Gigi Susu Akan Berganti Gigi Tetap, Apa Perlu di Tambal?





Hmmm... Siapa yang pernah berfikir kalau gigi susu itu tidak perlu ditambal, Moms? Sepertinya masih cukup banyak yang mengira seperti ini ya…. Yuk, mari kita bahas mengapa gigi susu itu perlu ditambal, Moms!


Seperti kita ketahui, gigi susu adalah “pendahulu” sebelum nantinya akan berganti menjadi gigi tetap. Pergantian ini biasanya dimulai pada usia 6 tahun, dimulai dari gigi seri yang letaknya di depan dan gigi geraham susu baru akan tergantikan mulai usia 10 tahun.


Pada kenyataannya, seringkali ditemui kondisi gigi susu sudah berlubang pada usia yang sangat dini. Padahal, masih berjarak beberapa tahun dari jadwal ganti gigi tetapnya tersebut. Sebagai contoh, pada usia 3 tahun gigi seri depan anak sudah geripis dan baru akan diganti dengan diid tetap pada usia 6 tahun. Jika tidak ditambal, gigi geripis akan menjadi tempat menempelnya sisa makanan karena permukaan gigi yang kasar. Penumpukan sisa makanan ini akan menyebabkan kerusakan gigi semakin dalam karena bakteri akan terus berproses membentuk karies atau lubang gigi. Jika terus berlanjut, kerusakan ini akan sampai ke saraf gigi dan bisa menyebabkan infeksi. Nah, infeksi pada gigi tidak boleh dipandang sebelah mata ya, Moms! Karena jika dibiarkan bisa meluas ke area tubuh lain dan berbahaya, lho! Yuk ajak si kecil untu cek rutin kondisi giginya, Moms! Selain lebih menyenangkan, pemeriksaan gigi dalam kondisi tidak sakit juga lebih hemat lho! Sampai jumpa di Damessa ya!

50 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua