13 Jenis Penyakit Kulit, Penyebab, Hingga Cara Mengatasinya

Diperbarui: 3 Mar


seorang menggaruk kulit tangan

Mengingat kulit merupakan bagian tubuh yang paling utama dalam melindungi segala jenis paparan di luar, maka merawat dan menjaga kebersihannya adalah hal penting untuk dilakukan. Pasalnya, ada begitu banyak jenis penyakit kulit beserta penyebabnya yang sangat beragam.


Namun cukup berbeda dengan jenis jerawat, penyakit kulit pada dasarnya disebabkan oleh infeksi bakteri, parasit, virus, ataupun jamur. Bila terjadi perubahan kulit, terdapat kemungkinan hal tersebut merupakan tanda penyakit menular dan cukup berbahaya.

Lantas, apa saja jenis-jenis penyakit kulit? Agar lebih jelas, yuk simak ulasan di bawah ini mengenai jenis penyakit kulit, cara mengatasi, hingga tips mencegahnya!


JENIS-JENIS PENYAKIT KULIT KARENA INFEKSI

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, salah satu penyebab penyakit kulit adalah infeksi, entah itu parasit, bakteri, jamur, maupun virus. Berikut penjelasannya.


1. Infeksi Parasit

Jenis parasit yang paling umum mengakibatkan oleh infeksi kulit di antaranya ialah kutu dan tungau. Di samping kedua parasit ini, cacing juga dapat menyebabkan penyakit kulit. Biasanya, gejala dari kondisi tersebut ialah gatal-gatal dan ruam atau kemerahan.


2. Infeksi Bakteri

Kusta merupakan jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Bukan cuma itu, impetigo, folikulitis (infeksi pada kelenjar rambut), selulitis, dan bisul juga merupakan jenis penyakit kulit karena bakteri.


3. Infeksi Jamur

Adapun jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur yaitu panu, tinea cruris (infeksi jamur di selangkangan), kurap, serta kutu air (infeksi jamur pada kaki). Umumnya, kondisi ini terjadi pada area kulit yang sering lembab.


4. Infeksi Virus

Beberapa jenis penyakit kulit yang diakibatkan oleh infeksi virus di antaranya ialah kutil, campak, cacar, dan juga herpes zoster atau cacar ular.


JENIS PENYAKIT KULIT KARENA KELAINAN AUTOIMUN

Tahukah Anda, kelainan autoimun nyatanya dapat menjadi salah satu faktor penyebab penyakit kulit. Apa saja itu? Berikut beberapa di antaranya.


1. Vitiligo

Vitiligo merupakan jenis penyakit yang terjadi saat sel kulit tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya, yakni memproduksi melanin (pigmen berwarna gelap). Kondisi ini membuat kulit penderitanya kehilangan warna serta menimbulkan bercak-bercak putih.


2. Psoriasis

Ada pula penyakit psoriasis, yakni kondisi ketika sel-sel kulit mengalami pertumbuhan terlalu cepat. Akibatnya, sel tersebut menjadi tumpukan hingga membentuk bercak kemerahan yang disertai dengan sisik-sisik perak.


3. Pemfigus

Penyakit pemfigus memiliki dua tipe, yakni pemfigus foliaceus dan juga pemfigus vulgaris. Adapun ciri dari pemfigus foliaceus ialah kulit berkerak atau bersisik dan terdapat lepuhan kecil yang akan terasa gatal bila pecah. Sementara, pemfigus vulgaris biasana berupa lepuhan yang mudah pencah namun tak terasa gatal.


4. Skleroderma

Selain itu, ada pula penyakit skleroderma yang menjadikan kulit menebal dan keras. Meskipun umumnya menyerang bagian kulit saja, akan tetapi tak menutup kemungkinan skleroderma menyebar ke pembuluh darah atau bahkan organ dalam.


5. Discoid Lupus Erythematosus

Discoid lupus erythematosus merupakan jenis penyakit lupus yang menyerang kulit hingga menyebabkan ruam cukup parah di seluruh bagian tubuh. Mulai dari wajah, leher, kulit kepala, tangan, hingga kaki. Biasanya kondisi ini akan semakin memburuk apabila terpapar sinar matahari.


Baca juga: Cara Membersihkan Wajah Dengan Benar


JENIS-JENIS PENYAKIT KULIT KARENA PERADANGAN

Peradangan kulit atau juga dikenal dengan sebutan dermatitis biasanya disebabkan oleh bahan-bahan yang memiliki sifat iritatif atau alergen. Adapun beberapa jenis penyakit kulit karena peradangan, di antaranya:


1. Dermatitis Atopik atau Eksim

Dermatitis Atopik atau Eksim biasanya bercirikan gatal-gatal, kulit merah, bersisik, atau kering. Seringkali penyakit ini timbul pada kulit area leher, belakang lutut, dan juga lipatan siku. Apabila digaruk, kulit radang tersebut akan mengelupas hingga mengeluarkan cairan.


2. Dermatitis Kontak Alergi

Ada pula jenis penyakit kulit bernama dermatitis kontak alergi. Gejala dari kondisi ini ialah meliputi bengkak serta kemerahan yang terjadi ketika kulit penderita terkena bahan-bahan bersifat alergen. Entah itu kosmetik, perhiasan, sarung tangan lateks, zat kimia, ataupun protein.


3. Dermatitis Kontak Iritan

Salah satu jenis penyakit kulit yang paling umum terjadi ialah dermatitis kontak iritan. Beberapa gejala penyertanya ialah iritasi, ruang, kering, serta luka lepuh yang muncul karena kulit bersentuhan zat iritan. Contohnya seperti deterjen, sabun mandi, pemutih baju, atau alkohol.


4. Dermatitis Seboroik

Dermatitis seboroik umumnya terjadi pada bagian tubuh yang cukup berminyak, mulai dari wajah, dada, atau punggung. Kondisi tersebut sering ditandai dengan kulit bersisik dan kemerahan. Apabila dermatitis seboroik menyerang area kepala, maka akibatnya akan timbul ketombe membandel.


CARA MENGATASI PENYAKIT KULIT

Pada dasarnya, terdapat beragam cara mengatasi penyakit kulit tergantung dari jenis maupun penyebab yang mendasarinya. Entah itu sembuh sendiri tanpa perawatan atau juga harus melalui penanganan medis khusus seperti penggunaan obat-obatan serta prosedur operasi.


1. Pemberian Obat-obatan

Salah satu cara mengatasi penyakit kulit ialah dengan pemberian obat-obatan, seperti antibiotik, antivirus, antijamur, atau antihistamin (pereda alergi) berdasarkan penyebabnya. Di samping itu, ada pula obat kortikosteroid untuk kondisi autoimun, dermatitis, serta peradangan. Namun perlu diingat, konsumsi obat-obatan ini tentu saja harus menggunakan resep dokter.


2. Prosedur Operasi

Sedangkan, prosedur operasi biasanya dilakukan untuk mengatasi penyakit kulit seperti kutil atau kanker.


TIPS MENCEGAH PENYAKIT KULIT

Di samping pengobatan medis, Anda juga bisa mencegah terjadinya penyakit kulit sejak dini agar tidak kambuh ataupun menular ke orang lain. Simak tipsnya di bawah ini!

  • Kurangi melakukan kontak fisik dengan penderita penyakit kulit yang bersifat menular.

  • Kurangi kebiasaan menggaruk atau memecahkan bisul dan lepuhan yang ada pada kulit.

  • Kurangi kebiasaan perawatan wajah yang tidak sesuai tipe kulit.

  • Kurangi menggunakan barang pribadi secara bersamaan dengan penderita penyakit kulit, seperti pakaian dan handuk.

  • Selalu berikan pelembab kulit secara teratur untuk mencegah iritasi, kering, dan gatal.

  • Selalu jaga kebersihan diri, salah satunya dengan mandi secara rutin. Anda juga disarankan memakai sabun berbahan lembut.

Itu dia beragam jenis penyakit kulit dan gambarnya yang patut Anda ketahui. Dari penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa merawat dan menjaga kebersihan kulit ternyata bukan hanya sekadar untuk mempercantik tampilan, namun juga sangat penting untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat!


Baca juga: Apakah penyebab Melasma atau noda hitam? Apakah anda beresiko memilikinya?


Referensi:

  1. 13 Jenis Penyakit Kulit dan Cara Mengobatinya

  2. Penyakit Kulit: Jenis, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

13 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua