Kenali Jenis Gigi Palsu yang Paling Sesuai dengan Kebutuhan


jenis gigi palsu

Pemasangan gigi palsu penting dilakukan sebagai pengganti gigi yang sudah lepas. Bukan hanya sekedar penunjang penampilan semata, melainkan juga berfungsi untuk pengoptimalan aktivitas dalam mulut. Ada beberapa jenis gigi palsu yang bisa dijadikan sebagai alternatif bagi orang yang membutuhkannya.


Nah, lalu manakah jenis gigi palsu atau tiruan yang paling sesuai dengan kondisi mulut serta kebutuhan Anda? Masih bingung dalam menentukannya? Jangan khawatir, karena Damessa telah rangkum penjelasan mengenai jenis-jenis gigi tiruan dan harganya. Simak selengkapnya di bawah ini.


Jenis Gigi Palsu Berdasarkan Jumlahnya

Dilihat berdasarkan jumlahnya, ada dua jenis gigi palsu yaitu:


1. Gigi palsu lengkap

Gigi palsu lengkap adalah pemasangan gigi tiruan dengan tujuan untuk mengganti semua gigi yang hilang, baik gigi atas maupun bawah. Jenis gigi tiruan ini biasanya digunakan oleh para lansia yang tidak memiliki gigi sama sekali.


2. Gigi palsu sebagian

Sesuai namanya, gigi palsu sebagian yaitu gigi palsu yang biasanya digunakan untuk menggantikan beberapa gigi yang hilang. Gigi palsu sebagian umumnya terbuat dari material plastik, nilon atau pelat logam dengan sejumlah gigi palsu yang melekat.


Jenis Gigi Palsu Berdasarkan Sifatnya

Sementara itu berdasarkan sifatnya, jenis gigi palsu terbagi menjadi dua, yakni:


1. Gigi palsu lepasan

Gigi palsu lepasan kadang disebut sebagai gigi palsu lepas pasang. Gigi palsu lepasan merupakan gigi tiruan yang mudah dilepas dan dipasang sendiri oleh penggunanya. Biasanya pengguna gigi palsu ini melepas gigi palsunya sebelum tidur untuk disikat dan mereka akan memakai kembali esok paginya.


Gigi palsu lepasan bisa berupa gigi tiruan penuh atau hanya sebagian. Secara umum, ada tiga jenis bahan gigi palsu lepasan, yaitu akrilik, valplast, dan frame (kerangka logam). Berikut penjelasannya.


1. Akrilik

Dapat dikatakan gigi palsu lepasan berbahan akrilik paling murah dibanding jenis bahan lainnya. Jika Anda menggunakan gigi palsu berbahan ini, ada kawat yang dikaitkan ke gigi sebagai pegangannya.


Baca juga: Karang Gigi Lepas Sendiri? Pahami Penyebab dan Efeknya


2. Valplast (Flexi denture)

Berbeda dengan bahan akrilik, gigi palsu berbahan valplast umumnya tidak menggunakan kawat untuk alasan estetika. Dapat dikatakan, Sahabat Damessa yang ingin gigi palsu dengan tampilan cantik, maka bahan valplast bisa jadi salah satu pilihan terbaiknya.


3. Frame (kerangka logam)

Gigi tiruan frame dapat dikatakan paling unggul di antara gigi tiruan lepasan lainnya. Hal ini karena gigi tiruan ini terbuat dari logam dan dibuat sangat tipis sehingga nyaman digunakan serta relatif lebih stabil saat berbicara atau mengunyah makanan.


2. Gigi palsu permanen

Selain gigi palsu lepasan, ada juga gigi palsu permanen yang tidak bisa dilepas karena pada pemasangannya direkatkan menggunakan semen gigi. Sejauh ini ada 3 macam gigi palsu permanen yang sudah dikenal yaitu implant, crown, dan bridge.


Nah sebagai informasi tambahan, jenis gigi tiruan yang paling sering digunakan untuk menggantikan gigi geraham adalah crown berbahan PFM.


Sementara itu, untuk membuat tiruan gigi depan, digunakan all porcelain dan ceramic karena mempertimbangkan nilai estetik dan kekuatan menahan kunyahan. Secara umum, ada tiga macam gigi palsu permanen yang cukup dikenal di masyarakat. Apa saja? Simak daftar berikut.


1. Implant gigi (dental implant)

Pemasangan implan gigi dilakukan dengan menanam gigi palsu permanen ke gusi. Prosesnya dilakukan dalam 2 tahap, yaitu tahap pertama implant dan tahap kedua crown dan abutment. Diperlukan waktu minimal 1,5 bulan untuk memasang tahap kedua. Kelebihan gigi palsu ini adalah tampilannya yang seperti gigi asli.


2. Crown (Mahkota tiruan)

Gigi palsu berbahan crown bisa menjadi alternatif bagi orang dengan gigi keropos. Itu karena crown bisa dipasang untuk menggantikan mahkota gigi yang rusak akibat keropos, berlubang, dan sebagainya. Perlu diketahui bahwa crown hanya mengganti mahkota gigi sehingga akar giginya harus tetap ada.


3. Bridge

Gigi palsu bridge diperuntukkan bagi orang yang kehilangan satu gigi atau lebih. Gigi palsu berbahan bridge biasanya dipasang dan disangga oleh gigi-gigi di sebelahnya. Oleh karena itu, gigi-gigi tersebut perlu diperkecil dan di-crown.


Baca juga: Kurang Percaya Diri? Begini Solusi untuk Gummy Smile


Jenis-Jenis Gigi Palsu dan Harganya

Apakah Anda berniat menggunakan gigi palsu? Jika iya, ketahui terlebih dahulu jenis-jenis gigi palsu dan harganya berikut ini.


1. Harga jenis gigi palsu permanen

Untuk melakukan implan jenis gigi palsu permanen, Anda perlu menyiapkan dana sekitar Rp8.5 juta– Rp21 juta per gigi. Sedangkan untuk jenis gigi tiruan tipe Crown, Anda perlu menyiapkan dana sekitar antara Rp3 juta – Rp5 juta per gigi.


Sementara itu, untuk gigi tiruan tipe Bridge, kisaran harganya hampir sama dengan tipe Crown. Namun sebagai catatan, besaran nominal tersebut juga bergantung dari berapa unit Crown yang digunakan.


2. Harga jenis gigi palsu lepasan

Perlu diketahui jenis gigi palsu lepasan yang bagus yaitu yang berbahan porselen akrilik. Untuk mendapatkannya, Anda perlu merogoh kocek sekitar Rp1.2 juta – Rp1.35 juta per plat.


Jenis gigi tiruan lepasan lainnya yaitu yang berbahan valplast atau Fleksi denture/thermosen berkisar antara Rp2.3 juta – Rp2.5 juta per 1 plat. Selain itu, perlu diketahui harga kerangka logam umumnya di atas Rp3 juta untuk 1 rahang.


Jenis Gigi Palsu yang Ditanggung BPJS

Untuk membantu biaya pemasangan, Anda bisa memanfaatkan kartu BPJS Kesehatan yang dimiliki. Sebelum melakukannya, ketahui jenis gigi palsu yang ditanggung BPJS dengan ketentuan-ketentuan sebagai berikut:


1. Tidak seluruh biaya pemasangan gigi palsu akan ditanggung BPJS, hanya dibantu sesuai maksimum biaya yang ditentukan.

2. Pembuatan dan tindakan gigi palsu dilakukan di fasilitas kesehatan tingkat pertama atau lanjutan yang tertera di kartu BPJS Kesehatan.

3. Biaya bantuan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan untuk pengganti gigi tiruan yaitu Rp1 juta dengan ketentuan tarif masing-masing rahang sebesar Rp500 ribu. Misalnya, gigi yang perlu diganti berkisar 1 – 8 gigi, maka penggantian biayanya sebesar Rp250 ribu per rahang.


Contoh lainnya, jika Anda ingin mengganti 1 gigi rahang atas dan 1 gigi rahang bawah, biaya penggantian yang ditanggung BPJS sebesar Rp500 ribu. Sementara itu, jika Anda ingin mengganti 2 gigi rahang atas saja, BPJS akan membantu biaya sebesar Rp250 ribu.


Nah, itu dia penjelasan lengkap mengenai jenis-jenis gigi palsu dan harganya. Bila masih kesulitan untuk melihat atau mengetahui kondisi gigi dan mulut, Anda dapat mulai dengan melakukan konsultasi bersama dokter ahli melalui klinik gigi terdekat seperti Damessa, di sini kamu bisa membuat janji temu secara online lebih dulu dengan dokter favorit, lho!


Baca juga: 5+ Obat Gusi Bengkak karena Gigi Berlubang, Aman dan Ampuh


Referensi:

1. Mengenali Jenis-jenis Gigi Palsu dan Perbedaannya - Buka

2. Ketahui 5 Jenis Gigi Palsu yang Permanen - Buka

3. Beberapa Jenis Gigi Palsu, Kelemahan Dan Keunggulannya - Buka

4. Proses Pemasangan Gigi Palsu dari Awal Sampai Akhir yang Perlu Anda Ketahui - Buka

5. Jenis Gigi Palsu yang Perlu Kalian Tahu Beserta Harganya - Buka

1 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua