10 Cara Memutihkan Gigi Kuning yang Membandel Secara Alami


memutihkan gigi

Siapa yang tak ingin memiliki gigi putih, bersih, dan bersinar? Bukan hanya menandakan kondisi kesehatan mulut yang terjaga, cerahnya warna gigi tentu juga akan meningkatkan kepercayaan diri seseorang. Nah selama ini, apakah Sahabat Damessa sudah tahu cara memutihkan gigi kuning yang membandel?


Meski sekarang sudah banyak tips dan produk yang mengklaim bahwa mereka dapat mengembalikan kilau gigimu, sebaiknya Sahabat Damessa tetap berhati-hati, ya. Lebih baik, ikuti beberapa cara memutihkan gigi kuning secara alami berikut ini. Langsung saja, simak baik-baik sampai habis!


PENYEBAB GIGI KUNING

Sebelum membahas cara-cara memutihkan gigi kuning yang membandel, ketahui dulu beberapa penyebab gigi kuning berikut ini.


1. Sering Minum Kopi dan Teh

Kebiasaan minum kopi dan teh dapat menyebabkan gigimu cepat menguning, lho! Hal ini karena kedua minuman tersebut memiliki kandungan tanin yang menempel di permukaan gigi sehingga menyebabkan warnanya kuning.


2. Enamel Gigi Rusak

Ketika terjadi kerusakan pada lapisan enamel atau email gigi akibat faktor usia, maka gigimu akan menguning. Hal ini wajar terjadi. Kamu bisa mengatasinya dengan mengurangi minuman atau makanan yang banyak mengandung asam.


3. Kurang Menjaga Kebersihan Gigi

Warna kekuningan pada gigi timbul akibat penumpukan plak yang disebabkan oleh kurangnya menjaga kebersihan mulut. Oleh karena itu, pastikan kamu menggosok gigi minimal 2 kali sehari, ya.


4. Obat-Obatan Antibiotik

Ternyata, antibiotik juga bisa menyebabkan gigi menguning. Contohnya adalah jenis tetracycline dan doxycycline.


CARA MEMUTIHKAN GIGI KUNING YANG MEMBANDEL

Ada beberapa cara memutihkan gigi kuning yang membandel secara alami, di antaranya adalah sebagai berikut.


1. Sikat Gigi dengan Benar

Cara memutihkan gigi kuning yang membandel pertama adalah menggosok gigi dengan benar. Pastikan menyikat tiap bulir gigi dengan gerakan membulat. Rutinlah menggosok gigi sebanyak dua kali sehari, pagi dan malam sebelum tidur, agar hasilnya maksimal.


2. Sikat Gigi Kembali 1 Jam Setelah Mengonsumsi Camilan


Biasakan untuk selalu menggosok gigi 1 jam setelah kamu mengonsumsi camilan. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi penumpukan karang gigi. Cara memutihkan gigi kuning yang membandel tersebut sangat sederhana namun penting. Jadi, jangan sampai kamu melewatkannya, ya.


3. Lakukan Flossing dan Sikat Lidah

Flossing adalah cara membersihkan gigi menggunakan benang gigi. Metode ini dapat membantu menghilangkan sisi-sisa makanan atau plak yang sulit dijangkau oleh sikat gigi biasa. Di mana jika tidak dibersihkan, plak tersebut bisa membuat gigi terlihat berwarna kuning. Tanpa plak, gigi pun akan menjadib lebih cerah dan bersih.


Agar lebih optimal, lakukan juga sikat lidah untuk menghilangkan bakteri-bakteri sisa makanan yang menempel di sekitarnya. Namun, pastikan kamu menggunakan alat pembersih lidah ya, bukan sikat gigi. Sebab, bulu sikat gigi umumnya terlalu kasar untuk dipakai di lidah.


Baca juga: Memutihkan Gigi dengan Pasta Gigi Charcoal, beneran ngga sih?


4. Rutin Mengonsumsi Buah dan Sayuran

Konsumsi buah dan sayuran dapat menjadi salah satu cara memutihkan gigi kuning yang membandel secara alami. Mengapa demikian? Hal ini karena kandungan air dalam keduanya dapat membersihkan sisa-sisa makanan serta mencegah asam yang menyebabkan kekuningan pada gigi.


5. Perbanyak Asupan Kalsium

Mengonsumsi makanan tinggi kalsium seperti brokoli dan susu efektif untuk menjaga kesehatan enamel gigi. Jadi, gigimu tidak akan keropos atau menguning karena lapisan terluarnya sehat.


6. Batasi Asupan Gula

Membatasi asupan gula juga bisa menjadi cara memutihkan gigi kuning yang membandel. Ini dikarenakan gula dapat memicu pertumbuhan bakteri Streptococcus pemicu radang gusi dan plak.


Selain itu, setelah mengonsumsi makanan yang kaya akan gula, pastikan untuk segera menggosok gigi. Demikian pula ketika kamu meminum soda, kopi, dan anggur merah.


7. Perbanyak Minum Air Putih

Ada banyak manfaat minum air putih, salah satunya yaitu membilas sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi penyebab plak. Jika dibiarkan, plak tersebut bisa membuat gigi tampak kuning. Jadi, pastikan kamu selalu minum air putih terutama setelah makan, ya!


Selain itu, minum air putih yang cukup juga dapat menyeimbangkan zat mineral dalam rongga mulut. Sehingga mencegah terjadinya gigi berlubang.


8. Kurangi Konsumsi Makanan dan Minuman Berwarna

Cara memutihkan gigi kuning yang membandel secara alami selanjutnya adalah dengan mengurangi konsumsi makanan ataupun minuman berwarna. Mengapa begitu? Karena rupanya gigi dapat menyerap warna makanan yang kita konsumsi.


Sehingga, seiring berjalannya waktu, makanan dan minuman tersebut akan menyebabkan perubahan warna gigi.


9. Gunakan Sedotan saat Minum Minuman Berwarna

Tadi telah dijelaskan jika makanan dan minuman berwarna dapat membuat warna gigi berubah. Jadi, untuk mengatasinya, manfaatkan sedotan saat kamu hendak minum minuman berwarna seperti kopi dan teh.


Kopi dan teh adalah dua dari banyaknya minuman berwarna yang bisa menyebabkan warna gigi menguning dan memberikan noda kehitaman pada permukaan gigi.


Nah, penggunaan sedotan ini memungkinkan kopi dan teh untuk tidak menempel ke banyak permukaan gigi terutama bagian depan. Cara memutihkan gigi kuning yang membandel berikut cukup sederhana, bukan?


10. Stop Merokok

Cara memutihkan gigi kuning yang membandel berikutnya adalah dengan berhenti merokok. Pasalnya noda tembakau mampu menembus lapisan enamel gigi dan menyebar hingga seluruh permukaannya menguning.


Itulah 10 cara memutihkan gigi kuning membandel yang bisa Sahabat Damessa praktekkan sendiri di rumah. Bagaimana, sudah siap membuat gigimu tampil glow up? Perlu diingat, langkah-langkah di atas harus dilakukan secara rutin dan membutuhkan beberapa waktu untuk mendapatkan hasilnya.


Nah, jika ingin memperoleh efek dalam waktu cepat, kamu bisa langsung berkonsultasi dengan tim Damessa. Tersedia berbagai pilihan treatment yang dapat kamu pilih sesuai kebutuhan. Jadi tak perlu ragu lagi, segera kunjungi klinik Damessa terdekat dari rumah atau buat janji temu secara online dengan dokter favoritmu sekarang juga!


Baca juga: Tak Sempat Sikat Gigi Setelah Makan Siang? Apel Bisa Jadi Solusi !


Referensi:

  1. 6 Simple Ways to Naturally Whiten Your Teeth at Home

  2. How to Get Rid of Yellow Teeth

  3. Teeth Whitening Home Remedies

  4. Cara Mengembalikan Putih Alami Gigi Secara Aman dan Alami

  5. Cara Memutihkan Gigi Kuning yang Membandel secara Alami

  6. Cara Memutihkan Gigi Kuning di Rumah yang Mudah Dilakukan

17 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua