12 Cara Meredakan Sakit Gigi Secara Alami, Mudah dan Ampuh!

Diperbarui: 16 Mar


wanita sakit gigi

Siapa yang tak merasa tersiksa saat sedang mengalami sakit gigi? Rasa nyeri yang begitu hebat seringkali berdampak pada suasana hati dan aktivitas sehari-hari seseorang. Maka dari itu, memahami beberapa cara meredakan sakit gigi mungkin akan membantumu dalam meminimalisir perasaan tidak nyaman yang diderita.


Jadi daripada ditahan-tahan begitu saja dan berpotensi semakin parah, segeralah atasi rasa sakit gigimu dengan beberapa cara berikut. Simak ulasan lengkapnya dalam artikel di bawah ini, ya!


12 CARA MEREDAKAN SAKIT GIGI DENGAN CEPAT

Apabila kamu penasaran bagaimana cara meredakan sakit gigi berlubang, maka berikut adalah beberapa rekomendasinya menurut para ahli.


1. Kompres dengan es

Cara meredakan sakit gigi berlubang yang pertama adalah dengan menggunakan kompresan air es. Metode satu ini dianggap ampuh guna mencegah atau mengurangi pembengkakan di sekitar gusi.


Kiat penggunaannya pun terbilang mudah, Sahabat Damessa hanya perlu menyiapkan satu buah kain atau handuk dan meletakkan beberapa es batu di dalamnya. Langkah selanjutnya adalah menempelkan kompresan tersebut ke bagian pipi yang dirasa bengkak selama kurang lebih 20 menit.


Perlu diingat bahwa cara meredakan sakit gigi dengan cepat satu ini akan lebih maksimal jika diaplikasikan setelah kamu mengonsumsi obat pereda nyeri, ya!


2. Berkumur dengan air garam

Salah satu cara meredakan sakit gigi pada anak maupun orang dewasa yang sudah diketahui khalayak ramai adalah berkumur menggunakan air garam. Metode satu ini dipercaya ampuh meringankan rasa nyeri pada gigi dan gusimu sebab komposisi di dalamnya hampir sama dengan desinfektan alami.


Selain sudah terbukti manjur, cara ini juga tergolong praktis karena bahan-bahannya bisa dibilang mudah ditemukan. Untuk membuat larutan air garam, kamu hanya perlu melarutkan ½ sendok teh garam pada segelas air hangat dan mengaduknya hingga tercampur rata.

Terakhir, berkumurlah menggunakan cairan tersebut selama 30 detik dan ulangi hingga beberapa kali.


3. Minyak cengkeh

Banyak ahli menjelaskan bahwa mengoleskan minyak cengkeh ternyata bisa dijadikan alternatif cara meredakan sakit gigi dengan cepat lho, Sahabat Damessa. Hal ini dikarenakan tingginya kandungan pereda nyeri, antibakteri, serta anti radang yang tak kalah bagus dengan senyawa kimia seperti eugenol.


Kamu bisa menerapkan cara meredakan sakit gigi berlubang ini dengan meneteskan campuran minyak cengkeh dan minyak zaitun pada satu lembar kapas khusus gigi (cotton ball). Setelah itu, letakkan kapas tersebut pada bagian gigi berlubang yang menjadi pusat nyeri. Kemudian, diamkan beberapa saat hingga dirasa kapas telah mengering.


4. Daun jambu biji

Tahukah Sahabat Damessa bahwa mengoleskan ekstrak daun jambu biji juga bisa dijadikan cara meredakan sakit gigi dengan cepat? Yup, hal ini dikarenakan daun jambu mengandung antimikroba, antiradang dan bersifat analgetik (anti nyeri) sehingga bisa diandalkan saat sakit gigi menyerang.


Caranya pun cukup mudah, kamu hanya perlu mencuci beberapa lembar daun jambu dan mengunyahnya hingga teksturnya melunak. Selanjutnya, oleskan daun jambu tersebut pada gigi yang dirasa nyeri. Selain dengan cara ini, kamu juga bisa merebus beberapa lembar daun jambu dan berkumur menggunakan air rebusan tersebut agar nyeri gigi lekas mereda.


Baca juga: Memutihkan Gigi dengan Pasta Gigi Charcoal, beneran ngga sih?


5. Kunyah bawang putih

Cara meredakan sakit gigi gusi bengkak selanjutnya adalah dengan mengunyah bawang putih. Metode satu ini dipercaya ampuh sebagai upaya membunuh bakteri pada karang gigi yang merupakan salah satu penyebab utama gigi menjadi sakit.


Untuk menerapkan cara berikut, kamu perlu menyiapkan satu siung bawang putih yang telah dicuci bersih. Kemudian, kamu bisa langsung mengunyahnya hingga halus menggunakan gigi yang dirasa nyeri. Apabila kamu tak sanggup, maka haluskanlah bawang putih terlebih dahulu sebelum mengoleskannya pada gigi.


6. Madu

Sahabat Damessa pasti tahu bahwa madu dapat menawarkan segudang manfaat, bukan? Nah, salah satunya adalah sebagai obat alami sakit gigi. Mengoleskan madu sebagai salah satu cara meredakan sakit gigi pada anak dan orang dewasa dianggap ampuh jika mengingat tingginya kadar antiseptik dan antibakteri di dalamnya.


Terlebih lagi, The Saudi Dental Journal pernah menjelaskan dalam penelitiannya bahwa madu juga bisa dijadikan alternatif pencegahan gingivitis (radang gusi) dan gigi berlubang. Metodenya pun terbilang mudah, kamu hanya perlu melarutkan satu sendok madu ke dalam air hangat dan berkumur menggunakan larutan tersebut selama 30 detik. Yuk, segera coba!


7. Peppermint

Peppermint ternyata juga bisa dijadikan bahan utama jika kamu ingin tahu bagaimana cara meredakan sakit gigi berlubang, lho. Selain merupakan metode yang ampuh, caranya pun terbilang mudah dan menyenangkan.


Pasalnya, kamu bisa menikmati cita rasa teh peppermint sembari mengobati sakit gigi. Cara membuatnya pun sama seperti teh lainnya sehingga akan memudahkanmu dalam prosesnya. Setelah tehnya habis, kamu bisa menggigit kantong teh peppermint agar rasa nyeri pada gigi lekas membaik.


8. Kunyah jahe

Selain sebagai bumbu dapur andalan, jahe juga dipercaya ampuh mengobati sakit gigi lho, Sahabat Damessa. Menurut para ahli, kandungan antibiotik di dalamnya terbilang cukup tinggi sehingga dapat mengurangi rasa nyeri dan tidak nyaman ketika gigi sedang sakit.


Caranya, kupas dan cuci bersih jahe terlebih dahulu. Kemudian, kunyah perlahan di sekitar area gigi yang nyeri. Beberapa ahli bahkan berpendapat bahwa mengunyah jahe selama 1-2 jam dapat mengurangi rasa sakit dan bengkak berkepanjangan.


Namun, jika dirasa kurang mampu mengunyahnya, kamu bisa menggeprek jahe terlebih dahulu dan menempelkannya langsung pada gigi, ya!


Baca juga: Memutihkan gigi atau membersihkan karang gigi,mana yang kamu perlukan?


9. Ekstrak vanila

Secara umum, ekstrak vanila terdiri atas berbagai macam komposisi bermanfaat, salah satunya alkohol. Nah, keberadaan alkohol dalam ekstrak vanilla dipercaya mampu membantu membunuh kuman di dalam rongga mulut.


Selain dapat bekerja aktif memusnahkan kuman, kandungan antioksidan di dalamnya juga mampu menyembuhkan nyeri pada gigi secara efektif, lho. Namun, perlu diingat bahwa jika kamu ingin menerapkan cara meredakan sakit gigi dengan cepat, maka hindari menggunakan vanilla imitasi ya, Sahabat Damessa!


10. Kunyit

Selain jahe, bumbu dapur satu ini juga dapat berperan aktif dalam mengurangi rasa nyeri pada gigi berlubang. Pasalnya, kunyit dipercaya kaya akan kandungan antibakteri dan anti-inflamasi sehingga bagus untuk mencegah adanya risiko peradangan.


Kamu bisa menggunakan bubuk kunyit yang telah dilarutkan dengan sedikit air dan mengoleskannya langsung pada gigi. Sebagai alternatif tambahan, kamu juga bisa mencampurkan madu ke dalamnya untuk mengurangi bau menyengat dari kunyit.


11. Minyak esensial thyme

Pernahkah Sahabat Damessa mendengar tanaman bernama thyme sebelumnya? Nah, tanaman satu ini ternyata juga terbukti manjur guna membantu meredakan rasa nyeri saat sakit gigi, lho.


Yup, salah satu tanaman herbal dari keluarga mint ini dipercaya mengandung tinggi antioksidan dan antibakteri. Oleh karena itu, kamu bisa menerapkan cara meredakan sakit gigi berlubang dengan berkumur atau mengoleskan 2-3 tetes minyak esensial thyme pada bola kapas dan meletakkannya pada bagian gigi yang sakit.


12. Minum obat pereda nyeri

Cara meredakan sakit gigi yang terakhir adalah dengan mengonsumsi obat pereda nyeri. Menurut informasi dari Medical News Today, beberapa jenis obat yang aman digunakan dalam kasus ini adalah ibuprofen atau paracetamol.


Selain dapat bekerja dengan cepat, kamu juga bisa menjumpainya dengan mudah di sejumlah apotek terdekat. Namun, perlu diingat bahwa dosis penggunaan obat pereda nyeri sebaiknya tetap diperhatikan, ya! Akan lebih baik jika kamu bisa menyempatkan diri untuk berkonsultasi dengan ahlinya terlebih dahulu.


LALU, KAPAN HARUS KONSULTASI KE DOKTER?

Apabila sakit gigi terus berlangsung tanpa henti hingga mengganggu aktivitasmu sehari-hari, maka kamu harus segera konsultasi ke dokter. Berikut adalah beberapa kondisi yang mewajibkan Sahabat Damessa untuk memeriksakannya.

  • Sakit gigi sangat parah hingga menimbulkan bengkak dan rasa sakit saat mengonsumsi sesuatu

  • Adanya tumpukan karang gigi yang menyebabkan peradangan parah pada gusi dan memperparah sakit gigi

  • Sakit gigi menjalar pada bagian lain di rongga mulut seperti timbul sariawan pada lidah, pinggiran mulut atau gusi

  • Sakit gigi terus berlangsung hingga menjadikan gigimu lebih sensitif terhadap suhu panas dan dingin

  • Adanya perubahan enamel pada gigi yang cukup ekstrem

  • Mulut menjadi sangat kering hingga menimbulkan berbagai gejala infeksi

Itulah beberapa cara yang bisa Sahabat Damessa ikuti untuk membantu meredakan rasa sakit gigi. Namun jika gejala dan kondisi yang dialami tidak kunjung membaik, segeralah periksakan diri ke dokter, ya. Kini, Damessa Family Dental & Skin Care telah hadir di 6 cabang, melayani pemeriksaan gigi dan kecantikan. Yuk buat temu janji secara online sekarang juga!


Baca juga: Perawatan Saluran Akar Penyelamat Saat Gigi Sakit. Yuk Kenali Lebih Jauh!


Referensi:

  1. Cleveland Clinic (2020). Toothache.

  2. Dodge, L. Very Well Health (2020). Causes of Tooth Pain and Treatment Options.

  3. Timmerman, A., & Parashos, P. (2020). Management of Dental Pain in Primary Care. Australian Prescriber, 43(2), pp. 39–44.

  4. WebMD (2020). An Overview of Toothaches.

  5. Cara Mengobati Sakit Gigi yang Terbukti dan Ampuh

  6. Ini Cara Meredakan Sakit Gigi yang Ampuh

38 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua