Begini Cara Menyikat Gigi yang Baik dan Benar, Jangan Asal!


menyikat gigi

Nyeri pada gigi umumnya sangat mengganggu, sehingga salah satu upaya meredakan sakit gigi adalah dengan menerapkan cara menyikat gigi yang benar. Jika sampai salah, maka rasa nyeri tersebut bisa makin bertambah.


Selain itu, cara menyikat gigi yang benar akan membantu Anda dalam menjaga kesehatan gigi. Lalu, apakah selama ini cara Anda sudah menyikat gigi dengan benar? Yuk temukan jawabannya dalam artikel berikut ini.


Kenapa Perlu Menyikat Gigi?

Bagaimana cara menyikat gigi yang benar dilakukan tidak terbatas hanya untuk menjaga kebersihan gigi, melainkan juga sebagai cara menjaga kesehatan badan. Sebab lubang maupun infeksi pada gigi menjadikannya rawan terhadap masuknya kuman ke pembuluh darah yang dapat menyebar dan berpotensi mengganggu kesehatan jantung maupun liver [1].


Walau 94.17% dari warga Indonesia sudah menyikat gigi dua kali sehari, data dari Kementerian Kesehatan RI dalam Riset Kesehatan Dasar 2018 menunjukkan hanya 2.8% di antaranya yang menyikat gigi dengan teknik yang benar.


Pada dasarnya, hal yang perlu Anda perhatikan ketika menyikat gigi adalah waktunya. Jika Anda menyikat gigi saat mandi di pagi hari namun setelahnya Anda sarapan, maka kuman akan melekat di gigi Anda. Jadi, saat terbaik untuk menyikat gigi adalah setelah makan pagi dan sebelum Anda tidur di malam hari.


Cara Menyikat Gigi yang Benar secara Urut

Guna menjaga gigi kamu tetap sehat, menyikat gigi dengan cara yang benar dan urut menjadi hal yang esensial.


Bahan dan alat dalam rutinitas menyikat gigi adalah sikat gigi, pasta gigi dan air. Lalu bagaimana cara menyikat gigi yang benar menurut WHO? Berikut urutan efektif dan sesuai dengan tipe sikat gigi serta jenis giginya.


Cara menyikat dengan sikat gigi standar

Urutan cara menyikat gigi yang benar dengan sikat gigi standar adalah berikut:

  • Pastikan sikat gigi berada dalam posisi 45 derajat dari gusi

  • Maju dan mundurkan dengan perlahan dan dalam gerakan pendek

  • Untuk menyikat gigi dalam depan, gunakan ujung sikat gigi lalu gerakkan ke atas dan ke bawah

  • Jangan lupa untuk menyikat bagian lidah secara lembut supaya bakteri menghilang dan menjaga kesegaran nafas

Cara menyikat dengan sikat gigi elektrik

Beberapa dari Sahabat Damessa mungkin lebih nyaman menggunakan sikat gigi elektrik. Lalu bagaimana cara menyikat gigi yang benar dengan alat satu ini? Berikut urutannya:

  • Letakkan sikat gigi dalam posisi 45 derajat dari dan nyalakan

  • Perlahan gerakkan sikat beralih dari permukaan gigi satu ke gigi lainnya

  • Seperti menggunakan sikat gigi standar, sikat bagian lidah secara perlahan

Baca juga: Bolehkah Sikat Gigi Saat Puasa, Berikut Penjelasannya


Cara Menyikat Gigi yang Benar untuk Anak-Anak

Membangun kebiasaan urutan cara menyikat gigi yang benar sangatlah penting bagi anak-anak. Sebab, gigi susu yang dimilikinya rentan rusak setelah keluar dari garis gusi.


Selain itu, sebaiknya anak di bawah umur 3 tahun menggunakan pasta gigi yang minim kandungan fluoride atau tidak ada fluoride sama sekali. Hal ini dikarenakan kandungan zat tersebut dapat menyebabkan fluorosis yaitu munculnya bercak-bercak putih pada gigi.


Lalu bagaimana cara menyikat gigi yang benar untuk anak-anak? Berikut langkahnya:

  • Gunakan sikat gigi untuk anak-anak yang berukuran lebih kecil dengan bulu sangat lembut dan sedikit pasta gigi (seukuran satu biji beras untuk batita dan satu biji kacang polong untuk anak di atas tiga tahun)

  • Perlahan sikat seluruh permukaan gigi dan gusi dimana gigi akan tumbuh

  • Pastikan juga untuk membersihkan lidah si kecil

  • Terakhir, latih buah hati untuk membangun kebiasaan membersihkan mulut dan meludahkan sisanya

Cara Memilih Sikat dan Pasta Gigi yang Cocok

Tak hanya memperhatikan cara menyikat gigi yang benar, namun kamu juga harus bisa memilih sikat dan pasta gigi yang cocok dengan kondisi gigimu. Sikat dan pasta gigi yang sesuai akan memberikan hasil lebih efektif untuk menjaga kesehatan dan kebersihan mulut.


Cara memilih sikat yang baik

Sikat gigi merupakan alat yang digunakan untuk membersihkan gigi kamu. Maka dari itu, ada dua hal yang perlu kamu cermati ketika hendak memilih sikat gigi.

  1. Pastikan sikat gigi memiliki bulu yang lembut. Sebab bulu yang terlalu keras berpotensi melukai gusi kamu maupun bagian mulut lainnya.

  2. Pilih sikat gigi dengan ukuran yang pas. Sikat gigi yang cocok dengan gigimu akan lebih mudah menjangkau kotoran-kotoran dalam mulut dan melindungi dari tusukan-tusukan bagian sikat gigi yang terlalu besar sehingga menyakiti gusi dan gigi.

Cara memilih pasta gigi yang baik

Beberapa hal bisa kamu lakukan untuk memastikan pasta gigi tersebut cocok dalam urutan cara menyikat gigi yang benar. Selain itu, kamu juga bisa menyesuaikan jenis pasta gigi dengan permasalahan mulut maupun gigi yang sedang kamu alami.


1. Memiliki kandungan fluoride

Fluoride adalah kandungan yang dapat melindungi gigi dari kerusakan sekaligus membasmi bakteri. Kamu bisa mengecek kandungan fluoride dalam pasta gigi di bagian komposisinya.


2. Hindari penggunaan pasta gigi dengan zat iritan

Beberapa kandungan dalam pasta gigi dapat membuat kamu iritasi maupun alergi. Adapun yang termasuk zat iritan adalah triclosan, natrium lauril sulfat dan asam sitrat.


3. Mengecek kandungan zat aktif pasta gigi

Zat aktif selain fluoride juga bisa membantu mengatasi masalah-masalah oral seperti gigi sensitif dan kurang segar. Salah satu contohnya adalah bahan abrasi seperti kalsium karbonat dan silika. Bahan berikut dapat membersihkan bakteri, sisa makanan dan juga noda pada gigi.


4. Pastikan produk mempunyai stiker organisasi kesehatan gigi terkemuka

Stiker organisasi kesehatan gigi terkemuka yang tertempel pada kemasan pasta gigi menandakan komposisi pasta gigi tersebut telah sesuai standar untuk kesehatan gigi yang optimal. Jadi, pastikan memilih produk pasta gigi yang mempunyai stiker ini ya, Sahabat Damessa!


Itulah rangkuman mengenai bagaimana cara menyikat gigi yang benar. Jadi, apakah selama ini kamu sudah melakukannya dengan benar? Setelah mengetahuinya, pastikan kamu menerapkan cara-cara di atas, ya!


Menjaga kesehatan gigi sangat penting karena fungsi organ ini cukup krusial. Apabila kamu mengalami gangguan pada gigi, jangan ragu untuk segera mengunjungi klinik Damessa terdekat. Anda juga bisa membuat janji temu secara online dengan dokter terbaik kami.


Baca juga: Gigi Susu Akan Berganti Gigi Tetap, Apa Perlu Ditambal?


Referensi:

  1. de Oliveira, Cesar, Richard Watt, and Mark Hamer. "Toothbrushing, Inflammation, and Risk of Cardiovascular Disease: Results from Scottish Health Survey." BMJ : British Medical Journal (Online) 340, (May 27, 2010). doi:http://dx.doi.org/10.1136/bmj.c2451. - Buka

  2. How to Brush Your Teeth Properly - Buka

  3. Jangan Asal-asalan, Begini Cara Menyikat Gigi yang Tepat - Buka

  4. Begini Cara Menyikat Gigi yang Benar - Buka

  5. Langkah-Langkah Menyikat Gigi Dengan Benar - Buka

  6. Kesehatan Gigi Jadi Kunci Kesehatan Tubuh Secara Menyeluruh - Buka

  7. Should You Be Worried About Fluoride Toothpaste? - Buka

21 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua