Cara Membersihkan Wajah Dengan Benar

ditulis Oleh : dr. Ratih Enra Dewi

Mencuci wajah adalah ritual yang selalu dilakukan setiap hari. Selain dapat membersihkan wajah dari segala kotoran, dengan mencuci wajah juga dapat membuat wajah terasa lebih segar. Tapi, apakah kamu sudah membersihkan wajahmu dengan cara yang benar?

Membersihkan wajah pada umumnya terlihat sederhana. Namun sebelumnya, kamu perlu mengetahui bahwa tidak semua cara membersihkan wajah yang benar itu sama bagi semua orang. Cara membersihkan wajah yang benar masing-masing berbeda di setiap jenis kulit.


Cara Membersihkan Wajah Dengan Benar

Berikut cara membersihkan wajah yang perlu kamu ketahui. Tapi sebelum memulainya, ingatlah untuk membersihkan tangan terlebih dahulu.


1. Bersihkan makeup sebelum mencuci wajah dengan air.

Membersihkan wajah yang benar adalah dengan menghilangkan makeup terlebih dahulu dengan menggunakan cairan remover. Untuk membersihkan makeup mata, gunakan cairan remover khusus dengan berbahan dasar minyak.


2. Bersihkan dengan lembut

Cara membersihkan wajah selanjutnya dengan mencuci wajah dengan lembut. Setelah membersihkan makeup, barulah setelah itu cuci wajah dengan sabun pencuci muka sesuai dengan kulit wajah. Selain menggunakan jari, kamu juga bisa memakai sponge atau waslap khusus untuk wajah. Setelah selesai mencuci wajah dengan sabun, basuhlah sisa sabun di wajah dengan air hangat. Jangan gunakan air yang terlalu dingin atau panas, karena dapat mengiritasi kulit.


3. Keringkan wajah perlahan dan gunakan handuk bersih

Cara membersihkan wajah selanjutnya dengan mengeringkan wajah. Wajah sudah bersih, bukan berarti bebas mengeringkan wajah dengan handuk seadanya. Walau terlihat bersih, tetap saja ada banyak bakteri menempel.


4. Setelah selesai membersihkan wajah lanjutkan dengan memberikan perawatan pada wajah 

Cara membersihkan wajah selanjutnya adalah memberikan perawatan pada wajah. Cobalah untuk tetap menjaga kebersihan wajah dan sekitar tempat tidurmu. Selalu ganti sarung bantal dengan yang bersih atau tataki dengan kain bersih. Selanjutnya gunakan produk perawatan sesuai dengan tipe kulit wajahmu.

46 tampilan0 komentar