5+ Cara Merawat Gigi Palsu agar Tidak Bau Sekaligus Awet


Dokter gigi merawat gigi palsu pasiennya

Apabila Sahabat Damessa menggunakan gigi palsu, maka penting untuk mengetahui cara merawatnya. Jika sampai salah, bisa-bisa akan menimbulkan mulut bau tak sedap dan gigi mudah rusak. Nah, cara merawat gigi palsu yang benar akan kami bahas di bawah ini.


Sebenarnya, baik gigi palsu maupun asli tetap memerlukan perawatan. Namun ada treatment khusus yang harus diterapkan pada gigi palsu, misalnya seperti wajib membilas setelah pemakaian. Yuk simak selengkapnya!


Cara Merawat Gigi Palsu dengan Benar

Beberapa cara merawat gigi palsu yang benar adalah sebagai berikut.


1. Hindari makanan atau minuman keras dan panas

Jika Sahabat Damessa memiliki gigi palsu, perlu diketahui bahwa ada beberapa makanan dan minuman yang menjadi pantangan. Misalnya, makanan dan minuman panas serta bertekstur keras. Tak terkecuali permen karet.


Hal ini dikarenakan jenis makanan atau minuman tersebut dapat merusak bentuk gigi palsu. Oleh karena itu, sebaiknya kamu menanyakan ke dokter gigi apa saja makanan dan minuman yang diperbolehkan, ya.


2. Pakai pasta gigi khusus

Cara merawat gigi palsu selanjutnya adalah menggunakan pasta gigi khusus untuk gigi palsu. Hal tersebut dikarenakan pasta gigi biasa memiliki sifat yang abrasif terhadap gigi palsu kamu. Selain itu, pasta gigi biasa juga dapat membuat lubang kecil dan goresan pada gigi palsu.


Perlu diketahui, pasta gigi dengan kandungan pemutih tidak disarankan untuk pengguna gigi palsu. Sebab kandungan kimia yang ada di dalamnya bisa merusak dan menjadikan gigi palsu kamu rapuh.


3. Harus berhati-hati saat memegangnya

Gigi palsu merupakan gigi yang sensitif. Oleh karena itu, cara merawat gigi palsu permanen adalah dengan berhati-hati saat memegangnya. Pasalnya, sedikit terkena benturan atau jatuh, gigi palsu bisa saja patah atau pecah. Untuk mengakalinya, Sahabat Damessa dapat mencuci gigi palsu di dalam wadah air atau melapisi wastafel dengan handuk.


4. Rendam dengan air ketika tidak digunakan atau setiap malam hari

Cara merawat gigi palsu lepasan lainnya adalah merendamnya dengan air. Sahabat Damessa bisa merendamnya dengan air campuran larutan pembersih khusus gigi palsu selama semalaman. Kemudian bersihkan kembali jika ingin menggunakannya lagi.


Dalam merendam gigi palsu, pastikan menggunakan air biasa dan hindari air panas, ya. Sebab jika menggunakan air panas, gigi palsu bisa mengalami perubahan bentuk dan bahkan berlubang.


5. Rutin membersihkan gigi palsu

Berikutnya adalah rutin membersihkan gigi palsu. Saat memiliki gigi palsu, perlu diketahui bahwa Sahabat Damessa harus membersihkannya secara ekstra agar tidak mengalami perubahan bentuk. Di samping itu, kamu juga harus sering membersihkan rongga mulut agar tidak mengalami iritasi dan mencegah bau mulut.


6. Rutin melakukan kontrol

Rutin melakukan kontrol adalah salah satu cara merawat gigi palsu tanam. Caranya sangat mudah. Sahabat Damessa dapat mengunjungi dokter gigi untuk mengecek apakah gigi palsu yang digunakan harus diganti atau tidak. Selain itu, kamu juga bisa melakukan pengecekan gigi asli setidaknya 2 kali dalam setahun.


Baca juga: Apakah Gigi Bungsu Harus Dicabut? Begini Penjelasannya


Cara Membersihkan Gigi Palsu

Meskipun menggunakan gigi palsu, plak dan sisa makanan pastinya juga akan menempel sama seperti pada gigi asli kamu. Plak gigi merupakan lapisan lengket dari bakteri yang terdapat pada gigi palsu dan gigi asli setelah makan dan minum.


Jika kamu tidak membersihkan gigi palsu, hal tersebut dapat menyebabkan plak menumpuk sehingga berisiko menyebabkan penyakit gusi dan bau mulut. Oleh karena itu, pembersihan secara teratur perlu dilakukan guna menjaga kesehatan mulut kamu.

Adapun alat-alat yang diperlukan untuk membersihkan gigi palsu adalah sebagai berikut:

  • Air

  • Handuk lembut

  • Sikat gigi berbulu lembut

  • Larutan pembersih gigi palsu

Berikut langkah-langkah untuk membersihkan gigi palsu:

  • Letakkan handuk lembut sebagai alas gigi palsu.

  • Kemudian, lepaskan gigi palsu dari mulut dan bilas dengan air hangat.

  • Setelahnya, kamu bisa gunakan sikat gigi berbulu lembut untuk menggosoknya dengan lembut.

  • Setelah menggosoknya, bilas gigi palsu dengan air hangat.

  • Rendam gigi palsu dengan air jika ingin tidur. Pastikan gigi palsu tidak kering semalaman karena dapat menyebabkan perubahan bentuk.

  • Di pagi hari, bilas gigi palsu tersebut sebelum dipakai.

Seberapa Sering Gigi Palsu Perlu Dibersihkan?

Buat Sahabat Damessa yang bertanya-tanya seberapa sering gigi palsu perlu dibersihkan, jawabannya adalah dua kali sehari, yaitu saat bangun tidur di pagi hari dan sebelum tidur di malam hari. Jangan lupa untuk selalu rendam gigi palsu dengan air dan larutan pembersih gigi setiap malam.


Selain menjaga kebersihan gigi palsu, cara merawat gigi palsu permanen agar tidak bau yaitu dengan rajin membersihkan gusi dan lidah sebanyak dua kali sehari dengan tujuan agar terhindar dari penyakit gusi dan mencegah bau mulut.


Nah, itu dia penjelasan mengenai bagaimana cara merawat gigi palsu permanen maupun lepasan agar tidak mudah rusak dan menimbulkan bau. Jika ingin berkonsultasi atau melakukan pemeriksaaan berkala, kamu bisa mengunjungi klinik Damessa terdekat di daerah kamu!


Baca juga: Apa itu Aligner? Ini Perbandingannya dengan Behel Gigi


Referensi

  1. How to Care for Your Dentures - Buka

  2. How to Take Care of Dentures - Buka

  3. 6 Cara Merawat Gigi Palsu yang Perlu Diketahui - Buka

6 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua