Gigi berlubangmu tiba-tiba nyeri? Sakit gigi kerap kali menjadi perjuangan tersendiri, apalagi ketika bulan Ramadan. Hal ini sangat mengganggu kekhusyukan kita sebagai umat Muslim selama menjalankan ibadah. Apalagi kalau harus membatalkan puasa karena sakit gigi? Sebelum memutuskan untuk batal puasa, berikut cara meredakan sakit gigi berlubang yang ampuh!

Cara Meredakan Sakit Gigi Berlubang


Cara Meredakan Sakit Gigi Berlubang tanpa Batal Puasa!

Meredakan sakit gigi berlubang selama bulan Ramadan membutuhkan beberapa perhatian khusus karena aktivitas makan dan minum dibatasi selama puasa. Berikut adalah beberapa cara yang bisa membantu meredakan sakit gigi berlubang selama Ramadan:

1. Minum Obat Saat Berbuka Puasa

Gunakan waktu berbuka puasa untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang dapat membantu meredakan sakit gigi, seperti minum segelas air hangat dengan sedikit garam atau berkumur dengan air garam. Ini bisa membantu membersihkan area gigi yang terkena lubang dan meredakan rasa sakitnya.

Air garam memiliki sifat antiseptik dan antiinflamasi, yang dapat bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan pada area gigi yang terkena. Namun, penting untuk diingat bahwa berbagai faktor seperti tingkat keparahan infeksi gigi, kondisi kesehatan umum, dan kebutuhan individu dapat memengaruhi efektivitasnya.

Meskipun berkumur dengan air garam mungkin memberikan bantuan sementara, ini tidak boleh dianggap sebagai pengobatan tunggal untuk masalah gigi yang serius. Konsultasikan dengan dokter gigi untuk diagnosis dan perawatan yang tepat.

2. Pilih Makanan Lunak dan Mudah Dicerna

Saat berbuka puasa, hindari makanan yang keras atau lengket yang dapat menyebabkan lebih banyak rasa sakit pada gigi yang berlubang. Pilih makanan yang lunak dan mudah dicerna, seperti bubur atau sup.

Makan makanan yang lunak dapat mengurangi tekanan dan gesekan pada gigi yang berlubang saat mengunyah. Ini membantu menghindari menyebabkan lebih banyak rasa sakit atau merusak gigi yang sudah lemah.

3. Hindari Makanan atau Minuman yang Terlalu Manis 

Konsumsi makanan atau minuman yang terlalu manis dapat memperburuk sakit gigi. Hindari makanan dan minuman manis serta berbagai jenis minuman bersoda.

Konsumsi makanan dan minuman manis dapat memperburuk kondisi gigi yang berlubang. Gula dalam makanan dan minuman dapat memberi makan bakteri di mulut, yang kemudian menghasilkan asam yang dapat merusak lapisan gigi dan memperparah kerusakan gigi.

Gula dapat meningkatkan sensitivitas gigi terhadap perubahan suhu dan makanan tertentu. Saat gigi berlubang, rasa sakit dapat menjadi lebih parah setelah mengonsumsi makanan atau minuman manis karena gula dapat merangsang saraf gigi yang terbuka.

Baca juga : Wajib Tahu! Cara Menjaga Kesehatan Gigi Bagi Penyuka Hidangan Manis.

4. Jaga Kebersihan Mulut

Setelah berbuka puasa, pastikan untuk membersihkan gigi secara menyeluruh dengan menyikat gigi dan menggunakan benang gigi. Kebersihan mulut yang baik dapat membantu mencegah peningkatan rasa sakit dan infeksi.

Baca juga : Mitos atau Fakta: Flossing Gigi Bisa Menghilangkan Karang Gigi?

5. Beristirahat yang Cukup

Pastikan untuk mendapatkan istirahat yang cukup selama bulan Ramadan. Kurang tidur dan stres dapat memperburuk kondisi sakit gigi. Istirahat yang cukup membantu meningkatkan daya tahan tubuh Anda terhadap infeksi dan penyakit. Dengan memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat, Anda dapat membantu melawan infeksi pada gigi dan mencegah penyebarannya ke area lain.

6. Gunakan Obat Pereda Nyeri yang Aman

Jika kamu perlu minum obat pereda nyeri, pastikan untuk memilih yang aman untuk dikonsumsi saat berpuasa. Konsultasikan dengan dokter atau apoteker untuk mendapatkan rekomendasi yang tepat.

7. Berkonsultasi dengan Dokter Gigi Damessa

Jika rasa sakit gigi berlubangmu tidak mereda atau semakin parah, segera berkonsultasi dengan dokter gigi. Mereka dapat memberikan perawatan yang sesuai dengan kondisimu, bahkan selama bulan Ramadan. 

Salah satunya kamu dapat berkunjung ke klinik gigi Damessa yang buka selama bulan Ramadan. Ada diskon hingga 60% untuk perawatan gigi tertentu. Di klinik Damessa, kamu tidak hanya bisa memeriksakan gigi berlubang saja, namun menyediakan semua perawatan gigi yang mungkin kamu butuhkan seperti scaling, behel gigi hingga implan gigi. Segera berkunjung ke klinik Damessa terdekat. Ingatlah bahwa kesehatan gigi dan mulut tetap penting selama bulan Ramadan. Jika kamu mengalami masalah yang serius dengan sakit gigi berlubang, jangan ragu untuk mencari bantuan medis yang tepat.Untuk konten menarik lainnya, Anda bisa cek di instagram Damessa Family Dental Care @damessa.dentalclinic 

Ditinjau oleh: drg. Yosia Christi Vesara Manurung, MBA

Merupakan dokter gigi lulusan pendidikan Dokter Gigi FKG Universitas Padjajaran yang berpraktek di Damessa Family Dental Care Cabang Kota Wisata, Cibubur. Selain aktif sebagai dokter gigi beliau juga merupakan seorang Manager Marketing Damessa yang merupakan lulusan S2 Master Of Bussiness Administration, Institut Teknologi Bandung.