Apakah penyebab Melasma atau noda hitam? Apakah anda beresiko memilikinya?

Diperbarui: 22 Feb 2019

ditulis oleh : dr. Lisa Iriyani

Pada artikel sebelumnya, kita telah membahas ciri dan gejala melasma atau noda hitam. Kali ini, kita bahas yuk, siapa saja yang beresiko memiliki melasma?


1.Gender (wanita).

Seperti telah disinggung sebelumnya bahwa:

Melasma lebih sering muncul pada kulit wanita dibandingkan pria. Hanya sekitar 10 persen pria yang mengalami melasma.


2. Ras

Orang dengan kulit lebih gelap seperti Latin, Afrika, Afro- Amerika, Indian, Timur Tengah dan Mediterania lebih sering terkena dibandingkan orang dengan kulit terang.


3. Riwayat Keluarga.

Seseorang yang memiliki riwayat keluarga dengan melasma juga lebih berisiko.

Lantas, apa penyebab melasma?


Sayangnya, penyebab pasti melasma belum diketahui secara jelas. Namun ada beberapa dugaan bahwa hal ini dipengaruhi oleh hormon, stress, dan paparan sinar matahari.

> Pengaruh hormonal diketahui memiliki peranan penting, karena berdasarkan beberapa studi sensitivitas seseorang terhadap hormon estrogen dan progesteron diketahui berhubungan erat. Hal ini bisa terlihat bahwa mereka yang menggunakan Pil KB, kehamilan, dan menjalani terapi hormonal lebih mungkin mengalami melasma.

> Stress dan penyakit tiroid juga dikatakan mencetuskan terjadinya melasma.

> Paparan sinar matahari juga bisa menjadi penyebab karena radiasi sinar ultraviolet meningkatkan produksi pigmen melanin oleh sel melanosit. Pigmen melanin inilah yang memberikan warna gelap pada melasma.

15 tampilan0 komentar