Karies Gigi: Pengertian, penyebab dan cara Menghilangkannya


Karies gigi adalah kondisi dimana gigi kamu terkikis sehingga menyebabkan lubang. Jika tidak segera ditangani, karies dapat menyebabkan kamu mengalami sakit gigi dan kehilangan gigi tersebut.


Karies gigi adalah masalah yang sangat umum terjadi dan dialami oleh banyak orang, baik itu anak-anak maupun orang dewasa. So, apa saja penyebab karies gigi dan bagaimana cara kamu mencegahnya? Yuk, simak artikel seputar karies gigi berikut ini!


Apa itu Karies Gigi?

Apabila Sahabat Damessa masih belum familiar, karies gigi adalah kondisi gigi yang berlubang. Di mana gigi mengalami kerusakan serta pembusukan pada bagian dalam dan juga luar.


Parahnya, karies gigi adalah permasalahan gigi yang bisa menyerang saraf lho. Biasanya penyebab karies gigi adalah ditemukannya aktivitas bakteri Streptococcus mutans dan Lactobacillus1 di rongga mulut.


Penyakit tersebut sering kali dianggap remeh dan disepelekan oleh banyak masyarakat. Hal ini dikarenakan masih kurangnya edukasi tentang karies gigi atau cavities.


Oleh karena itu, kamu harus perhatikan dan peduli dengan kondisi kesehatan gigi kamu. Caranya mudah sekali hanya dengan periksa ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali, ya!


Gejala Karies Gigi

Mengenali berbagai gejala karies gigi adalah salah satu langkah preventif yang bisa menghindari kamu dari permasalahan gigi berikut. Meskipun kadang tidak terasa nyeri dan sakit, kamu tetap harus memberi perhatian terhadap kesehatan gigi.


Pasalnya, gejala karies gigi ini akan berbeda-beda di tiap orang dan tergantung dari parahnya lubang. Adapun gejala karies gigi adalah:

  • Mengalami bau mulut

  • Gigi akan menjadi lebih sensitif dari biasanya

  • Mulai bermunculan lubang yang terlihat jelas di gigi

  • Gigi terasa sakit secara tiba-tiba dan tanpa sebab yang jelas

  • Gigi terasa nyeri saat mengonsumsi makanan atau minuman yang manis, panas, dan dingin

Jika kamu mengalami salah satu dari gejala di atas, segera lakukan konsultasi ke dokter gigi agar bisa langsung diberikan tindakan. Sehingga gigi kamu menjadi lebih sehat!


Baca juga: Begini Cara Menyikat Gigi yang Baik dan Benar, Jangan Asal!


Penyebab Karies Gigi

Apakah Sahabat Damessa tahu apa saja penyebab karies gigi? Karies gigi adalah penyakit gigi yang disebabkan oleh plak. Apa itu plak? Plak merupakan lapisan lunak dan lengket yang terdiri dari bakteri serta menempel pada gigi.


Plak biasanya akan muncul apabila kamu memiliki kebiasaan konsumsi makanan manis, jarang sikat gigi, serta menggosok gigi dengan cara yang tidak benar. Hal tersebut nantinya akan meningkatkan risiko terciptanya plak di gigi.


Selain plak, ternyata ada penyebab karies gigi lainnya lho, Sahabat Damessa. Adapun beberapa penyebab karies gigi adalah:


1. Faktor usia

Biasanya anak-anak dan orang tua berumur lanjut cenderung lebih sering terkena penyakit gigi jenis ini. Kebiasaan anak-anak mengonsumsi makanan manis dan obat yang dikonsumsi orang tua lanjut usia menyebabkan gigi lebih rentan mengalami karies gigi dan kerusakan akar.


2. Mulut kering

Ternyata, air liur memiliki memiliki peran penting dalam mencegah terjadinya karies gigi lho, Sahabat Damessa. Apabila mulut kamu kering, hal itu akan menghambat proses pembersihan sisa makanan dan memicu munculnya plak.


3. Penyakit GERD

Asam dari lambung akan naik ke rongga mulut dan bersatu dengan asam yang diciptakan oleh bakteri. Sehingga hal tersebut akan mempercepat proses pengikisan gigi.


4. Gangguan makan

Apabila kamu memiliki gangguan makan seperti bulimia, hal tersebut juga bisa mengganggu produksi air liur di rongga mulut sehingga berujung menyebabkan gigi berlubang.


5. Posisi gigi

Tahukah kamu jika salah satu penyebab karies gigi adalah letak atau posisi gigi itu sendiri? Lubang gigi sering terjadi di bagian gigi belakang yaitu geraham atau premolar. Hal ini terjadi dikarenakan lokasi gigi tersebut sulit untuk dijangkau oleh sikat gigi.


6. Kekurangan fluoride

Fluoride merupakan sejenis mineral yang terjadi alami di gigi. Jika kamu kekurangan fluoride, hal ini dapat menyebabkan lubang gigi. Solusinya kamu bisa menemukan fluoride di pasta gigi atau obat kumur.


7. Konsumsi makanan manis

Jika kamu memiliki kebiasaan konsumsi makanan manis, ada baiknya dikurangi. Hal ini dikarenakan makanan manis dapat menghasilkan asam yang nantinya memproduksi plak di gigi pemicu karies.


Baca juga: 11 Ciri-Ciri Tumbuh Gigi pada Bayi dan Cara Menenangkannya


8. Menggigit botol susu saat tidur

Karies gigi bisa menyerang segala usia, tak terkecuali bayi dan anak-anak yang suka menggigit botol susu saat tidur. Kebiasaan tersebut merupakan salah satu penyebab karies gigi pada anak-anak. Maka tak heran jika masalah gigi ini sering disebut juga sebagai karies botol, karies rampan, atau gigi gigis.


Komplikasi karena Karies Gigi

Buat Sahabat Damessa yang memiliki karies gigi, jangan pernah disepelekan ya. Pasalnya, karies gigi adalah penyakit yang bisa menyebabkan komplikasi apabila tidak ditangani dengan baik. Nah, jika tidak segera dirawat, beberapa komplikasi penyakit akibat karies gigi adalah:

  • Penyakit jantung dan stroke

  • Mengubah struktur rahang

  • Timbulnya gingivitis atau penyakit gusi

  • Bisa terjadinya abses atau nanah di gigi

  • Menyebabkan rasa gigi yang sakit dan nyeri parah

Cara Menghilangkan Karies Gigi

Umumnya, cara menghilangkan karies gigi adalah dengan melakukan tambal gigi di dokter. Biasanya dokter akan melakukan hal ini apabila karies gigi belum terlalu dalam dan parah. Pastinya dengan tujuan untuk menutup karies gigi agar tidak menyebar ke mana-mana.


Untuk merawat saluran akar gigi, Sahabat Damessa bisa pergi ke dokter gigi. Nantinya, kamu akan didiagnosis dengan cara melakukan Rontgen. Setelahnya, rongga akar gigi kamu akan ditambal.


Selain itu, cara menghilangkan karies gigi yang sudah parah bisa dengan cabut gigi. Mencabut gigi merupakan solusi dari dokter apabila pengobatan lainnya tidak bisa diaplikasikan ke karies gigi.


Di samping itu, nantinya kamu akan diberikan obat antibiotik untuk mencegah infeksi. Pastikan kamu sesuai dengan anjuran dokter dan sampai habis ya.


Cara Mencegah Karies Gigi

Agar Sahabat Damessa terhindar dari yang namanya karies gigi, kamu wajib melakukan kebersihan gigi secara teratur. Selain itu, kamu juga bisa menerapkan langkah-langkah di bawah ini untuk memiliki gigi yang sehat. Adapun cara mencegah karies gigi adalah:

  • Pastikan sikat gigi minimal 2 kali sehari

  • Rajin periksa ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali

  • Bersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi (flossing)

  • Gunakan sikat gigi yang pas dan nyaman sesuai dengan bentuk rongga mulut

  • Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride untuk memperkuat lapisan terluar gigi

Itu dia informasi mengenai apa itu karies gigi dan penyebabnya sekaligus tips untuk mencegahnya lebih awal. Bagaimana, Sobat Damessa? Sekarang sudah tidak bingung lagi mengenai karies gigi kan?


Apabila kamu mengalami kondisi ini, akan lebih baik apabila kamu segera berkonsultasi dan melakukan perawatan bersama tim dokter gigi profesional kami di klinik Damessa terdekat. Yuk buat jadwal konsultasinya secara online di sini!


Baca juga: Gigi Susu Akan Berganti Gigi Tetap, Apa Perlu di Tambal?


Referensi:

  1. 1Merry R. Sibarani. 2014. Karies: Etiologi, Karakteristik Klinis dan Tatalaksana. Majalah Kedokteran UKI, 30(1), 14 - 22. - Buka

  2. Tooth Cavities - Buka

  3. Gigi Berlubang (Karies) - Buka

  4. Cegah Karies Gigi Sekarang Juga dengan Cara Ini - Buka

4 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua