6 Bentuk Wajah dan Kepribadiannya, Begini Cara Mengetahuinya

Diperbarui: 11 Mar


bentuk wajah

Memahami dan mengetahui bentuk-bentuk wajah adalah hal yang penting bagi setiap orang. Mengapa? Karena rangka muka setiap individu berbeda-beda, di mana ini nantinya dapat membantu kamu dalam menunjang penampilan seperti menentukan jenis riasan, bentuk kacamata, serta potongan rambut.


Di antara Sahabat Damessa mungkin ada yang memiliki wajah oval, persegi, berlian, atau bentuk lainnya. Namun, bagaimana ya cara mengetahui bentuk-bentuk wajah? Artikel dari Damessa berikut ini akan menjelaskannya khusus untuk kamu. Yuk simak!


MACAM-MACAM BENTUK WAJAH & KEPRIBADIANNYA

Macam-macam bentuk wajah seseorang dapat dibedakan berdasarkan struktur dan ukuran dari setiap bagian yang membentuk wajah. Di mana macam-macam bentuk wajah tersebut bisa membantu kita dalam memahami sejumlah karakteristik dan sifat sang pemilik wajah.


1. Bentuk wajah hati

Apabila kamu memiliki dagu runcing dan dahi yang sedikit lebar, maka dapat dikatakan bahwa kamu termasuk orang dengan bentuk wajah hati.


Selain itu, jika bentuk wajah wanita ini diikuti oleh bentuk hidung dan bibir yang lebih menonjol serta rahang kecil, maka perempuan tersebut biasanya memiliki sifat terbuka, sebaliknya saat seseorang memiliki hidung datar dan bentuk rahang lebih menonjol, maka dapat dikatakan perempuan tersebut merupakan orang yang tertutup.


2. Wajah berbentuk persegi

Jika kamu memiliki wajah lurus, garis rahang sedikit miring, lebar antara dahi ke dagu sama dengan lebar antara rahang kanan ke rahang kiri, maka bisa dikatakan bahwa kamu mempunyai wajah berbentuk persegi.


Wajah persegi menunjukkan bahwa kamu adalah seseorang dengan jiwa pemberani dan bersedia mengambil segala bentuk risiko yang akan terjadi.


3. Wajah berbentuk oval

Wajah berbentuk oval ditandai dengan ukuran dahi yang sedikit lebih lebar dibandingkan area sekitar dagu. Para pemilik wajah ini memiliki struktur wajah seperti telur.


Jadi, bagian atas wajah mirip seperti struktur pada wajah berbentuk persegi namun bagian dagunya panjang dan tampak lebih melengkung di kedua sisi. Bentuk wajah wanita yang oval cenderung memberikan penampilan yang feminin.


Baca juga: Cara Membersihkan Wajah Dengan Benar


4. Bentuk wajah berlian

Apabila kamu mempunyai dagu runcing, tulang pipi yang tinggi serta rahang dan dagu menyempit, maka kamu masuk ke dalam kategori wajah berlian atau sering juga dikenal dengan bentuk wajik.


Biasanya orang-orang akan sulit membedakan antara wajah berbentuk berlian dan wajah berbentuk hati karena keduanya mempunyai bentuk dagu yang sama.


Namun, perbedaannya dapat dilihat melalui garis pada belahan rambut keduanya. Di mana wajah berlian biasanya memiliki jarak garis rambut yang lebih sempit. Kemudian orang yang wajahnya berbentuk mirip berlian ini kabarnya berkepribadian baik.


5. Wajah berbentuk segitiga

Kemudian bagi kalian yang memiliki bagian rahang lebih lebar daripada bagian dagu, maka kamu dapat dikategorikan sebagai pemilik wajah berbentuk segitiga. Bentuk wajah wanita yang satu ini menunjukkan bahwa ia adalah orang kreatif.


6. Bentuk wajah bulat

Berbeda dari wajah berbentuk persegi dengan tulang wajah yang tegas, wajah bulat tampak lebih melengkung di mana tulang pipi biasanya menjadi area terluas dari wajah. Apakah sahabat Damessa juga memiliki bentuk wajah seperti ini?


Nah, dari bentuk-bentuk wajah di atas, sayangnya dalam jurnal ‘The Relationship between Personality Traits and Face Shapes in Chinese Traditional Physiognomy’, ditemukan jika belum ada bukti langsung terkait hubungan antara bentuk wajah dan kepribadian.


Namun, disebutkan bahwa seseorang masih sering menilai berdasarkan bentuk wajah orang lain. Hal tersebut terjadi karena bentuk wajah seseorang memberikan kesan pertama bagi siapapun yang melihatnya.


Jadi, dapat disimpulkan jika bentuk-bentuk wajah tidak bisa sepenuhnya menggambarkan kepribadian seseorang. Oleh karenanya, jangan terlalu diambil serius, ya sahabat Damessa. Yuk ambil nilai-nilai positifnya saja!


CARA MENGETAHUI BENTUK WAJAH

Nah, dari berbagai macam bentuk di atas, manakah yang sesuai dengan wajah kamu? Jika masih bingung menentukannya, berikut Damessa berikan panduan cara mengetahui bentuk wajah untuk kamu coba.


1. Ukur tulang pipi

Pertama, rabalah bagian tulang pipi yang paling menonjol. Umumnya, titik tersebut berada pada bawah sudut luar mata.


Mulailah mengukur jarak antara tulang pipi kanan ke tulang pipi kiri menggunakan pita meteran. Jangan tempelkan pita meteran pada wajah agar tidak mengenai batang hidung atau bagian-bagian lain sehingga hasilnya akurat.


Baca juga: Mau wajah mulus seperti artis Korea? Yuk simak tipsnya!


2. Ukur dahi

Kedua, lakukan pengukuran pada bagian dahi yang sekiranya paling lebar. Titik ini umumnya terdapat di antara alis serta garis rambut atas. Ukur jaraknya secara lurus. Kemudian jangan lupa untuk catat hasilnya.


3. Ukur garis rahang

Ketiga, ukur jarak antara sudut rahang serta ujung dagu. Tempelkan pangkal pita meteran di sudut rahang pada bawah telinga, serta bawa ke ujung dagu. Lakukan hal yang sama di sisi wajah sebelahnya serta jumlahkan hasilnya, atau kalikan pengukuran pertama dengan angka 2. Jumlah dari perkalian yang dihasilkan merupakan panjang garis rahang total.


4. Ukur panjang wajah

Tahapan selanjutnya adalah mengukur panjang wajah. Dari bagian dahi paling atas tarik pita meteran sampai ke bagian ujung dari dagu. Jika kamu gundul, perkirakan di mana garis rambut semestinya berada.


Jenis hidung, seperti hidung mancung, dapat membuat perhitungannya tidak akurat. Oleh karenanya, disarankan kamu memegang meteran lurus dari atas ke bawah di depan paras serta bola mata, sejajar dengan garis rambut serta dagu.


Hasil perhitungan

  • Apabila setiap pengukuran tadi menunjukkan angka yang hampir sama, maka dapat disimpulkan kamu memiliki wajah persegi.

  • Apabila tulang pipi dan panjang wajah menghasilkan jumlah yang sama, wajah kamu dikategorikan sebagai wajah bulat.

  • Kemudian, jika panjang wajah menunjukan hasil tertinggi, dan secara berurutan tulang pipi, dahi dan yang terkecil adalah garis rahang, maka masuk ke jenis wajah berlian.

  • Bila garis rahang menghasilkan angka terpanjang, kemudian diikuti tulang pipi, dengan dahi sebagai bagian dengan hasil terkecil, wajah kamu termasuk wajah segitiga.

  • Dan bila hasil pengukuran panjang wajah lebih besar dari lebar tulang pipi, dengan jumlah angka dahi lebih besar dari dari garis rahang. Maka wajah kamu dapat diidentifikasikan sebagai wajah oval.

Itulah tadi penjelasan mengenai macam-macam bentuk wajah wanita. Sahabat Damessa dapat melakukan pengukuran tulang pipi, dahi, garis rahang dan panjang wajah guna mengetahui bentuk wajah yang sesuai.


Untuk kamu yang ingin melakukan perawatan kulit, Damessa Family Dental Care & Skincare telah hadir di 6 lokasi. Kamu juga bisa buat janji temu dengan dokter secara online di manapun dan kapan pun!


Baca juga: Kulitmu belum terasa sehat? Inilah urutan membersihkan muka yang wajib kamu ikuti!


Referensi:

  1. Kai, Z. (2021). The Relationship between Personality Traits and Face Shapes in Chinese Traditional Physiognomy. Open Journal of Social Sciences, 9(1), 81-92.

  2. 6 Bentuk Wajah dan Kepribadiannya, Oval hingga Bentuk Hati

  3. 4 Cara Mengetahui Bentuk Wajah, Ini Langkah Mudahnya


21 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua