8 Cara Menghilangkan Bau Mulut Karena Gigi Berlubang


Pria memegang hidung karena bau mulut

Bau mulut dapat terjadi karena banyak sebab. Mulai dari kebersihan mulut dan gigi yang tidak terjaga, konsumsi makanan atau minuman tertentu, sampai permasalahan pada mulut seperti gigi berlubang. Lantas bagaimana cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang?


Terdapat berbagai cara mengatasi bau mulut karena gigi berlubang yang dapat kamu lakukan. Berikut telah Damessa rangkum dari berbagai sumber. Yuk, simak selengkapnya artikel di bawah ini!


Cara Menghilangkan Bau Mulut Karena Gigi Berlubang

Selain menyebabkan rasa tak nyaman, bau mulut karena gigi berlubang juga dapat memberikan efek tidak percaya diri. Jangan khawatir, simak berbagai cara mengatasi bau mulut karena gigi berlubang di bawah ini untuk mengembalikan kesehatan mulut dan gigi kamu.


1. Merawat gigi yang berlubang

Cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang yang paling manjur adalah dengan merawatnya di klinik gigi. Cara berikut efektif lantaran gigi berlubang penyebab bau mulut dapat langsung diselesaikan sehingga meminimalisir masalah bau mulut di masa depan. Berikut beberapa teknik untuk merawat gigi berlubang.

  • Perawatan akar gigi. Teknik ini dilakukan pada gigi berlubang yang parah dan telah merusak saraf. Caranya adalah dengan membuang jaringan membusuk dan memberikan perawatan pada akar gigi dan gigi.

  • Prosedur tambal gigi. Perawatan ini meliputi pengisian gigi berlubang dengan bahan khusus seperti komposit resin, porcelain atau amalgam.

  • Prosedur cabut gigi. Jika gigi berlubang sudah dalam tahap parah dan tidak bisa dirawat, maka dokter akan melakukan pencabutan gigi.

2. Rutin periksa ke dokter gigi

Dengan mengunjungi dokter gigi secara rutin setiap enam bulan sekali, kamu dapat mencegah bau mulut karena gigi berlubang, lho! Hal ini dikarenakan perawatan dan tindakan yang cocok untuk masalah bau mulut akan didiskusikan bersama dokter gigi.


Selain itu, sesi konsultasi ini juga berguna dalam melakukan pemeriksaan tambahan untuk memastikan bau mulut disebabkan oleh gigi berlubang dan bukan karena penyakit lain seperti infeksi gusi (periodontitis)1, radang amandel, diabetes, sinus, pneumonia atau efek samping obat yang sedang dikonsumsi.


3. Berkumur dengan mouthwash dan membersihkan lidah

Salah satu cara mengatasi bau mulut karena gigi berlubang adalah dengan menggunakan mouthwash untuk berkumur dan menjaga kebersihan lidah. Berkumur-kumur dengan larutan yang tidak mengandung alkohol dan menyikat permukaan lidah dapat membantu membasmi kuman dan sisa makanan penyebab bau mulut yang kamu alami.


4. Menjaga kebersihan mulut dan gigi

Memiliki rutinitas menjaga kebersihan mulut dan gigi adalah cara alami menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang yang mudah dilakukan. Jika kamu jarang melakukannya, kuman akan mudah berkembang dan memperparah bau mulut. Selain menyikat gigi dua kali sehari, gunakan benang gigi untuk mengambil sisa-sisa makanan, ya.


Pemakaian pasta gigi khusus untuk gigi berlubang, berkumur dengan larutan antiseptik serta tidak lupa membersihkan lidah juga merupakan kebiasaan menjaga kebersihan mulut dan gigi yang baik guna mencegah bau mulut.


Baca juga: Begini Cara Menyikat Gigi yang Baik dan Benar, Jangan Asal!


5. Mencukupi kebutuhan air putih

Cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang dengan bahan alami adalah memenuhi kebutuhan air putih setiap harinya. Minum air putih bisa membantu membersihkan mulut dari sisa-sisa kotoran yang terselip dan menjaga kelembabannya. Selain itu, rutin mengonsumsi air putih membantu mencegah zat asam untuk mengikis permukaan gigi, lho!


6. Kurangi minum kopi dan alkohol

Kebiasaan mengonsumsi kopi oleh sebagian orang bertujuan untuk memberikan semangat dan mengurangi rasa ngantuk. Namun, ada baiknya kamu mengurangi kafein sebagai cara menghilangkan bau mulut. Sebab, kandungan sulfur yang terdapat dalam kopi justru menyebabkan bau tidak sedap pada mulut kamu.


Selain kafein, hindari pula konsumsi alkohol, karena kandungan bakteri jahat di dalamnya dapat menyebabkan bau mulut. Selain itu, alkohol memiliki kadar asam tinggi sehingga bisa memicu asam lambung naik ke tenggorokan dan mengakibatkan bau tak sedap pada mulut.


7. Menghindari makanan penyebab bau mulut

Apakah Sahabat Damessa suka makan petai, jengkol, bawang merah, bawang putih, makanan yang terlalu manis atau terlalu asin? Bisa jadi itulah penyebab bau mulut karena gigi berlubang yang kamu alami.


Mengurangi konsumsi makanan tersebut bisa kamu lakukan sebagai cara alami menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang. Jika merasa kesulitan di awal, kamu dapat membersihkan gigi dan mulut 30 menit setelah mengonsumsinya untuk menghilangkan efek baunya.


8. Berhenti merokok

Menghentikan kebiasaan merokok menjadi cara mengatasi bau mulut karena gigi berlubang selanjutnya. Perlu kamu tahu bahwa rutinitas merokok dapat membentuk plak pada gigi dan menimbulkan lubang serta bau tak sedap pada mulut, lho. Kamu bisa berkonsultasi dengan dokter sebagai langkah awal usaha berhenti merokok.


Nah, itu dia berbagai cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang dengan bahan alami maupun perawatan ke dokter gigi. Untuk kamu yang ingin melakukan perawatan gigi, kamu dapat mengunjungi klinik Damessa Family Dental Care terdekat. Yuk booking online jadwal konsultasinya sekarang!


Baca juga: 5+ Cara Merawat Gigi Palsu agar Tidak Bau Sekaligus Awet


Referensi:

  1. Silva MF, Cademartori MG, Leite FRM, López R, Demarco FF, Nascimento GG. Is periodontitis associated with halitosis? A systematic review and meta-regression analysis. J Clin Periodontol. 2017 Oct;44(10):1003-1009. doi: 10.1111/jcpe.12786. Epub 2017 Aug 25. PMID: 28749582.

  2. Bau Mulut Tak Hilang-Hilang? Bisa Jadi Karena Gigi Anda Berlubang

  3. 4 Cara Mengatasi Bau Mulut Akibat Gigi Berlubang

  4. Targeting bad breath

  5. Bad breath

2 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua