Karang Gigi Lepas Sendiri? Pahami Penyebab dan Efeknya

Diperbarui: 5 Apr


karang gigi

Terbentuknya karang gigi merupakan masalah umum yang sering dialami kebanyakan orang. Tak heran, banyak yang ingin tahu bagaimana cara menghilangkan karang gigi. Namun, tahukah kamu ada kemungkinan karang gigi lepas sendiri lho!


Di beberapa kasus, karang gigi bisa lepas dengan sendirinya. Tapi, apakah kondisi tersebut aman dan apa kira-kira penyebab karang gigi lepas sendiri? Yuk, temukan jawabannya dalam artikel berikut ini.


Apa itu Karang Gigi?

Mungkin beberapa dari Sahabat Damessa di sini masih ada yang bingung apa itu karang gigi dan perbedaan karang gigi dengan plak gigi.


Karang gigi atau dikenal dengan kalkulus dental merupakan kumpulan atau tumpukan plak yang sudah menebal dan juga mengeras. Biasanya karang gigi memiliki warna kecoklatan dan bahkan kehitaman. Karang gigi ini dapat menyebabkan bau mulut hingga kerusakan gigi.


Berbeda dengan karang gigi, plak gigi merupakan lapisan terdiri dari bakteri dan sisa-sisa makanan yang menempel akibat tidak dibersihkan dengan benar dan rutin. Penumpukan plak juga bisa memicu gigi berlubang lho, Sahabat Damessa. Jadi, jangan lupa untuk selalu menggosok gigi dua kali sehari agar tidak timbul plak pada gigi kamu!


Penyebab Karang Gigi Lepas Sendiri

Apakah Sahabat Damessa pernah bertanya, bisakah karang gigi lepas sendiri? Jawabannya adalah tidak. Karena karang gigi hanya dapat dihilangkan melalui scaling di dokter gigi.

Namun, ada kasus tertentu di mana karang gigi sudah sangat menumpuk dan akhirnya lepas sendiri. Kenapa karang gigi lepas sendiri saat sudah menumpuk?


Rupanya, penyebab karang gigi lepas sendiri tersebut adalah rongga mulut yang sudah sangat kotor dan gigi telah rapuh karena kebersihannya tidak dijaga. Bahkan biasanya yang lepas sebenarnya adalah serpihan gigi bukan karang gigi. Tapi, orang-orang tidak menyadari hal itu karena giginya sudah ditutupi oleh karang gigi.


Jadi, jika sahabat Damessa juga mengalami kejadian serupa, yuk langsung saja periksakan gigi ke cabang Damessa terdekat agar permasalahannya bisa segera diatasi.


Baca juga: Baiknya Sikat Gigi Berapa Kali Sehari? Ini Penjelasannya!


Dampak Karang Gigi Lepas Sendiri

Seperti yang telah dibahas di atas tadi, penyebab karang gigi lepas sendiri karena adanya karang gigi yang sudah banyak dan menumpuk akibat rongga mulut kotor. Karang gigi lepas sendiri juga menandakan bahwa gigi kamu mengalami pengapuran atau menjadi rapuh.


Cara Mencegah Terbentuknya Karang Gigi

Buat Sahabat Damessa yang ingin mencegah terbentuknya karang gigi dan terhindar dari dampak karang gigi lepas sendiri, ada baiknya kamu menerapkan cara ampuh di bawah ini secara teratur.


1. Rajin membersihkan gigi

Hal pertama yang perlu kamu lakukan yaitu rajin membersihkan gigi. Caranya mudah sekali, hanya dengan melakukan gosok gigi minimal 2 kali sehari secara teratur setelah sarapan dan sebelum tidur. Pastikan juga kamu menggunakan bulu sikat gigi yang halus, pasta gigi dengan kandungan fluoride, dan menerapkan cara sikat gigi yang benar.


2. Rutin ke dokter gigi 6 bulan sekali

Selain menyikat gigi 2 kali sehari, kamu juga harus rajin melakukan pemeriksaan gigi di dokter gigi setiap 6 bulan sekali. Dengan begitu, permasalahan gigi bisa diatasi lebih awal sehingga kesehatan gigi dan mulut juga lebih terjaga.


3. Berkumur dengan obat kumur

Selanjutnya, cara ampuh untuk mencegah terbentuknya karang gigi adalah berkumur dengan obat kumur. Obat kumur mampu membersihkan rongga mulut sampai ke area yang tidak terjangkau oleh sikat gigi sehingga bisa mencegah penumpukan sisa-sisa makanan penyebab karang gigi.


4. Kurangi rokok

Merokok bisa membuat gigi kuning, mulut beraroma tidak sedap hingga karang gigi. Oleh karenanya, yuk mulai kurangi perlahan kebiasaan merokok demi gigi yang lebih sehat!


5. Konsumsi makanan sehat

Ini merupakan hal penting yang perlu kamu lakukan juga. Jangan lupa untuk konsumsi makanan sehat dan kurangi makanan manis seperti permen, cake, atau snack kemasan lainnya. Kamu bisa menggantinya dengan makan sayur dan buah yang mengandung serat serta gizi baik.


6. Gunakan benang gigi

Selain menggunakan obat kumur, untuk menjangkau ke area rongga mulut yang susah dijangkau kamu bisa memanfaatkan benang gigi atau dental floss. Gunakan dental floss ini minimal satu kali sehari ya, sahabat Damessa.


Nah, di atas merupakan informasi mengenai penyebab karang gigi lepas sendiri. Ketika karang gigi lepas sendirinya, hal tersebut menandakan bahwa kondisi gigi kita sangat kotor.

Maka dari itu, akan lebih baik jika kamu rutin merawat sekaligus membersihkan karang gigi agar tidak menumpuk. Jangan bingung, yuk segera kunjungi klinik Damessa terdekat dan buat janji temu dengan dokter pilihan kamu!


Baca Juga: Begini Cara Menyikat Gigi yang Baik dan Benar, Jangan Asal!


Referensi:

  1. Penyebab Karang Gigi Lepas Sendiri dan Cara Ampuh Menghilangkannya - Buka

  2. Karang Gigi Lepas Sendiri, Berbayahakah? - Buka

  3. Perbedaan Plak dan Karang Gigi yang Perlu Anda Ketahui - Buka

  4. Karang Gigi Bisa Menyebabkan Gigi Lepas - Buka

7 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua