9 Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami, Efektif!


Karang gigi adalah salah satu masalah yang sangat sering dialami oleh kebanyakan orang. Kerap disepelekan, kondisi ini penting untuk diperhatikan secara khusus supaya tidak berdampak kepada kerusakan gigi yang lebih parah di kemudian hari. Nah sebenarnya, ada banyak cara menghilangkan karang gigi secara alami yang bisa kamu lakukan.


Kamu bisa memanfaatkan berbagai macam alat dan produk sederhana yang sangat mudah untuk ditemukan. Penasaran kan? Yuk simak lebih lanjut ulasan berikut ini seputar cara menghilangkan karang gigi secara alami.


CARA MENGHILANGKAN KARANG GIGI SECARA ALAMI

Selain menyikat gigi secara rutin, masih ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan untuk membersihkan karang gigi secara alami. Sebut saja mencuci mulut dengan obat kumur, menggunakan benang khusus, dan lain-lain.


1. Periksakan Gigi ke Dokter Gigi Setiap 6 Bulan Sekali

Sahabat Damessa tentu sudah tahu jika pengecekan gigi sebaiknya dilakukan setiap 6 bulan sekali. Ya, meskipun mungkin ada beberapa kasus yang mengharuskan kamu untuk melakukan check up lebih dari 1 kali sebulan.


Tapi, apa sebenarnya alasan di balik pemeriksaan gigi 6 bulan sekali? Selain untuk mengecek apakah ada gigi berlubang, dokter gigi juga akan melihat apakah terdapat plak-plak menempel. Di mana plak-plak ini akan menebal apabila tidak segera dibersihkan.


Nah, inilah salah satu cara terbaik untuk mencegah timbulnya karang gigi dan masalah gigi dan mulut lainnya. Jadi, jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan gigi yang rutin ya sahabat Damessa!


2. Menyikat Gigi Secara Rutin

Bagaimana cara menghilangkan karang gigi secara alami? Ya, tentu saja jalan paling utama adalah dengan rajin menyikat gigi. Hal ini perlu dilakukan secara rutin untuk mendapat hasil maksimal. Kamu dapat melakukannya sebanyak dua kali sehari, di pagi hari setelah sarapan dan di malam hari sebelum tidur.


Untuk membersihkan karang gigi dengan efektif, sikat gigi kamu selama dua menit. Dengan pembagian menyikat selama 30 detik di masing-masing bagian gigi: dari samping kanan, kiri, depan, dan dalam.


3. Menyikat Gigi dengan Teknik yang Benar

Menyikat gigi sehari-hari adalah hal mendasar untuk menjaga kebersihan gigi. Namun, agar optimal, menyikat gigi juga perlu dilakukan dengan cara yang benar. Apakah sahabat Damessa sudah tahu tekniknya?


Mudah saja. Lakukan dengan gerak memutar atas dan bawah. Dimulai dari gigi bagian belakang atau geraham, sisi kiri ataupun kanan. Ingat untuk tidak menyikat begitu keras, karena berisiko merusak enamel (permukaan) gigi lalu membuatnya menjadi sensitif.


Baca juga: Memutihkan Gigi dengan Pasta Gigi Charcoal, beneran ngga sih?


4. Membersihkan Gigi dengan Benang Khusus

Cara menghilangkan karang gigi secara alami dan cepat selanjutnya adalah melakukan pembersihan menggunakan benang khusus atau disebut flossing. Cara ini ditujukan untuk mengangkat plak yang letaknya di sela-sela gigi.


Dengan menggunakan benang, kamu dapat mengenai kotoran yang tidak terjangkau oleh sikat gigi saja. Lakukan teknik ini secara rutin setelah menggosok gigi.


5. Mencuci Mulut Menggunakan Obat Kumur

Cara menghilangkan karang gigi secara alami dan cepat lainnya adalah menggunakan obat kumur. Obat kumur menjadi salah satu langkah praktis untuk mengangkat kotoran sisa-sisa makanan yang berada di gigi. Obat kumur juga bisa memberikan aroma segar pada napas kita.


6. Mengunyah Buah-Buahan Berserat dan Berair

Cara menghilangkan karang gigi secara alami dan cepat lainnya adalah dengan mengunyah buah-buahan yang memiliki kandungan serat dan air tinggi. Termasuk di antaranya adalah buah stroberi, buah apel, buah semangka dan buah jambu biji.


Dalam ranah kesehatan gigi, mengunyah buah berserat dan berair termasuk ke dalam kegiatan pembersihan mandiri atau self-cleansing, dan terbukti efektif menurunkan jumlah kotoran di gigi.


7. Berhenti Merokok

Merokok dapat memicu terbentuknya karang gigi berwarna hitam, juga menjadikan gigi kuning dan bau mulut. Kandungan kimia di dalam rokok tersebut yang dapat memicu berbagai permasalahan untuk area mulut dan gigi.


Sehingga bukan hanya dengan kegiatan pembersihan saja, untuk dapat menghilangkan karang gigi secara alami dan cepat juga sebaiknya dibarengi dengan berhenti merokok.


Baca juga: Karang Gigi, apa bisa dibersihkan sendiri?


8. Konsumsi Makanan dan Minuman yang Mengandung Vitamin C

Vitamin C menjadi salah satu cara membersihkan karang gigi secara alami. Ia juga berperan penting dalam menjaga kesehatan serta kebersihan gigi dan mulut. Cukupi asupan vitamin C sehari-hari untuk memiliki gigi yang bersih dan sehat.


Caranya dapat dengan mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung vitamin C, atau juga menggunakan sari buah bervitamin C untuk menyikat gigi.


9. Rajin Minum Air Putih

Rupanya, kelembaban mulut juga bisa menjaga kebersihan gigi dan mulut dari plak sisa-sisa makanan. Untuk itu, rajin minum air putih menjadi cara jitu menghilangkan karang gigi secara alami. Dengan asupan cairan yang cukup, air liur di dalam mulut dapat bekerja maksimal menjaga dan membersihkan mulut dari karang gigi.


Nah, itulah ulasan seputar cara menghilangkan karang gigi secara alami yang bisa Sahabat Damessa lakukan. Perlu diingat bahwa karang gigi sebenarnya hanya bisa dihilangkan dengan prosedur pembersihan karang gigi di dokter. Namun, tak ada salahnya juga mencoba cara-cara di atas sebagai bentuk upaya pencegahan menebalnya karang gigi.


Jadi, yuk jaga kesehatan gigi dengan baik dan periksakan gigi dan mulut kamu ke dokter secara rutin setiap 6 bulan sekali. Masih bingung mencari dokter gigi untuk dituju? Jatuhkan pilihanmu pada Damessa! Buat janji temu dengan dokter secara online di mana dan kapan pun kamu berada!


Baca juga: Mengapa perawatan gigi menjadi terbatas saat wabah COVID-19 ?


Referensi:

  1. http://ejurnal.poltekkestasikmalaya.ac.id/index.php/jikg/article/view/767

  2. http://ejurnal.poltekkestasikmalaya.ac.id/index.php/jikg/article/view/523

  3. Catat, Ini 7 Cara Sederhana Membersihkan Karang Gigi

  4. Beragam Cara Jitu untuk Menghilangkan Karang Gigi

  5. 11 Cara Membersihkan Karang Gigi Sendiri di Rumah, Ampuh dengan Bahan Mudah Didapat

17 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua