13 Cara Menghilangkan Milia di Wajah yang Aman Secara Alami


milia di wajah

Untuk mengembalikan performa wajah mulus nan sehat, tentu kamu perlu mengetahui cara menghilangkan milia di wajah secara alami. Milia atau kista keratin kecil satu ini umumnya terdapat pada area wajah tepatnya di bagian sekitar mata dan pipi.


Namun, sebelum terburu-buru pergi ke dokter kecantikan, ternyata ada beberapa cara menghilangkan milia secara alami yang bisa kamu coba di rumah, lho! Yuk, simak tuntas artikel berikut untuk tahu rahasiany


Apa itu Milia?

Beberapa dari kamu mungkin belum pernah mendengar istilah milia dan masih bingung mengenai kondisi satu ini. Secara singkat, milia adalah bintik kecil pada wajah yang bentuknya menyerupai jerawat batu jika dilihat sekilas.


Namun, kamu tidak boleh salah mengartikan karena pada dasarnya milia bukanlah jerawat maupun komedo, ya! Meski kondisi kulit ini tidak menimbulkan rasa sakit apapun, kehadirannya tentu saja cukup mengganggu penampilanmu dalam menjalani keseharian, terlebih jika jumlahnya banyak dan menonjol.


Menurut kacamata kesehatan, milia adalah jenis kista keratin berukuran kecil yang biasanya muncul pada bagian sekitar mata dan pipi dengan warna putih atau cream pucat.

Umumnya, milia merupakan kondisi umum pada anak bayi, namun tidak menutup kemungkinan kamu juga bisa memilikinya karena keturunan, trauma fisik tertentu, atau adanya peradangan pada kulit.


Demi meminimalisir munculnya milia yang mengganggu performa kulit cantikmu, yuk terapkan sejumlah cara menghilangkan milia di wajah secara alami di bawah ini dengan rutin!


Cara Menghilangkan Milia di Wajah Secara Alami

Sebelum memeriksakannya ke dokter kulit, Sahabat Damessa sebaiknya mencoba terlebih dahulu cara menghilangkan milia dengan bahan alami dan mudah ditemui. Berikut selengkapnya.


1. Gunakan pembersih khusus

Mengingat bahwa milia kerap kali muncul di sekitar mata, kamu sebaiknya berhati-hati saat hendak mengobatinya, ya. Salah satu cara menghilangkan milia di bawah mata yang aman adalah dengan mengaplikasikan pembersih khusus.


Artinya, kamu disarankan menggunakan double cleanser ketika tengah membersihkan wajah. Namun, pastikan untuk menggunakan pembersih khusus yang lembut agar cara menghilangkan milia di wajah bisa membuahkan hasil optimal.


2. Menggunakan produk eksfoliasi gentle

Cara menghilangkan milia di wajah secara alami selanjutnya adalah dengan rajin eksfoliasi. Praktik ini dipercaya sebagai salah satu cara ampuh dan jitu guna menghempas milia yang mengganggu di wajah, lho.


Namun, kamu sebaiknya mengutamakan produk eksfoliasi dengan kandungan salicylic acid dan BHA yang bersifat lembut, ya. Selain itu, pemilihan eksfoliator juga tidak boleh sembarangan agar matamu tidak merasakan gejala perih atau gatal sehabis pemakaian.


3. Rutin membersihkan wajah

Cara menghilangkan milia di wajah secara alami yang kerap kali disepelekan adalah rutin membersihkan wajah. Seperti dikatakan sebelumnya, milia ternyata bisa sembuh secara perlahan apabila wajahmu selalu dalam kondisi bersih.


Hal ini dikarenakan lapisan kulit teratas akan terkikis bersamaan dengan lunturnya kotoran di wajah. Oleh karena itu, milia jadi semakin mudah untuk naik ke permukaan kulit dan akhirnya keluar.


Namun, cara menghilangkan milia di wajah ini dianggap cukup menguras waktu sehingga membutuhkan ketelatenan dan kesabaran yang tinggi. Apakah kamu siap?


Baca juga: Kulitmu belum terasa sehat? Inilah urutan membersihkan muka yang wajib kamu ikuti!


4. Gunakan eye cream ringan

Tahukah kamu bahwa terkadang milia disebabkan oleh penggunaan eye cream dengan tekstur berat dan dipakai secara berlebihan? Yup, oleh karena itu, mengganti produk eye cream bisa dijadikan cara menghilangkan milia dengan cepat.


Sebagai gantinya, utamakanlah krim mata dengan tekstur gel atau serum sehingga kulit tidak terlalu terbebani. Supaya cara menghilangkan milia di wajah satu ini dapat memberi efek maksimal, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu mengenai kandungan eye cream yang sesuai.


5. Gunakan produk berbahan dasar retinol

Menggunakan produk skincare berbahan dasar retinol juga bisa dijadikan cara menghilangkan milia di bawah mata yang tak kalah manjur lho, Sahabat Damessa. Kandungan ini dapat bekerja ampuh apabila kamu mengimbanginya dengan eksfoliasi wajah secara rutin.


Selain retinol, ada baiknya kamu menggunakan perawatan wajah dengan komposisi penting lainnya seperti adapalene, retinaldehyde, atau tretinoin guna mempercepat tumbuhnya sel kulit baru agar milia juga ikut memudar.


6. Memakai masker madu manuka

Pernahkah Sahabat Damessa mendengar jenis madu manuka sebelumnya? Diketahui bahwa memakai masker madu manuka dipercaya bisa menjadi opsi pengganti eksfoliasi secara alami, lho.


Tak hanya itu, cara menghilangkan milia di wajah satu ini juga dapat diaplikasikan guna memperbaiki tekstur kasar pada permukaan kulit yang kerap kali menurunkan performa cantikmu saat menggunakan make up.


Mengingat bahwa praktik ini termasuk cara menghilangkan milia secara alami, caranya pun terbilang cukup mudah. Kamu hanya perlu mencampurkan 3 sdm madu manuka dengan 1 sdm kayu manis dan memanaskannya selama 30 detik dalam microwave. Terakhir, oleskan cairan masker tersebut secara merata di wajahmu.


7. Jangan memencet milia

Saat menyadari keberadaan milia, wajar jika kamu merasa risih sehingga timbul rasa ingin menyentuhnya berkali-kali. Namun, salah satu cara menghilangkan milia di wajah dan mencegahnya menyebar ke seluruh permukaan kulit justru adalah dengan tidak memencetnya.


Kebiasaan memencet milia dipercaya dapat menimbulkan bintik hitam sehingga memperburuk tampilan wajahmu. Hal ini disebabkan karena rusaknya jaringan permukaan kulit akibat infeksi atau bekas luka. Selain tidak memencet milia, kamu juga harus pastikan tanganmu bersih sebelum menyentuh wajah, ya!


8. Uap wajah

Cara menghilangkan milia di wajah secara alami selanjutnya yang bisa Sahabat Damessa lakukan di rumah adalah melakukan uap wajah. Seperti namanya, kamu hanya perlu memposisikan wajah di atas uap air panas selama beberapa saat.


Uap wajah ini dipercaya mampu mencegah risiko iritasi dengan membuka pori-pori kulit yang tersumbat sehingga milia pun akan ikut kempes.


9. Rutin memakai sunscreen

Bukan hanya mencegah tanda-tanda penuaan seperti flek hitam, rajin memakai sunscreen juga bisa jadi cara menghilangkan milia di wajah secara alami, nih. Agar wajah terasa nyaman sepanjang hari, kamu bisa mengutamakan produk sunscreen dengan tekstur gel ringan dan mudah menyerap di kulit.


Baca juga: Noda hitam di wajah? Apa bisa hilang?


10. Menggunakan air mawar

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, milia kerap kali muncul akibat adanya reaksi peradangan di kulit wajah. Nah, salah satu solusi cara menghilangkan milia di wajah secara alami adalah menggunakan air mawar atau rose water.


Para ahli menyebutkan bahwa air mawar mengandung ekstrak asli bunga mawar yang mampu menawarkan berbagai manfaat seperti melembabkan kulit, mencegah penuaan dini hingga meredakan peradangan yang memicu munculnya milia.


Namun, kamu sebaiknya berhati-hati ketika mengaplikasikannya pada area sekitar mata sebab air mawar dapat menyebabkan iritasi berkepanjangan.


11. Jangan gunakan lemon

Meski belakangan kerap terdengar rumor bahwa lemon dapat menghilangkan milia, hal itu sebaiknya kamu hindari, ya! Pasalnya, cairan asam pada lemon dipercaya mampu menimbulkan sejumlah reaksi iritasi yang akan memperburuk kondisi wajahmu.


Tak hanya itu, cara menghilangkan milia secara alami satu ini juga dapat memunculkan sejumlah gejala seperti kulit kemerahan, rasa gatal menyengat, serta luka mengelupas terlebih bagi kamu yang memiliki tipe kulit sensitif dan berminyak. Jadi, hati-hati!


12. Jangan gunakan pasta gigi

Bukan hanya lemon, banyak orang beranggapan bahwa memakai pasta gigi juga bisa dijadikan teknik atau cara menghilangkan milia dengan cepat. Padahal, hal ini ternyata cukup dilarang dalam dunia medis lho, Sahabat Damessa.


Meski tingkat abrasif pada pasta gigi tidak setinggi lemon, pemakaiannya secara langsung di kulit wajah dipercaya mampu menimbulkan iritasi berkelanjutan karena kandungan menthol dan triclosan-nya yang tinggi.


13. Jangan scrub wajah dengan gula

Cara menghilangkan milia dengan bahan alami seperti scrub gula atau garam juga perlu kamu hindari. Pasalnya, kedua penyedap rasa ini mempunyai tekstur sangat kasar jika harus digosokkan pada kulit wajah.


Beberapa ahli bahkan menegaskan bahwa scrub wajah menggunakan gula dapat meningkatkan risiko terjadinya micro tears (luka-luka kecil) yang susah hilang dan malah akan membuat kondisi wajahmu lebih buruk dari semula.


Nah, itulah beberapa cara menghilangkan milia di wajah secara alami dan cepat. Agar hasilnya semakin maksimal, kamu juga disarankan untuk menerapkan pola hidup sehat dan rutin menjaga kebersihan wajah, ya!


Selain itu, kamu bisa berkonsultasi dengan pakar kecantikan di Damessa guna memeriksa kondisi kulitmu secara rutin agar semakin cantik, bersih dan bercahaya. Yuk, sayangi kulitmu mulai sekarang!


Baca juga: Kulit wajah berminyak? Simak tips membersihkan wajah khusus untuk tipe kulitmu!


Referensi:

  1. Milia - Buka

  2. 5 Cara Mudah dan Aman Menghilangkan Milia - Buka

  3. 6 Cara Menghilangkan Milia dengan Cepat dan Tepat - Buka

  4. 12 Cara Menghilangkan Milia dengan Mudah dan Aman - Buka

7 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua