi mineral baik pada gusi sehingga menyebabkan pembengkakan.


2. Kehamilan

Gusi bengkak juga dapat terjadi di tengah kehamilan. Perubahan hormon yang terjadi saat mengandung menyebabkan darah mengalir lebih banyak dalam gusi. Hal ini bisa menyebabkan gusi membengkak akibat kerentanannya terkena iritasi.


3. Kekurangan Nutrisi

Kurangnya asupan vitamin-vitamin penting seperti vitamin B dan C dapat menyebabkan pembengkakan pada gusi. Sebagai contoh, orang dengan kekurangan vitamin C bisa berakibat mengalami penyakit kudis pada gigi. Oleh sebab itu, jangan mengabaikannya ya Sahabat Damessa, pasalnya vitamin C penting untuk perawatan gigi dan gusi kamu.


4. Infeksi

Penyebab gusi bengkak lainnya adalah infeksi jamur dan virus. Sebagai contoh, virus herpes bisa menyebabkan penyakit gingivostomatitis herpetika primer sehingga gusi bengkak. Beberapa contoh infeksi jamur maupun virus lainnya ada pada sariawan dan kerusakan gigi yang tidak dirawat dan menjadi pembengkakkan gusi.


Baca juga: Kurang Percaya Diri? Begini Solusi Untuk Gummy Smile


Obat Gusi Bengkak Karena Gigi Berlubang di Apotek

Untuk meredakan masalah gusi kamu, ada beberapa alternatif obat gusi bengkak karena gigi berlubang yang bisa kamu dapatkan di apotek terdekat. Apa saja? Berikut daftarnya.


1. Paracetamol

Salah satu obat gusi bengkak karena gigi berlubang di apotek adalah paracetamol. Obat pereda nyeri ini bermanfaat untuk mengurangi rasa ngilu akibat gigi bengkak.


Tidak perlu khawatir, ibu hamil pun dapat mengonsumsi paracetamol dengan menaati dosis yang tertera pada label kemasan. Walaupun begitu, obat ini tidak dianjurkan bagi pemilik riwayat penyakit jantung maupun hati, ya.


2. Chlorhexidine

Cara menyembuhkan gusi bengkak karena gigi berlubang selanjutnya adalah menggunakan chlorhexidine. Kandungannya dapat mencegah bakteri tumbuh dalam mulut penyebab gusi bengkak [1]. Obat antiseptik ini bisa kamu dapatkan di apotek dengan resep dokter.


Walaupun chlorhexidine tersedia dalam banyak varian seperti larutan, salep, dan obat kumur, pilihlah jenis obat kumur sebab jenis tersebut dinilai paling efektif dalam mengatasi gusi bengkak.


Kamu bisa menggunakannya seperti obat kumur pada umumnya, yaitu setelah rutinitas menyikat gigi. Pastikan juga untuk tidak mengonsumsi makanan dan minuman setelah berkumur dengan chlorhexidine selama beberapa waktu agar bekerja secara efektif sebagai obat untuk gusi bengkak karena gigi berlubang.


3. Ibuprofen

Ibuprofen juga bisa menjadi alternatif obat gusi bengkak karena gigi berlubang. Sama seperti paracetamol, kandungannya dapat meredakan rasa nyeri namun memiliki efek lebih kuat karena manfaat tambahannya, yaitu menurunkan demam sebagai efek samping dari gusi bengkak.


Oleh karenanya, kamu perlu berhati-hati dalam mengonsumsi ibuprofen dan mengikuti petunjuk minum yang dianjurkan pada label kemasan. Sesak nafas, nyeri dada, migrain, dan warna hitam pada feses termasuk efek samping dari obat gusi bengkak karena gigi berlubang ini. Jika kamu mengalaminya, segeralah periksa ke dokter, ya.


Selain itu, apabila kamu rutin meminum obat tekanan darah dan jantung, lebih baik konsultasikan ke dokter terkait keamanan mengkonsumsi obat ibuprofen.


Jika Sahabat Damessa merasakan dilema terkait meminum ibuprofen sebagai cara mengobati gusi bengkak karena gigi berlubang, kunjungi dokter untuk mengetahui kecocokan obat berikut dengan kondisi kamu.


Baca juga: 12 Cara Meredakan Sakit Gigi Secara Alami, Mudah dan Ampuh!


Obat Gusi Bengkak Karena Gigi Berlubang

Selain mencari obat gusi bengkak karena gigi berlubang di apotek, kamu bisa mencoba obat-obatan rumahan berikut guna meredakan nyeri yang dirasakan.


1. Kumur Air Garam

Salah satu sifat air garam adalah menyerap air. Tentunya hal berikut berguna sebagai cara menyembuhkan gusi bengkak karena gigi berlubang lantaran sifatnya yang dapat menangkal bakteri-bakteri jahat pada mulut.


Dengan melarutkan ½ sendok teh garam pada air hangat dan menggunakannya untuk berkumur-kumur hingga menjangkau seluruh bagian mulut, bakteri yang semula tinggal di mulut akan terserap bersama garam. Oleh karena itu, pastikan untuk melepehkan air garam kumur, ya.


Sebagai upaya meredakan gusi bengkak, Sahabat Damessa dapat berkumur menggunakan air garam dua kali dalam sehari.


2. Kompres dengan Es Batu

Cara mengobati gusi bengkak karena gigi berlubang lainnya adalah mengompresnya dengan es batu. Rasa dingin akibat es dapat mematikan saraf pemicu nyeri yang terletak di bagian mulut sehingga bisa meredakan nyeri sementara.


Gunakan waslap bersih untuk membungkus es batu dan tempelkan pada bagian pipi yang terasa sakit. Supaya pembengkakan gusi mereda, ulangi mengompres dengan es beberapa kali dalam sehari.


Suhu dingin dari es batu membantu mempersempit pembuluh darah pada wajah dan mengurangi kecepatan aliran darah menuju gusi yang sakit. Oleh karenanya, tindakan ini membantu mengurangi ngilu dan bengkak pada gusi.


3. Minyak cengkeh

Kandungan dalam minyak cengkeh memiliki segudang manfaat seperti mengurangi nyeri, iritasi dan bakteri, sehingga bermanfaat dijadikan sebagai obat gusi bengkak karena gigi berlubang.


Untuk memakainya, Sahabat Damessa dapat menggunakan minyak cengkeh sebagai obat kumur dengan mencampurkan 3-4 sendok teh dalam segelas air hangat. Tak hanya itu, kamu juga bisa mengoleskan minyak cengkeh 2-3 kali sehari langsung pada gusi yang bermasalah.


Sekian informasi mengenai apa saja obat gusi bengkak karena gigi berlubang yang bisa kamu pertimbangkan. Apabila ingin melakukan pemeriksaan lebih lanjut, kamu bisa langsung mengunjungi klinik Damessa terdekat atau membuat janji temu secara online lebih dulu dengan dokter terbaik kami. Yuk jaga kesehatan tubuh mulai dari gigi bersama bersama Damessa!


Baca juga: Kenali 10 Penyebab Gigi Ngilu dan Cara Mengatasinya


Referensi:

  1. Mamgain, Pratibha, Abhishek Kandwal, and Ravindra K Mamgain. “Comparative Evaluation of Triphala and Ela Decoction With 0.2% Chlorhexidine as Mouthwash in the Treatment of Plaque-Induced Gingivitis and Halitosis: A Randomized Controlled Clinical Trial.” Journal of Evidence-Based Complementary & Alternative Medicine 22, no. 3 (2017): 468–72. https://doi.org/10.1177/2156587216679532.

  2. Swollen Gums: Possible Causes and Treatments - Buka

  3. 5 Cara Alami Mengatasi Gusi Bengkak karena Gigi Berlubang - Buka

  4. 7 Obat yang Ampuh di Apotek dan di Rumah untuk Mengatasi Gusi Bengkak - Buka

5 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua