14 Cara Mengencangkan Kulit Wajah Secara Alami Maupun Medis


mengencangkan kulit wajah

Seiring bertambah usia, makin berkurang pula kekencangan kulit sehingga muncul kerutan dan noda hitam. Bagi beberapa orang, hal ini tentu cukup mengganggu penampilan, maka dari itu, cara mengencangkan kulit wajah menjadi topik yang banyak dicari baik oleh wanita maupun pria berumur.


Nah, pada artikel kali ini, Damessa akan menjelaskan mengenai bagaimana cara mengencangkan kulit wajah yang kendur secara alami maupun pengobatan medis agar kembali kencang dan awet muda. Yuk simak sampai habis!


PENYEBAB KULIT W AJAH KENDUR

Seperti yang kamu tahu, lapisan epidermis merupakan lapisan paling atas pada kulit manusia. Kemudian, di bawahnya terdapat lapisan dermis yang empat kali lebih tebal dan padat daripada lapisan epidermis.


Di lapisan inilah terdapat serat elastin, kolagen, dan protein yang diproduksi alami oleh tubuh dan berfungsi sebagai pembentuk struktur kulit serta membuat kulit elastis.


Sayangnya, seiring bertambahnya usia, produksi kolagen di kulit akan semakin lambat dan menyebabkan lemak pada lapisan terdalam kulit berkurang. Hal tersebut menimbulkan adanya ruang kosong di bawah lapisan kulit. Nah, proses berikut lah yang memicu kendurnya kulit wajah.


CARA MENGENCANGKAN KULIT WAJAH SECARA ALAMI

Mungkin selama ini kamu mengira bahwa cara membuat kulit wajah kencang hanya dapat dilakukan di klinik kecantikan. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena Damessa akan memberitahu bagaimana cara mengencangkan kulit wajah secara alami yang dapat kamu lakukan sendiri di rumah.


1. Menggunakan Minyak Zaitun

Minyak zaitun sudah lama dikenal akan kandungan vitamin E dengan fungsi melembabkan kulit. Namun, tidak hanya itu saja. Vitamin E pada minyak zaitun ternyata juga ampuh sebagai salah satu cara mengencangkan kulit wajah yang kendur. Kamu bisa mengaplikasikan minyak zaitun pada wajah setelah mencuci muka sebelum tidur.


2. Mengurangi Konsumsi Gula

Konsumsi gula berlebih tidak hanya berbahaya untuk kesehatan, tapi juga dapat memberikan dampak buruk bagi kulit melalui proses yang dinamakan glycation.


Gula pada pembuluh darah akan mengikat protein dan menghasilkan radikal bebas berbahaya bernama Advanced Glycation End Produces (AGEs). AGEs yang terkumpul pada pembuluh darah akan menghambat penyerapan protein sehingga dapat membuat kulit kendur.


Baca juga: Serum wajah, untuk apa sih?


3. Konsumsi Makanan Kaya Antioksidan

Cara mengencangkan kulit wajah secara alami berikutnya adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan seperti polifenol dan flavonoid. Contoh makanan kaya antioksidan adalah brokoli, bayam, apel dan buah beri.


4. Konsumsi Makanan Kaya Vitamin C

Dalam studi yang dimuat oleh jurnal Nutrients, dibuktikan bahwa kekurangan vitamin C dapat meningkatkan risiko penuaan pada kulit. Oleh karena itu, konsumsi makanan mengandung vitamin C sangat dianjurkan sebagai cara membuat kulit wajah kencang, meningkatkan elastisitas kulit sekaligus memperbaiki kerusakan pada kulit.


5. Lakukan Pijatan Secara Teratur

Cara mengencangkan kulit wajah secara alami berikutnya adalah dengan rutin memijat wajah atau melakukan senam wajah. Cara ini akan meningkatkan sirkulasi darah pada wajah dan leher. Peredaran darah yang baik dapat membantu pendistribusian nutrisi yang lebih maksimal termasuk pada kulit.


Hasil riset yang dikeluarkan oleh jurnal Future Science mengungkap bahwa gerakan senam wajah mampu meningkatkan kadar oksigen pada kulit, yang mana hal tersebut akan membuat regenerasi dan pergantian sel kulit mati menjadi lebih cepat.


Kamu dapat memijat dengan gerakan memutar atau dari bawah ke atas guna mencegah munculnya keriput dan garis halus. Lakukan kegiatan ini secara teratur untuk mendapat hasil yang maksimal.


6. Menggunakan Masker Alami

Kamu juga dapat menggunakan masker wajah berbahan alami sebagai cara mengencangkan kulit wajah dan mengurangi garis halus. Hal ini dikarenakan masker wajah diyakini dapat menghidrasi kulit dan meningkatkan produksi kolagen sehingga kulit akan menjadi lebih lembab dan kenyal.


Kamu dapat mencampurkan bahan-bahan alami misalnya alpukat, madu, yoghurt serta bahan lainnya yang memiliki kandungan pencegah penuaan.


7. Pola Hidup Sehat

Hal yang juga tidak kalah penting saat merawat kekencangan kulit adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Pertama, berolahraga secara teratur, kegiatan ini dapat membantu memperlancar sirkulasi darah sehingga tubuh mendapat asupan oksigen yang cukup.


Kedua, tidak merokok, kebiasaan merokok dapat mengganggu perkembangan sel kulit dan produksi kolagen.


Berikutnya, tidur yang cukup. Saat kita tidur, kulit akan mulai memproduksi sel-sel kulit baru dan juga kolagen. Sehingga kulit akan senantiasa tampak lembab saat kita mendapat tidur yang berkualitas.


8. Konsumsi Air Putih yang Cukup

Terakhir, cara mengencangkan kulit wajah yang kendur adalah dengan konsumsi air putih. Minum air putih akan membuat kulit terhidrasi dengan baik sehingga tanda-tanda penuaan dapat tersamarkan.


Baca juga Apakah penyebab Melasma atau noda hitam? Apakah anda beresiko memilikinya?


CARA MEMBUAT KULIT W AJAH KENCANG MELALUI PROSEDUR MEDIS

Jika kamu ingin hasil yang lebih cepat, mungkin kamu bisa mulai mempertimbangan perawatan ke klinik kecantikan. Namun, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum melakukan treatment pada kulit wajah.


Berikut adalah beberapa prosedur medis yang kerap dijadikan pilihan sebagai cara agar kulit wajah kencang dan awet muda.


1. Radiofrequency

Radiofrequency adalah cara mengencangkan kulit wajah dengan merangsang produksi protein di lapisan kulit yang lebih dalam untuk membuatnya lebih kencang. Perawatan jenis ini dinilai lebih efektif dibandingkan penggunaan krim penuaan.


2. Terapi Ultrasound

Terapi Ultrasound adalah salah satu cara agar kulit wajah kencang dan awet muda. Dalam prosesnya, treatment berikut melibatkan gelombang ultrasonik untuk menembus jauh ke dalam lapisan kulit dan merangsang produksi kolagen. Terapi jenis tersebut menargetkan perbaikan pada area bawah dagu dan leher.


3. Laser Resurfacing

Prosedur yang satu ini bertujuan untuk meningkatkan produksi kolagen di lapisan kulit dalam sekaligus mengikis lapisan kulit teratas guna memperbaiki tekstur serta warnanya.


4. Botox

Suntik Botox atau Botulinum Toxin umum digunakan untuk mengatasi kerutan pada wajah. Perawatan jenis berikut diberikan melalui suntikan tanpa perlu pembedahan besar. Prosedur yang satu ini dapat menjadi cara agar kulit wajah kencang dan awet muda.


5. Microneedling

Microneedling adalah perawatan yang bertujuan untuk meningkatkan produksi kolagen dan jaringan kulit baru sehingga proses peremajaan kulit dapat terjadi lebih cepat. Sesuai dengan namanya, Microneedling melibatkan penggunaan jarum kecil yang akan dimasukkan pada kulit. Perawatan ini juga dikenal dengan nama terapi induksi kolagen.


6. Face Lift

Cara mengencangkan kulit wajah yang kendur berikutnya adalah Face Lift, prosedur yang berguna mengencangkan lipatan kulit dan kulit kendur di pipi maupun rahang serta memperbaiki kerutan. Jadi, Face Lift akan membentuk tulang wajah bagian bawah dengan cara mengangkat kulit yang berlebih.


Itu tadi beberapa cara agar kulit wajah kencang dan awet muda baik secara alami maupun melalui prosedur medis. Kamu juga bisa melakukan perawatan di Damessa untuk mendapatkan hasil maksimal dengan penanganan dokter terpercaya.


Kamu pun bisa mengunjungi salah satu dari 6 cabang Damessa Family Dental & Skin Care sesuai domisili. Yuk buat temu janji secara online sekarang juga!


Baca juga Mau wajah mulus seperti artis Korea? Yuk simak tipsnya!


Referensi:

  1. Pullar, Juliet M., Anitra C. Carr, and Margreet C.M. Vissers. 2017. "The Roles of Vitamin C in Skin Health" Nutrients 9, no. 8: 866. https://doi.org/10.3390/nu9080866

  2. Cara Mengencangkan Kulit Wajah yang Kendur agar Awet Muda - Buka

  3. 4 Cara Mengencangkan Kulit Wajah secara Alami - Buka

  4. 3 Cara Mengencangkan Kulit Wajah Secara Alami - Buka

  5. 15 Cara Mengencangkan Kulit Wajah - Buka

  6. Bisa Kok, Anda Lakukan Sendiri Tiga Cara Mengencangkan Kulit Wajah Ini! - Buka

15 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua