Kenali 7 Jenis Jerawat dan Cara Tepat dalam Mengatasinya

Diperbarui: 1 Mar


jenis jerawat di wajah
7 Jenis Jerawat dan Cara Tepat dalam Mengatasinya (sumber: pexels)

Jerawat adalah masalah yang setidaknya dialami oleh setiap orang, entah muncul di muka atau bagian tubuh lain. Namun, tahukah Sahabat Damessa bahwa ternyata ada beberapa jenis jerawat lho! Dan cara mengatasinya juga berbeda-beda.


Meski sudah umum dialami, tetapi jerawat kerap mengganggu dan membuat kulit tampak tidak sehat bukan? Karena itu, sebagian besar orang mencari cara menyembuhkannya dengan cepat. Nah, kali ini Damessa akan membahas tentang jenis-jenis jerawat dan penyebabnya sekaligus cara tepat dalam mengatasinya. Yuk simak!


MENGAPA JERAWAT BISA MUNCUL?

Jerawat seringkali menjadi permasalahan sehari-hari, tidak hanya perempuan tetapi juga pria. Meski terkadang hanya muncul satu atau dua titik, mamun rupanya cukup mengganggu, belum lagi jika menimbulkan rasa sakit.


Lalu, apa sebenarnya yang bisa menimbulkan jerawat pada tubuh Sahabat Damessa? Nah, jawabannya cukup beragam. Umumnya, jerawat bisa disebabkan karena hormon, makanan, lifestyle, pengumpulan sel kulit mati hingga jamur.


Biasanya, para remaja sering mengalami jerawat karena adanya perubahan hormon. Perubahan hormon tersebut biasa terjadi saat menginjak pubertas, menstruasi atau ketika seseorang merasa stres.


Meski bentuknya hampir sama, namun ternyata jerawat memiliki jenis beragam lho. Ada jenis jerawat yang susah hilang seperti jerawat batu, tetapi ada juga yang mudah. Nah, kamu perlu mengetahuinya agar tidak salah penanganan.


Baca juga: Cara Membersihkan Wajah Dengan Benar


JENIS-JENIS JERAWAT DAN CARA MENGATASINYA

Penting lho untuk mengetahui jenis-jenis jerawat agar kamu bisa lebih tepat dalam mengobatinya. Ada beberapa jerawat tertentu yang membutuhkan perawatan khusus, misalnya fungal acne atau jerawat disebabkan jamur. Berikut penjelasan lengkapnya.


1. Jerawat Nodul

Nodul adalah salah satu jenis jerawat yang berbahaya sehingga membutuhkan bantuan dokter dalam penanganannya. Jika tidak segera diatasi, jerawat ini bisa bertahan hingga berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan.


Jerawat nodul muncul dengan warna yang hampir sama seperti kulit, namun akan memerah jika meradang. Dalam pengobatannya, kamu bisa mengunjungi dokter kulit atau dokter kecantikan langganan kamu ya.


2. Jerawat Fulminans

Fulminans merupakan salah satu dari jenis-jenis perawat yang langka dan parah, seringkali terjadi pada laki-laki. Jerawat ini ditandai dengan munculnya peradangan prah dosertai plak luka terbuka.


Tidak hanya pada muka, namun jerawat ini bisa muncul pada punggung atau dada. Pengobatannya membutuhkan obat-obatan kimia sehingga kamu perlu berkonsultasi dengan dokter apabila mengalaminya.


3. Whiteheads

Komedo adalah jenis jerawat dasar yang disebabkan karena adanya penyumbatan pada pori-pori dari campuran sel kulit dan minyak. Komedo ini nantinya akan membentuk jerawat. Biasanya muncul akibat perubahan hormon.


Cara mengatasi whiteheads bisa dengan membersihkannya dengan penghilang komedo, masker atau dengan treatment menghilangkan sel kulit mati. Atau kamu bisa mencegahnya dengan melakukan eksfoliasi rutin.


4. Blackheads

Memiliki nama yang hampir sama, blackheads adalah jerawat yang disebabkan oleh whiteheads yang tertutup lapisan kulit sehingga berwarna gelap. Kamu bisa mengatasinya dengan melakukan ekstraksi untuk menghilangkan komedo yang menyumbat pori.


Baca juga: Noda hitam di wajah? Apa bisa hilang?


5. Jerawat PapulA

Papula merupakan jenis jerawat yang susah hilang karena biasanya meninggalkan bekas berwarna merah. Papula muncul dalam bentuk benjolan kecil dan tak jarang berkelompok serta bisa menimbulkan rasa sakit.


Untuk mengatasinya, kamu bisa mengonsumsi obat-obatan seperti antibiotik, atau perawatan topikal seperti tretinoin. Selain itu, bisa juga menggunakan produk skincare dengan formula retinol.


6. Jerawat Pustula

Jenis jerawat yang satu ini seringkali muncul dalam bentuk benjolan berisi nanah pada kulit. Pustula disebabkan karena adanya infeksi bakteri pada pori-pori. Tingkat keparahannya juga cukup beragam, pun dengan kesembuhannya.


Jenis jerawat pustula dapat sembuh secara alami, atau kamu bisa mengobatinya dengan produk yang mengandung asam salisilat untuk mempercepat pemulihannya.


7. Jerawat Hormonal

Hormon terkadang menghasilkan minyak berlebih sehingga menumpuk dan menyumbat pori-pori. Biasanya, jenis jerawat ini disebabkan oleh perubahan hormonal akibat stress, menstruasi, konsumsi Pil Kb dan sebagainya.


Jerawat hormonal tidak berbahaya dan bisa hilang dengan sendirinya. Sehingga, kamu cukup memberikan obat totol jerawat untuk mempercepat regenerasi kulit dan mematikan bakteri jerawat. Selain itu, jaga pola hidup sehat ya.


CARA MENCEGAH MUNCULNYA JERAWAT

Mencegah munculnya beberapa jenis jerawat bisa dilakukan secara sederhana dengan menjaga pola hidup sehat. Seperti, mengurangi makanan berminyak, menjaga pola tidur serta menjaga pikiran yang stabil.


Jerawat seringkali disebabkan karena bakteri atau jamur, karena itu Sahabat Damessa harus rajin menjaga kebersihan. Mulai dari kebersihan pakaian, rambut, hingga sprei untuk tidur juga cukup berpengaruh lho!


Nah, kamu juga bisa mencegah munculnya jerawat dengan rutin menggunakan skincare di pagi dan malam hari. Dan juga, mencuci wajah dengan air bersih. Selain itu, jaga kulit kamu tetap lembab untuk menghindari jerawat atau iritasi lainnya.


Itu dia informasi mengenai jenis-jenis jerawat dan cara mengatasinya. Setelah memahaminya, semoga kamu bisa lebih tepat dalam menangani permasalahan jerawat kamu ya, karena jika salah langkah justru bisa memperparah. Keep healthy!


Baca juga: Jerawatan? Yuk simak tips mudah mencegahnya!


23 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua