Karang Gigi, apa bisa dibersihkan sendiri?


Halo, Sahabat! Kapankah terakhir kamu membersihkan karang gigi? Penumpukan karang gigi di dalam mulut dapat menyebabkan kondisi lain yang tidak nyaman, seperti gusi berdarah, bau mulut, sampai gigi goyang. Karang gigi merupakan kotoran berupa sisa-sisa makanan atau plak yang melekat erat pada permukaan gigi. Kotoran ini dapat menempel di sekitar leher gigi, atau bahkan menyelimuti seluruh permukaan gigi. Berbeda dengan plak yang bersifat lunak dan dapat dihilangkan dengan menyikat gigi secara rutin, karang gigi berwujud keras sehingga sehingga untuk membersihkannya perlu bantuan alat lain yang dilakukan oleh dokter gigi.


Karang gigi sebetulnya adalah plak gigi yang tidak terbersihkan dan lama kelamaan mengeras karena termineralisasi. Permukaan karang gigi yang keras dan kasar menyebabkan plak lebih mudah menempel dan lebih sulit dibersihkan dengan menyikat gigi, sehingga karang gigi akan semakin menebal. Oleh karena itu, dokter gigi menganjurkan untuk melakukan pembersihan karang gigi secara rutin minimal 6 bulan sekali.


Proses pembersihkan karang gigi atau yang disebut dengan scalling dapat dilakukan dengan cara manual ataupun dengan bantuan alat ultrasonik. Pembersihan dengan alat manual oleh dokter gigi cukup memakan waktu dan terasa kurang nyaman karena dokter gigi perlu menggunakan tekanan untuk mengambil karang gigi yang melekat erat pada permukaan gigi. Saat ini, pembersihan karang gigi dengan alat ultrasonik dilakukan oleh hampir semua dokter gigi karena lebih mudah, cepat, dan nyaman untuk pasien. Alat ini bekerja dengan getaran ultrasonik pada bagian ujung yang berbentuk sedikit runcing, agar dapat memecah karang gigi hingga ke bawah gusi atau bagian lain yang sulit dijangkau. Dengan cara penggunaan yang benar dan tepat, alat ultrasonik ini cukup aman bagi permukaan gigi dan akarnya.


Namun perlu diingat, setelah kamu melakukan pembersihan karang gigi, bukan berarti tidak perlu menjaga kebersihan gigi dan rongga mulut lagi ya! Jagalah kebersihan gigi dan mulut dengan menyikat gigi dua kali sehari pada pagi dan malam hari sebelum tidur, membersihkan sela gigi dengan dental floss, minum air putih yang cukup, mengurangi makan makanan yang manis, dan tidak merokok. Jangan lupa untuk kontrol kesehatan gigi secara berkala, yaitu 6-12 bulan sekali ke dokter gigi! Sampai jumpa di Damessa!

19 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua