15 Cara Mengatasi Kulit Kering agar Kulit Tampak Lebih Sehat


kulit kering

Kulit kering merupakan masalah kulit yang seringkali dianggap sepele. Padahal, dalam kondisi kering, kulit lebih rentan terluka dan mengalami infeksi. Maka dari itu, penting bagi kamu mengetahui cara mengatasi kulit kering untuk mencegah masalah yang lebih serius.


Kulit kering sendiri adalah kondisi dimana lapisan paling atas dari kulit atau yang biasa dikenal dengan epidermis tidak mendapat kelembaban yang cukup. Hal ini disebabkan karena lambatnya kelenjar sebasea yang berfungsi untuk memproduksi minyak alami kulit.


Lantas bagaimana cara mengatasi kulit kering? Berikut Damessa rangkum beberapa cara untuk mengatasi kulit kering yang bisa kamu praktikan.


Cara Mengatasi Kulit Kering

Masalah kulit kering bisa teratasi dengan kelembaban alami yang diproduksi oleh tubuh kamu. Maka dari itu sangat penting untuk memperhatikan bagaimana cara merawat kulit kering setiap harinya. Berikut ini beberapa cara mengatasi kulit kering yang dapat kamu lakukan.


Hindari Mandi Air Panas Terlalu Lama

Pastikan suhu air mandi kamu tidak terlalu panas agar minyak alami yang ada di tubuh kamu tidak menghilang dengan cepat. Usahakan mandi air panas 5-10 menit saja. Dengan demikian, kelembaban kulit kamu akan terjaga.


Gunakan Sabun Berbahan Lembut

Pilih sabun dengan bahan lembut sebab kulit kamu akan bereaksi ketika bersentuhan dengan bahan kimia keras. Reaksi tersebut bisa menimbulkan kulit kering dan iritasi. Jadi, gunakan sabun dengan kandungan minyak alami untuk mengembalikan kelembaban kulit.


Gunakan Pelembab Secara Teratur

Penggunaan pelembab merupakan salah satu cara utama mengatasi kulit kering pada wajah. Hal ini dikarenakan pelembab dapat mengembalikan kadar minyak alami yang dibutuhkan kulit. Disarankan untuk mengoleskan pelembab setelah mandi.


Mengatasi Kulit Kering dengan Petroleum Jelly

Jika pelembab belum membuahkan hasil yang maksimal, kamu bisa menggunakan petroleum jelly untuk mengatasi kulit kering. Minyak alami dalam petroleum jelly dapat menjaga kelembaban kulit secara efektif.


Melindungi Kulit dari Paparan Udara Dingin

Kelembaban kulit akan menurun jika terpapar udara dingin. Oleh karenanya, pakailah pakaian yang menutupi kulit guna meminimalisir masalah kulit kering. Selebihnya, gunakan pelembab untuk mengatasi kulit kering pada wajah.


Eksfoliasi Kulit Wajah

Agar pelembab meresap di kulit wajah lebih baik, kamu bisa melakukan eksfoliasi. Hal ini ditujukan untuk mengangkat sel kulit mati di wajah kamu. Lakukan eksfoliasi sesuai anjuran. Jika masih bingung, kamu bisa mengkonsultasikannya terlebih dahulu bersama dokter estetika kami di klinik Damessa.


Baca juga: 14 Cara Mengencangkan Kulit Wajah Secara Alami Maupun Medis


Konsumsi Makanan yang Sehat untuk Kulit

Bagaimana cara mengatasi kulit kering dari dalam tubuh? Caranya mudah sekali. Kamu dapat mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang mengandung vitamin A, C, E, dan K untuk menutrisi kulit secara alami.


Konsumsi Air untuk Mengatasi Kulit Kering

Tubuh kita membutuhkan air yang cukup banyak setiap harinya. Hal ini tidak lepas dari pentingnya konsumsi air untuk mengatasi kulit kering. Sama halnya dengan makanan sehat, minum air putih bisa memberikan kelembaban yang dibutuhkan kulit.


Gunakan Tabir Surya

Tabir surya berguna dalam melindungi kulitmu dari sinar matahari. Gunakan tabir surya dengan kandungan minimal SPF 30 untuk menghindari kontak langsung kulit dengan sinar ultraviolet dari matahari.


Gunakan Humidifier

Salah satu cara mengatasi kulit kering secara intensif adalah dengan menggunakan humidifier di rumah. Kelembaban yang disediakan oleh humidifier sangat dibutuhkan oleh kulit kering.


Cara Mengatasi Kulit Kering Secara Alami

Bahan alami memiliki kandungan penting yang dibutuhkan untuk melembutkan dan melembabkan kulit. Adapun cara mengatasi kulit kering secara alami adalah dengan menggunakan bahan-bahan di bawah ini.


Minyak Kelapa

Minyak kelapa dapat melembutkan kulit kering. Cukup oleskan minyak di bagian kulit yang kering sebelum tidur. Saat pagi hari, bilas olesan minyak dengan air dan kulit kamu akan menjadi lebih lembut dari sebelumnya.


Lidah Buaya

Kandungan vitamin dan antioksidan di lidah buaya bisa melembutkan kulit kering. Namun demikian, zat alami di lidah buaya berpotensi menimbulkan reaksi alergi.


Penelitian tentang penggunaan lidah buaya secara langsung dalam satu kasus menyebutkan bahwa alergi terjadi jika kulit bereaksi terhadap ekstrak penimbul iritasi. Sebagai pilihan alternatif, gunakan produk skincare berbahan lidah buaya untuk pemakaian lebih aman.


Baca juga: 13 Jenis Penyakit Kulit, Penyebab, Hingga Cara Mengatasinya


Oatmeal

Penggunaan oatmeal secara alami untuk melembutkan kulit dapat dilakukan dengan menaburkan bubuk oatmeal ke dalam air hangat lalu balurkan campuran tersebut ke kulit yang kering.


Madu

Penggunaan madu sebagai cara mengatasi kulit kering secara alami sudah menjadi hal yang umum. Madu bermanfaat untuk melembabkan kulit. Cukup oleskan madu ke kulit yang kering secara rutin demi mendapatkan kulit lembut yang kamu inginkan.


Tomat

Kandungan air yang banyak di tomat bisa melembabkan kulit kamu. Bagaimana cara mengatasi kulit kering pada wajah dengan tomat? Mudah sekali. Kamu dapat langsung menempelkan tomat di kulit yang kering selama 10 - 15 menit dan bilas menggunakan air bersih.


Demikian cara-cara mengatasi kulit kering yang dapat Sahabat Damessa praktikan di rumah. Kamu juga bisa melakukan perawatan kulit di Damessa untuk mendapatkan hasil maksimal dengan penanganan dokter terpercaya.


Referensi:

  1. 7 Cara Merawat Kulit Kering agar Dapat Tampil Percaya Diri - Buka

  2. Beragam Cara Mudah Mengatasi Kulit Kering - Buka

  3. Catat, Ini 4 Cara Sederhana untuk Mengatasi Kulit Kering - Buka

  4. Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Kering yang Perlu Diketahui - Buka

  5. 4 Cara mengatasi kulit kering pakai bahan alami - Buka

  6. Allergic contact dermatitis to Aloe vera - Buka

16 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua