10 Cara Mengatasi Gigi Goyang Agar Cepat Copot, Efektif!


cara mengatasi gigi goyang agar cepat copot

Cara mengatasi gigi goyang agar cepat copot berguna bagi pemilik gigi baik itu anak-anak maupun orang dewasa. Hal ini dikarenakan ketidaknyamanan yang disebabkan olehnya. Gigi goyang menandakan hal yang berbeda bagi anak dan pada orang dewasa.


Insiden tersebut berarti pergantian gigi susu pada anak-anak menjadi gigi dewasa. Lain halnya pada orang dewasa, kejadian berikut menunjukkan perkara kesehatan lebih serius. Simak artikel berikut untuk mengetahui cara mengatasi gigi goyang agar cepat copot!


Penyebab Gigi Goyang Pada Orang Dewasa

Gigi goyang tidak hanya dirasakan oleh anak-anak. Orang dewasa pun biasanya juga mengalami hal yang sama. Namun berbeda dengan anak-anak, gigi goyang pada orang dewasa bisa disebabkan oleh beberapa masalah terkait kesehatan tubuh. Adapun beberapa penyebab gigi goyang pada orang dewasa adalah:


1. Kehamilan

Pada saat hamil, perubahan hormon dapat menyebabkan gigi goyang. Pasalnya, tulang dan jaringan lunak di daerah sekitar gigi akan menjadi longgar karena adanya peningkatan hormon progesteron dan estrogen.


Selain mempengaruhi jaringan ikat tulang, perubahan hormon juga bisa mengundang tumbuhnya bakteri di mulut. Apabila terjadi infeksi akibat bakteri, gusi ibu hamil bisa membengkak dan berdarah.


2. Periodontitis (penyakit gusi)

Gigi goyang pada orang dewasa bisa disebabkan oleh penyakit gusi atau periodontitis. Biasanya penyakit gusi diakibatkan oleh buruknya kondisi kesehatan gigi karena jarang sikat gigi.


Apabila kamu jarang sikat gigi, karang gigi akan muncul dan membuat gigi rentan terhadap infeksi. Adanya infeksi akan membuat jaringan ikat pada tulang terkikis sehingga gigi goyang dan mudah copot.


3. Osteoporosis

Jaringan ikat tulang pada gigi yang lemah bisa diakibatkan oleh penyakit osteoporosis. Penyakit tulang rapuh dan rentan tidak hanya terjadi pada bagian pinggang dan punggung, namun juga pada gigi.


Osteoporosis disebabkan oleh kurangnya kalsium dalam tulang dan gigi. Hal tersebut menyebabkan tulang rahang rapuh dan membuat gigi mudah copot atau goyang.


4. Cedera

Pernahkah kamu terhantam oleh benda keras di area mulut atau rahang? Umumnya salah satu penyebab gigi goyang adalah cedera yang diakibatkan dari benturan benda keras.


Selain gigi goyang, cedera pada mulut bisa menyebabkan gigi patah. Supaya tidak berakibat fatal, periksakan gigi kamu ke dokter untuk mendapatkan penanganan secara profesional.


5. Kebiasaan menggertakkan gigi

Salah satu penyebab gigi goyang adalah menggertakkan gigi. Hal tersebut bisa umumnya terjadi dengan sengaja maupun tidak disengaja. Tekanan dari gertakan gigi dapat menyebabkan gigi dan gusi melonggar. Akibatnya, gigi akan goyang dan menjadi lebih mudah copot.


Baca juga: Pilihan Obat Sakit Gigi untuk Ibu Hamil yang Aman Dikonsumsi


Cara Mengatasi Gigi Goyang Agar Cepat Copot Pada Anak

Gigi goyang merupakan fenomena yang tidak jarang ditemukan pada anak-anak. Namun, ada kalanya di mana gigi tersebut tidak kunjung copot dan menyebabkan rasa sakit berkepanjangan. Maka dari itu, diperlukan cara mengatasi gigi goyang agar cepat copot pada anak.


Lalu, apa yang harus kamu lakukan untuk mengatasi gigi goyang agar cepat copot pada anak? Berikut adalah cara-caranya:


1. Cabut sendiri dengan tisu atau kain kasa

Salah satu cara mengatasi gigi goyang agar copot pada anak adalah dengan menggunakan tisu atau kain kasa. Cabut gigi sendiri memang terdengar menakutkan, namun mencabut gigi yang sudah goyang tidak akan terasa begitu sakit. Setelah gigi dicabut, gunakan kain kasa yang sudah dibasahi untuk membantu mempercepat pembekuan darah.


2. Dibantu dengan dorongan jari atau lidah

Cara mengatasi gigi goyang biar cepat copot adalah dengan didorong jari atau lidah. Gigi yang sudah hampir lepas akan lebih mudah tanggal apabila terdorong secara teratur. Maka dari itu, kamu bisa menyarankan si kecil untuk mendorong gigi goyang dengan jari atau lidahnya. Kebiasaan tersebut dapat membantu gigi goyang agar copot pada anak tanpa rasa sakit.


3. Cabut gigi dengan benang

Apabila gigi goyang pada anak tidak kunjung tanggal, maka kamu bisa membantu mencabutnya dengan menggunakan benang. Trik tersebut sering dilakukan oleh ibu kepada anaknya. Namun biasanya, cara ini sebenarnya tidak perlu dilakukan karena gigi bungsu pada anak akan copot sendiri tanpa harus dicabut.


4. Dibantu dengan mengunyah makanan

Guna mengatasi gigi goyang agar cepat copot pada anak, disarankan untuk mengunyah makanan yang keras dan kering. Beri anak-anak makanan, seperti buah-buahan, agar gigi goyang mudah lepas. Pastikan makanan tersebut tidak menimbulkan rasa sakit saat dikunyah.


5. Mengunjungi dokter gigi

Cara mengatasi gigi goyang biar cepat copot pada anak yang paling aman adalah dengan mengunjungi dokter gigi. Apabila anak merasa sakit pada area gigi goyang, maka patut diperiksakan segera. Dengan penanganan profesional, sakit gigi akibat gigi goyang akan dapat terobati.


Baca juga: Apakah Gigi Bungsu Harus Dicabut? Begini Penjelasannya


Cara Mengatasi Gigi Goyang Pada Orang Dewasa

Selain anak-anak, orang dewasa juga memerlukan beberapa trik untuk mengatasi gigi goyang. Namun tentunya, cara mengatasi gigi goyang pada orang dewasa sedikit berbeda dengan anak-anak. Berikut adalah cara mengatasi gigi goyang pada orang dewasa:


1. Operasi flap

Salah satu cara mengatasi gigi goyang biar cepat copot dan tidak goyang lagi adalah dengan menggunakan operasi flap. Apabila terlalu banyak tartar dalam gusi, maka pembersihan perlu dilakukan dari dalam.


Proses flap dilakukan dengan menyayat gusi untuk dilihat bagian dalamnya. Setelah dilakukan pembersihan, maka gusi akan dikembalikan ke posisinya semula dan sayatan akan dijahit kembali.


2. Bone grafting

Pada kasus gigi goyang karena tulang gigi yang keropos, disarankan untuk melakukan bone grafting. Sebelum jaringan tulang rapuh ditambal dengan jaringan cangkok, akan dilakukan scaling dan root planing terlebih dahulu. Setelah bagian dalam gusi bersih, maka jaringan cangkok akan dimasukkan.


3. Pemasangan implan

Saat gigi goyang pada orang dewasa dicabut, maka tidak akan ada pengganti dari gigi tersebut. Agar gigi copot tidak mengurangi penampilan, kamu bisa melakukan pemasangan implan. Gigi implan fungsinya sama dengan gigi yang sudah lepas. Dengan adanya gigi implan, kamu dapat mengunyah makanan dengan lebih aman tanpa khawatir akan rasa sakit dari gigi goyang lagi.


4. Scaling gigi

Cara mengatasi gigi goyang pada orang dewasa adalah dengan melakukan scaling gigi. Pembersihan karang gigi atau scaling biasanya dilakukan enam bulan sekali secara rutin. Setelah scaling, umumnya akan dilakukan root planning.


Dengan proses root planning, permukaan gigi akan menjadi lebih halus dan gusi akan melekat pada gigi sehingga gigi tidak akan mudah lepas.


Demikian rangkuman cara mengatasi gigi goyang agar cepat copot pada anak dan orang dewasa. Nah, karena itu, jika kamu mengalami gejala yang tidak nyaman akibat gigi goyang, kamu bisa langsung mengunjungi Klinik Damessa Terdekat untuk berkonsultasi atau membuat Janji Temu Online terlebih dulu dengan dokter pilihan!


Baca juga: Scaling Gigi, Kenali Manfaat dan Prosedur Lengkapnya


Referensi

  1. Apa yang perlu Anda lakukan jika gigi goyang? - Buka

  2. Cara Mengatasi Gigi Goyang - Buka

  3. Gigi goyang - Buka

  4. A Guide to Pull Out a Loose Tooth Without a Pain - Buka

  5. How to Pull Out a Tooth in Children and Yourself - Buka

  6. Alsheneifi, T., & Hughes, C. V. (2001). Reasons for dental extractions in children. Pediatric dentistry, 23(2), 109–112. - Buka

3 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua